10 Cara Unik & Lucu Untuk Memprediksi Jenis Kelamin Bayi

by Ummi on September 17, 2015

Satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan teman-teman dan keluarga kepada wanita yang sedang hamil pasti : “Cewek atau Cowok?” “Kira-kira Bayinya laki-laki atau perempuan?”. Memang, membicarakan tentang jenis kelamin calon jabang bayi yang sedang dikandung, bisa menjadi topik obrolan yang menarik, dan bahkan beberapa orang akan membuat taruhan untuk itu. Sebenarnya, tidak ada yang bisa tahu dengan persis jenis kelamin bayi hingga memasuki masa kehamilan di minggu ke-20. Itupun harus melalui pemeriksaan USG (ultrasonografi) di bidan atau dokter kandungan. Bahkan meskipun begitu, itu tidak menjamin 100% benar. Ada juga orang tua yang sengaja tidak ingin mengetahui jenis kelamin anaknya hingga sang bayi lahir ke dunia.

memprediksi jenis kelamin bayi

Banyak pula para ibu yang bersumpah jika dia sudah mengetahui jenis kelamin bayinya sebelum bayinya lahir, dan bahkan sebelum melakukan tes USG. Para ibu kebanyakan mengandalkan insting keibuan dan berbagai cara non-ilmiah serta kepercayaan orang zaman dulu untuk menebak jenis kelamin anaknya. Jika kamu sekarang juga penasaran dengan jenis kelamin bayimu, berikut adalah beberapa cara unik untuk memprediksi jenis kelamin bayi tanpa harus melakukan tes USG :

Ngidam

Banyak wanita akan mengalami yang namanya ngidam selama kehamilannya akibat terjadi ketidakseimbangan hormon. Jenis makanan yang kamu idamkan bisa saja menentukan jenis kelamin dari calon jabang bayi yang belum lahir.

Konon, jika kamu ngidam makanan yang manis dan mengandung gula, kamu akan cenderung memiliki bayi perempuan. Ngidam makanan yang asin dan asam berarti kamu akan punya anak laki-laki.

Mual & muntah-muntah

Banyak wanita yang melaporkan bahwa mereka jarang atau bahkan sama sekali tidak mengalami mual dan muntah-muntah di pagi hari (morning sickness) saat mereka sedang mengandung anak laki-laki.

Mengandung anak perempuan, tidaklah semudah itu. Biasanya, ibu akan sering mengalami mual dan muntah-muntah yang parah.

Posisi perut

Jika perutmu terasa sangat rendah dan menggantung di bawah, maka bisa jadi anakmu adalah laki-laki. Jika posisi perutmu berada lebih naik ke atas, kemungkinan bayimu adalah perempuan.

Tingkat detak jantung

Saat bidan atau dokter kandungan menggunakan alat Doppler untuk mendengarkan bunyi detak jantung janin, maka perhatikan tingkat detak jantungnya.

Konon katanya, jika detak jantung janin berada pada angka 140 bpm ke atas, mengindikasikan bahwa bayinya perempuan. Tapi jika detak jantungnya berada dibawah 140 bpm mengindikasikan bayinya laki-laki.

Jerawat

Apa kamu punya banyak jerawat dan masalah kulit yang buruk seperti kulit kusam, dan kotor selama kehamilanmu? Ini mungkin gara-gara bayi yang kamu kandung adalah perempuan. Cerita turun temurun mengatakan jerawat bisa bermunculan karena bayi perempuannya mengambil kecantikan dari ibunya. Sebaliknya, jika selama kamu hamil wajahmu terlihat cerah berseri bisa jadi anakmu laki-laki.

Tes cincin

Copotlah cincinmu (sebaiknya cincin pernikahanmu) dan ikatkan pada seutas tali dan gantungkan langsung diatas perut buncitmu.

Amati bagaimana gerakan cincinnya. Jika gerakannya maju mundur, maka kamu akan punya bayi perempuan. Dan jika gerakannya berputar-putar, maka selamat! Bayimu laki-laki.

Perilaku

Biasanya, jika selama hamil kamu terlihat lebih anggun dan lemah lembut, maka kamu mungkin mengandung bayi perempuan. Sebaliknya, jika selama hamil kamu selalu ceroboh dan asal-asalan, bisa jadi bayimu laki-laki.

Ukuran payudara

Kamu juga bisa memeriksa payudaramu, karena mereka bisa memegang petunjuk tentang jenis kelamin bayimu. Jika payudara kirimu terlihat lebih besar dibanding yang kanan, maka mengindikasikan bahwa bayimu laki-laki. Sebaliknya, jika payudara kananmu lebih besar daripada yang kiri, berarti kamu mengandung bayi perempuan.

Minta saran pada anak kecil

Orang dulu pernah bilang, jenis kelamin janin dalam kandungan bisa diprediksi dengan akurat oleh seorang anak kecil. Jika anak laki-lakimu menunjukkan ketertarikan pada kandunganmu, maka itu berarti kamu mengandung bayi perempuan. Jika dia sama sekali tidak tertarik dengan perutmu, maka mungkin itu laki-laki.

Hal yang sama juga berlaku bagi anak kecil perempuan. Anak kecil yang tertarik pada perut buncit ibunya akan berarti bahwa bayi yang ada dalam kandungan ibunya memiliki jenis kelamin yang berkebalikan dengannya.

Bentuk perut

Banyak orang bilang, jika perutmu berbentuk layaknya seperti buah semangka, maka bayinya kemungkinan perempuan. Jika bentuknya seperti bola basket yang bulat, maka jenis kelaminnya adalah laki-laki.

Itu tadi beberapa cara unik untuk menebak jenis kelamin bayi yang masih ada dalam kandungan. Cara mana yang pernah kamu gunakan? Apakah kamu percaya dengan hal tersebut? Atau prediksinya memang benar-benar tepat?