10 Cara Mudah Meredakan Sakit Kepala

by Ummi on November 3, 2015

Mengalami sakit kepala memang bisa sangat menjengkelkan. Ada banyak jenis sakit kepala, mulai sakit kepala berdenyut, migrain, pening, hingga sakit kepala yang tegang (tension headache). Sebenarnya, kamu bisa dengan mudah menyembuhkan sakit kepala dengan menggunakan obat sintetis yang dijual bebas di pasaran seperti aspirin dan ibuprofen. Namun, menggunakan cara alami dalam mengobati sakit kepala, bisa lebih aman dan bebas dari efek samping. Ingin tahu apa saja cara alami untuk menyembuhkan sakit kepala? Berikut adalah ulasannya:

pemijatan untuk obati sakit kepala

1. Istirahatlah

Sakit kepala sering menjadi pertanda bahwa tubuhmu membutuhkan istirahat, ujar Elizabeth Loder, MD, pimpinan dari divisi sakit kepala dan nyeri di Brigham and Women’s Hospital di Boston. Banyak orang sangat sibuk dan tidak sempat untuk meluangkan waktu, namun jika kamu mau beristirahat sejenak selama 10 menit, memejamkan kedua matamu, berbaring, dan bersantai saat kamu mulai merasakan sakit kepala yang melanda, mungkin akan menjadi  cara yang lebih baik daripada kamu nantinya tidak bisa berbuat apa-apa setelah sakit kepalanya semakin memburuk.

Sebaiknya, kamu berbaring di ruangan yang gelap, dengan ventilasi udara yang baik. Jika bisa, cobalah untuk tidur selama kurang lebih satu jam. Hal ini bisa menjadi perawatan yang bagus daripada kamu bersikeras untuk tidak tidur dan membuat segalanya menjadi bertambah buruk.

2 Makanlah dalam porsi yang kecil tapi sering

Jika kamu belum makan sesuatu apapun, perasaan pusing atau sakit di kepala mungkin menjadi akibat dari rendahnya kadar gula dalam darah. Pada kasus ini, segera memakan sesuatu bisa menghentikan sensasi penat di kepalamu. Beberapa penelitian menyarankan untuk memakan makanan yang kaya magnesium, seperti bayam, tahu, dan minyak zaitun bisa sangat membantu.

Secara umum, dokter menyarankan untuk makan makanan dalam porsi kecil sepanjang hari namun sring, daripada harus makan tiga kali sehari (makan pagi, siang, dan malam) dalam porsi besar. Dengan cara ini, kadar gula darahmu akan tetap konsisten dan kamu tidak akan mengalami jenis sakit kepala ini.

3. Kompres dahimu dengan es

Berbaring dengan kain yang dibasahi air es atau kompres dingin diatas dahimu atau matamu, bisa memberikan kelegaan sementara dari rasa sakit kepala yang mencengkeram, dan bahkan bisa saja membantu menghilangkan sepenuhnya. Kamu juga bisa membuat es lilin popsikel di freezer dan gosokkan di atas dahi dan kening selama 10 menit.

Banyak orang berpikir bahwa es bisa menumpulkan rasa sakit dengan cara menyempitkan pembuluh darah, namun sebenarnya dalam kasus sakit kepala, itu lebih cenderung seperti efek kontrairitasi. Jika otakmu memperhatikan pada rangsangan dingin, maka ia tidak akan memperhatikan rasa sakitnya. Terlepas dari bagaimana cara kerjanya, metode ini akan bisa berguna dan menjadi ritual efektif bagi orang yang memiliki sakit kepala berulang.

4. Mandi dengan air panas (hot shower)

Orang-orang cenderung lebih memilih sesuatu yang dingin daripada yang panas saat itu dikaitkan dengan perawatan sakit kepala. Namun terkadang, mandi air panas mungkin bisa menjadi apa yang kamu perlukan. Orang yang bangun tidur dengan nyeri di kepala, biasanya sering mencoba untuk tetap berbaring di tempat tidur, dan berharap hal itu akan segera pergi. Hal itu hampir dipastikan tidak akan ada gunanya. Yang bisa membantumu adalah, mulai harimu dengan secangkir kopi, sedikit sarapan, dan mandi air panas untuk membuat badanmu segar kembali. Jika sakit kepalamu berkaitan dengan tekanan sinus atau cuaca dingin, air yang hangat bisa membersihkan saluran pernafasanmu juga.

5. Lakukan pemijatan

Pemijatan adalah salah satu cara model lama dan tak terlalu ribet untuk merawat sakit kepala dan terbukti paling efektif. Banyak orang yang setelah mendapatkan tekanan yang lembut pada pelipisnya setidaknya mengalami rasa sakit yang sedikit mendingan. Dan ternyata, setiap pijatan dapat meredakan atau mencegah sakit kepala.

Di sebuah penelitian di Selandia Baru, penderita migrain terbukti tidak terlalu sering merasakan sakit dan bisa tidur dengan lebih baik selama waktu satu minggu mereka mendapatkan pijatan daripada mereka yang tidak mendapatkannya. Dan sebuah studi di Spanyol tahun 2010 menemukan bahwa pasien dengan keluhan sakit kepala tertekan (tension headache) dilaporkan mengalami kondisi psikologi yang lebih baik, terkurangi stressnya, dan lebih sedikit mengalami gejala dalam jangka waktu 24 jam setelah mereka dipijat selama 30 menit.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2