≡ Menu
werno-werno.com

10 Cara Efektif Untuk Mengatasi Bau Nafas Tak Sedap

Pernahkah kamu mengalami, saat-saat dimana nafasmu sangat bau? Memang, memiliki ‘bau naga’ sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak nyaman dan kurang percaya diri. Sayangnya, mengatasi bau nafas yang tak sedap, tak semudah yang dikira dan mungkin agak sedikit rumit. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sesorang mengalami bau nafas tak sedap. Normalnya, hal ini disebabkan karena ada suatu masalah di paru-paru atau saluran usus besar, dan adanya infeksi system pencernaan. Beberapa masalah kesehatan seperti infeksi sinus atau diabetes, juga bisa menjadi penyebabnya. Dan terkadang ini hanya dikarenakan apa yang baru saja kamu makan.

tips agar nafas tak bau

Berikut adalah 10 cara efektif untuk mengatasi bau nafas tak sedap :

  1. Menyikat gigi & Flossing

Mulut kita mengandung jutaan bakteri.  Bahkan, jumlah bakteri yang berkoloni di mulut mungkin lebih banyak daripada jumlah sel di seluruh tubuhmu. Untungnya, ada sedikit hal yang bisa kamu lakukan untuk melawan bau nafas yang disebabkan oleh kuman. Perlu diingat, apa yang kamu makan, juga menjadi suplai makanan bagi bakteri di mulut.

Meski kamu bisa mencoba membunuh mereka dengan mouthwash, namun ini hanya merupakan solusi sementara. Bakteri akan tumbuh kembali seiring waktu. Jadi, Pertahanan terbaikmu untuk melawan bakteri adalah dengan rajin menyikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari, dan melakukan floss sekali sehari. Hal ini akan menghilangkan makanan yang terjebak diantara gigi, begitu pula makanan yang terperangkap di garis gusi yang menjadi area untuk menyediakan lahan makanan bagi bakteri.

  1.  Membersihkan lidah

Para ilmuwan menduga bahwa beberapa bakteri, khususnya yang berlokasi di pangkal lidah yang dekat dengan tenggorokan, sebenarnya melindungi terhadap resiko bau nafas yang busuk. Meski begitu, jenis bakteri lainnya justru memproduksi bau yang tak sedap saat mereka berkembang biak.

Jadi, ada satu cara sederhana untuk membantu melawan bakteri jahatnya, yakni dengan membersihkan lidahmu. Permukaan kasar dari lidah merupakan rumah bagi kombinasi hal-hal yang berbau busuk seperti sel-sel kulit mati, sisa-sisa makanan, bakteri, dan produk sampingan dari bakteri pencernaan (kesemuanya adalah faktor-faktor yang berkontribusi pada bau nafas yang kurang sedap). Untuk itu, pastikan kamu juga menyikat lidahmu setelah menyikat gigi, dan untuk penggosokan yang lebih efektif , gunakanlah pembersih khusus lidah.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

2 comments… add one

Leave a Comment