10 Cara Mudah Melawan Hasrat Untuk Ngemil

by Ummi on March 21, 2015

Gambar dari cupcake penuh hiasan lucu atau kue brownies nan legit yang muncul di umpan social media, tentu membuatmu berhasrat untuk makan sesuatu yang manis dan creamy. Atau saat kamu sedang berjalan di trotoar, aroma ayam goring atau martabak yang dijajakan di pinggir jalan tentu senantiasa memanggil-manggil namamu. Logikamu berkata bahwa seharusnya kamu bisa mengendalikan keinginan ngemilmu yang semakin menjadi-jadi, namun nyatanya malah hanya bertambah parah, dan kekuatan ngidammu terus mengahntuimu. Untuk itu, saat lain kali hasratmu untuk ngemil atau makan junk food dating melanda, maka cobalah menahannya dengan tips & trik yang mudah dan praktis berikut ini:

cara melawan hasrat untuk ngemil

  1. Berjalanlah

Sebuah studi terbaru dari jurnal PLOS ONE menemukan bahwa berjalan diatas treadmill selama 15 menit, secara signifikan mampu meningkatkan kemungkinan bahwa kamu mampu melawan keinginan untuk ngemil makanan manis. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa serangan singkat dari olahraga yang cukup intens dapat membantu sesorang mengatur asupan makanannya.

  1. Seruputlah minuman yang berasa

Segelas air putih yang ditambahi dengan rasa seperti irisan mint, mentimun, lemon, atau bahkan delima bisa menyegarkan dan memuaskan keinginanmu untuk ngemil tanpa harus menambah kalori. Hanya saja, hindari minuman instant yang mengandung pemanis buatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut justru akan semakin memperburuk hasratmu untuk makan yang manis-manis.

  1. Mainlah video game

Para peneliti yang telah menulis dalam jurnal “Obesity” telah memantau dua kelompok peserta penelitian yang memiliki keinginan untuk terus makan yang kacau. Satu kelompok diminta untuk bermain game Tetris, dan yang lain menyaksikan isi muatan program computer. Setelah itu, kelompok Tetris dilaporkan secara signifikan memiliki hasrat ngidam yang lebih rendah. Mungkin ini karena visual dari video game mampu mengimbangi gambar visual dari makanan yang mereka idamkan, menurut teori peneliti. Dengan kata lain, tak terlihat, maka tak terpikirkan.

  1. Minumlah wedang jahe

Jahe adalah ramuan penghapus selera tradisonal yang bisa membantu melawan keinginan kuat untuk makan sesuatu yang manis, dan membantumu menangkis mengidam gula juga. Untuk itu, cemplungkan beberapa irisan jahe dan lemon ke dalam air panas, atau buatlah wedang sari jahe.

  1. Beristirahatlah

Berhentilah kerja sejenak dengan mengobrol bersama sesame rekan kerja, cuci piring-piring kotormu, selesaikan emailmu, atau teleponlah ibumu. Dapatkan perubahan suasana dan tempatkan dirimu pada tugas atau pekerjaan sepele yang bisa kamu lakukan, jika memang keinginan negmilmu berasal dari rasa bosan.

  1. Ketuk dahimu

Mungkin kamu akan terlihat agak aneh, namun hal ini memang bisa berhasil. Sebuah studi yang dihadirkan pada tahun lalu pada Obesity Society Annual Meeting, menemukan bahwa dengan mengetuk dahimu selama 30 menit, bisa mengurangi intensitas dari ngidam makan, seperti halnya mengaburkan gambaran makanan yang kamu idamkan dari otakmu.

  1. Mengunyah permen karet

Orang yang mengunyah permen karet bebas gula di tiga jam setelah makan siang dilaporkan memiliki rasa lapar yang berkurang dan keinginan untuk ngemil yang sedikit. Mereka juga akan merasa lebih berenergi, di mana biasanya pada jam-jam tersebut rasa lelah yang mendera membuat hasrat untuk makan semakin bertambah parah.

  1. Hirup aroma bunga melati

Bawa selalu sebotol kecil minyak esensial melati di tas mungilmu. Aroma melati memiliki kekuatan untuk menjaga selera makanmu tetap terkendali.

  1. Ngemil dengan camilan yang berprotein dan berserat tinggi

Makanan yang dipenuhi dengan protein dan serat bisa mengenyangkan dan memberi energi, serta membutuhkan beberapa waktu bagi tubuh untuk mencernanya, sehingga mereka tetap berada di system pencernaanmu lebih lama. Kacang-kacangan seperti pistachio atau almond atau yogrt kaya protein dan serat sehingga mampu menghapus keinginanmu untuk terus makan.

  1. Makan makanan yang kamu idamkan dalam jumlah sedikit dan gabungkan dengan sesuat yang sehat

Penelitian menunjukkan bahwa merasakan sedikit porsi dari apa yang kamu idamkan dan mencampurnya dengan sesuatu yang lebih bergizi bisa membuatmu merasa puas. Tapi sangatlah penting untuk memakannya dalam porsi yang kecil, di makan pelan-pelan, dan benar-benar fokus pada makanannya agar kamu tidak kebablasan.