10 Bahan Alami Terbaik Untuk Mengelupas Sel Kulit Mati

by Ummi on October 1, 2015

Jika kamu menginginkan memiliki kulit yang tampak cantik, maka kamu harus menyingkirkan dulu yang namanya lapisan sel kulit mati yang telah berpindah dari lapisan kulit terdalam menuju epidermis, yakni lapisan teratas kulit. Biasanya, kulit akan tetap menimbun sel kulit mati ini setelah mereka mencapai epidermis, dan lapisan sel kulit yang baru masih menjadi bagian dari kulit kita dan tidak muncul ke permukaan selama sekitar satu bulan sebelum sel kulit mati mengelupas dengan sendirinya. Nah, untuk sel kulit mati yang tidak bisa mengelupas, bisa membuat kulitmu terlihat kusam dan kasar, dan bahkan bisa mengganggu sekresi (pengeluaran) minyak dari pori-pori, sehingga menyebabkan munculnya noda jerawat.

bahan eksfoliasi alami

Kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menerapkan exfoliant, yakni bahan yang digunakan untuk merontokkan dan menggosok serpihan sel kulit mati dari kulitmu. Melakukan eksfoliasi alias mengelupas sel kulit mati secara rutin bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga memberikan kulitmu kilau yang menyehatkan dan lebih muda. Eksfoliasi juga bisa membantu pelembab dan produk perawatan kulit lain yang kamu gunakan bisa melakukan penetrasi dengan lebih baik.

Berbicara soal eksfoliasi, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan. Pertama, kamu bisa membuat jadwal dengan pakar kecantikan di klinik atau spa kecantikan ternama untuk melakukan prosedur perawatan kulit yang mahal. Kedua, kamu juga bisa membeli produk eksfoliasi kemasan berupa krim, gel, atau scrub merek ternama dengan harga yang juga tidak murah. Atau yang terakhir, kamu bisa meluangkan waktumu dengan memberikan dirimu perawatan eksfoliasi di rumah, dengan menggunakan bahan alami yang bisa dengan mudah kamu peroleh di supermarket atau pasar tradisional, namun dengan harga yang terjangkau. Beberapa bahan alami ini ternyata juga menjadi bahan baku yang digunakan dalam produk eksfolian mahal merek ternama.

Tertarik dengan cara mengelupas sel kulit mati menggunakan bahan alami yang aman dan terjangkau? Simak ulasan tentang 10 bahan eksfolian alami terbaik berikut ini:

1. Gula pasir

Jika kamu suka makanan yang manis-manis, maka dampaknya bisa terlihat di wajahmu. Pola makan yang banyak mengandung gula bisa meningkatkan resikomu terkena penuaan dini seperti munculnya kerutan dan garis halus. Namun, dengan menerapkan gula langsung ke kulitmu maka bisa lain lagi ceritanya, tak peduli apapun jenis kulitmu.

Gula terbuat dari tanaman tebu, yang merupakan sumber alami asam glikolat, salah satu jenis Alpha Hydroxy Acid. Asam glikolat bagus untuk memecah protein (yakni yang menjadi perekat sel-sel kulit mati sehingga mencegahnya untuk terkelupas), serta meningkatkan produksi sel kulit baru dan menghaluskan dan melembutkan kulit.

Cara membuatnya : Campur satu setengah cangkir gula (baik gula pasir putih atau coklat sama-sama berhasil) dengan sedikit minyak zaitun atau minyak jojoba untuk membuat pasta. Jika tidak ada kamu bisa mengganti minyak tersebut dengan madu murni. Lalu pijatkan campuran tersebut ke kulit dengan gerakan melingkar dan bilas hingga bersih. Scrub gula ini juga cukup aman digunakan baik untuk mengelupas sel kulit mati pada wajah atau bagian tubuh yang lain.

2. Oatmeal

Selain Oat meal adalah makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol, namun juga merupakan bahan eksfoliasi yang alami dan terjangkau yang memiliki khasiat anti inflamasi dan bertindak sebagai pelembab wajah alami. Oatmeal juga cukup lembut untuk kulit yang sensitif atau terkena luka.

Cara membuatnya : Giling hingga halus satu cangkir oatmeal dalam blender atau food processor, kemudian aduk bersama-sama dengan satu cangkir yogurt tawar atau buttermilk dan dua sendok makan madu dalam mangkuk kecil. Aduk sampai menjadi pasta halus, dan kemudian oleskan campuran tersebut ke wajahmu. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Jus lemon

Jus lemon, seperti halnya dengan jus buah citrus yang lain juga mengandung alpha hydroxy acid, yang bisa melakukan penetrasi dan menghilangkan lem protein yang menyebabkan sel kulit mati tetap menempel di lapisan epidermis kulit. Produk eksfolian buatan pabrik sering mengandung dosis AHA yang besar. Namun kamu perlu hati-hati karena terlalu banyak kandungan AHA, bisa membuat kulitmu lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Cara membuat masker eksfoliasi dari lemon : Campur ΒΌ mangkuk dari masing-masing jus lemon, jus apel, jus jeruk, dan gula tebu di dalam stoples kaca, dan pastikan gulanya benar-benar larut. Lalu, oleskan campuran ini ke wajahmu dengan menggunakan kapas lembut, biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzyme papain yang bisa menghilangkan sel kulit lama dan mati tanpa harus membahayakan sel kulit baru yang hidup dibawahnya. Cara kerja pepaya hampir mirip dengan resep obat Tretinoin (Retin-A), namun hanya saja tanpa adanya potensi efek samping berupa kulit mengelupas dan iritasi.

Enzym papain juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan kulit dan menghilangkan tanda dan garis coklat akibat penuaan. Pepaya paling berpotensi saat masih muda, jadi pastikan kamu memakai pepaya yang masih hijau (mentah) untuk digunakan sebagai ramuan perawatan kulit.

Cara membuatnya : tumbuk pepaya muda yang masih berwarna hijau hingga halus dan gunakan untuk sebagai masker wajah.

5. Kopi bubuk

Kopi tidak hanya akan membuatmu lebih bergairah, namun juga bisa bertindak sebagai bahan eksfolian yang potensial. Serbuk kopi yang cukup populer dijadikan bahan dalam perawatan spa ini juga bisa digunakan untuk meratakan warna kulit.

Cara membuat scrub serbuk kopi : Campur dua cangkir kopi bubuk kasar dengan secangkir garam laut dan dua sampai tiga sendok makan minyak pijat. Mandilah dulu dengan air hangat untuk melembabkan kulitmu dan membuka pori-porimu, lalu gosokkan campuran ini ke kulit dengan menggunakan gerakan melingkar yang lebar, dengan tekanan yang kuat dan merata.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2