10 Fakta Seputar Mitos Perawatan Kulit & Rambut

by Ummi on February 18, 2015

Banyak sekali mitos yang beredar seputar masalah perawatan kulit dan rambut. Seperti mentimun untuk menghilangkan lingkaran hitam di mata, pasta gigi untuk mengobati jerawat, dan masih banyak mitos yang lainnya. Namun, semua itu belum tentu bekerja dengan baik dan ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit. Berikut ini adalah beberapa fakta sebenarnya tentang mitos-mitos yang berkaitan dengan perawatan kulit yang telah diklarifikasi oleh para ahli kecantikan kuli & rambut :

fakta seputar mitos perawatan kulit

# Mitos 1 : Irisan mentimun bisa meminimalkan lingkaran hitam di mata dan pembengkakan di sekitar mata

Faktanya : Timun tidak bisa membantu mengurangi lingkaran hitam mata, namun sensasi dingin dari mentimun bisa mengurangi bengkak. Bengkaknya mata disebabkan oleh pembengkakan ‘Limfatik’, cairan yang masuk ke dalam mata ketika kita berbaring hendak tidur. Sementara itu, mentimun juga mengandung antioksidan. Hal yang sebenarnya adalah mentimun bersifat dingin. Dan jika kamu menerapkan kompres dingin atau masker gel yang didinginkan ke mata, hal itu juga akan sama efektifnya untuk mengurangi bengkak.

# Mitos 2 : Pasta gigi akan mengeringkan & menyembuhkan jerawat sepanjang malam

Faktanya : hal itu memang dapat berhasil, namun gunakan secukupnya saja. Pasta gigi mengandung bahan penangkal jerawat di dalamnya seperti Hydrogen Peroxide, Alkohol, dan bahan anti bakteri. Jadi, penggunaan pasta gigi bisa benar-benar manjur. Masalahnya adalah, pasta gigi sebenarnya digunakan untuk gigi, bukan untuk kulit. Dan itu bisa menyebabkan kemerahan atau peradangan bagi yang tidak cocok atau memiliki kulit sensitif. Maka, gunakan pasta gigi untuk menyembuhkan jerawat di saat darurat saja, jangan digunakna secara teratur.

# Mitos 3 : Tetes mata akan mengurangi kemerahan dan peradangan jerawat

Faktanya : Memnag tidak akan menyakitkan, tapi alangkah lebih baik jika menggunakan bahan lain yang bekerja menyembuhkan jerawat dengan lebih baik. Karena tetes mata bisa menyempitkan pembuluh darah, memakai tetes mata bisa mengurangi aliran darah & mengurangi kemerahan pada jerawat yang sedang berwarna merah menyala. Namun, hasilnya akan singkat (tidak bertahan lama).

# Mitos 4 : Lemon bisa untuk eksfoliasi kulit, membuatnya lebih sehat dan bercahaya

Faktanya : hal itu memang benar adanya. Karena lemon mengandung asam glikolik,  lemon bisa membukakan pori-pori dan bekerja sebagai bahan eksfoliasi (mengelupas sel kulit mati) ringan asalkan tidak digunakan secara berlebihan. Tapi, jika kamau punya masalah kulit seperti kulit kering dan eksim, lemon bisa sangat menyengat dan mengiritasi kulitmu.

# Mitos 5 : Gula atau garam yang digabung dengan minyak zaitun bisa bekerja sebagai eksfoliator alami untuk wajah dan kulit

Faktanya : Gula dan garam, dua-duanya bisa bekerja dengan baik. Namun, butiran yang terlalu kasar bisa terlalu keras untuk wajah. Garam memiliki sifat anti bakteri, dan tekstur berpasir dari kristal gula / garam bisa membantu mengelupas sel kulit mati.

# Mitos 6 : Oleskan deodoran ke wajahmu untuk menghilangkan minyak dan menciptakan tampilan ‘matte’ pada kulit. Deodoran juga bisa mengatasi ruam akibat cukur.

Faktanya : Deodoran tidak akan mengurangi produksi minyak dan bahkan bisa menyebabkan kulit iritasi dan peradangan. Hal ini dikarenakan deodoran berbahan keras dan termasuk hal yang tidak boleh digunakan pada wajah. Deodoran akan membuat kulitmu kering.

# Mitos 7 : Aspirin gerus yang di campur dengan air bisa menyembuhkan jerawat

Faktanya : Hal tersebut bisa saja berhasil, namun tidak bisa secepat dari obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Hampir semua produk perawatan jerawat mengandung bahan asam salisilat, yang juha ditemukan pada aspirin. Selain itu, asam salisilat bekerja untuk membersihkan pori-pori, mengelupas kulit mati, dan menghilangkan kulit mati. Sebagai bahan untuk perawatan jerawat, Aspirin cukup aman dan efektif. Namun bagaimanapun juga, mungkin akan membutuhkan waktu hingga 24 jam untuk bisa melihat hasilnya.

# Mitos 8 : Tambahkan cuka apel ke shampoo untuk menghilangkan sisa-sisa dari produk rambut

Faktanya : Lakukan saja hal itu. Menambahkan cuka apel ke shampoo adalah salah satu cara untuk menghilangkan sisa produk rambut.

# Mitos 9 : Buat masker dengan bahan mayonnaise untuk menambah kilau dan kelembaban pada rambut

Faktanya : Masker mayonnaise justru akan membuat rambut menjadi berminyak dan lepek, namun bisa menghidrasi rambut yang lebat dan tebal. Mayonnaise memiliki sifat melembabkan yang mendalam karena kandungan lemak dan minyaknya. Jika masker ini diterapkan pad aujung rambut saja, itu bisa berfungsi sebagai perawatan ‘deep-conditioning’.

# Mitos 10 : Gosok gigimu dengan arang aktif untuk memutihkan gigi

Faktanya : Tidak ada satu penelitian pun yang ditemukan untuk mendukung mitos ini. Sebaiknya jangan menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi, karena para dokter gigi masih belum tahu bagaimana hal itu akan berdampak pada gigi, gusi, dan tubuhmu. Bahkan arang aktif dapat juga bersifat abrasif dan bisa merusak enamel / gusi..