10 Bahan Alami Pengganti Produk Kosmetik

by Ummi on April 8, 2015

Disaat kamu sedang kehabisan stok produk perawatan kecantikan favoritmu, atau kamu ingin menggunakan bahan pengganti alternative yang alami, maka bahan-bahan rumahan yang mudah didapat berikut ini bisa dijadikan sebagai pengganti yang manjur:

pengganti produk kosmetik alami

  1. Lemon sebagai scrub eksfoliasi

Potong lemon menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke seluruh wajah selama beberapa menit. Kandungan asam pada lemon memiliki sifat membersihkan dan membantu mengelupas sel kulit mati. Bonusnya, lemon juga bisa untuk menangani komedo dan membantu membersihkan jerawat.

  1. Madu sebagai moisturizer (pelembab) yang kaya

Karena madu adalah zat pelembab yang alami, madu bisa menambahkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit dan wajah. Apa kamu merasa wajahmu gatal-gatal? Lumurkan 1 sdm madu ke wajahmu dan bilas dengan air hangat setelah 15 menit.

  1. Minyak kelapa sebagai perona pipi

Kamu bisa menunjukkan tampilan sebening embun dari dalam, dan kamu tidak perlu perona pipi yang mahal untuk mencapai hal tersebut. Highlight pipimu dalam beberapa menit dengan sapuan minyak kelapa yang akan memancarkan pigmen alami untuk cahaya kemerahan.

  1. Oatmeal sebagai pembersih yang lembut

Jika kamu punya jenis kulit yang cenderung berjerawat, kamu bisa menyingkirkan kelebihan minyak dalam beberapa menit dengan masker oatmeal buatan rumahan. Cukup panaskan sejumlah kecil oatmeal dengan sedikit air, lalu dinginkan. Terapkan masker tersebut pada wajah. Bilas setelah beberapa menit, dan lembabkan wajah sesudahnya seperti biasa.

  1. Baby oil sebagai penghapus make-up

Hanya karena kamu tidak bisa pergi keluar membeli tissue facial/ kapas kecantikan yang kebetulan habis, bukan berarti kamu bisa melewatkan menghilangkan riasanmu di malam hari. Untungnya, sedikit baby oil juga bisa bekerja dengan baik. Tambahkan beberapa tetes baby oil ke bola kapas lalu sapukan di atas mata, bibir dan wajah untuk penghapusan make-up yang cepat. Jika kamu tidak memiliki baby oil, gunakan minyak kelapa atau minyak zaitun sebagai gantinya.

  1. Potrelium jelly sebagai maskara

Potrelium jelly sangat baik untuk berbagai hal, termasuk menyembuhkan luka bakar atau goresan. Namun jika kamu menginginkan cara mudah untuk mendapatkan bulu mata yang memukau tanpa harus memakai riasan yang berat, kamu bisa menggunakan potrelium jelly untuk mengatasinya. Dapatkan aplikator maskara gratisan ini dari toko peralatan make-up yang kamu sukai, lalu sapukan Vaseline ke bulu matamu setelah kamu mengoleskan potrelium jelly. Bulu mata akan langsung terlihat lebih gelap dan bertahan lama.

  1. Garam sebagai alat penata rambut

Tidak ada yang bisa mengalahkan gaya rambut seperti gelombang pantai. Namun akan sulit untuk memperoleh tekstur tersebut tanpa air garam. Kabar bagusnya adalah kamu bisa menciptakan kembali efek samudera di rumah. Cukup tambahkan 1 sdt garam atau soda, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke seluruh rambut yang masih basah, dan tunggu sampai kering dan menjadi seperti gelombang yang kusut.

  1. Cuka sari apel sebagai shampoo penetralisir

Jika kamu adalah seorang pengguna setia dari spray, perawatan, gel, dan krim rambut, mungkin rambutmu akan sedikit terbebani. Namun shampoo biasa tidak akan bisa menghapus semua sisa-sisa produk rambut. Untuk itu, pijatkan sedikit cuka sari apel ke akar rambutmu beberapa kali seminggu sebelum kamu memakai shampoo. Helai rambutmu akan terasa berkilau dan tampak lebih sehat. Lebih baiknya lagi, cuka sari apel juga akan membunuh bakteri dan ketombe.

  1. Baking soda sebagai deodorant

Tentu kamu pernah mengalami, kamu sedang tergesa-gesa dan hampir keluar pintu saat kamu sadar kamu lupa mengenakan deodorant. Jika posisimu dekat dengan dapur, cukup taburkan baking soda di bawah ketiakmu. Itu akan membantu menyerap bau tak sedap dan menjagamu tetap berbau segar tanpa harus menggunakan aroma parfum yang menyengat.

  1. Minyak zaitun sebagai krim cukur

Gosokkan beberapa tetes minyak zaitun ke sekujur kaki dan cukur bulu kakimu dengan mudah. Bonusnya : minyak zaitun juga akan melembabkan kulitmu di waktu yang sama.