10 Fakta Unik Tentang Kopi

by Ummi on February 13, 2015

Meski kandungan kafein pada kopi, memberikan efek negatif bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, namun meninum kopi dalam jumlah yang wajar tidak akan membahayakan bagi tubuh. Bahkan, tradisi minum kopi di pagi hari sudah jamak dilakukan oleh hampir setiap orang di seluruh dunia. Minuman yang memiliki sensasi rasa khas yang nikmat ini, ternyata juga mempunyai beberapa fakta yang mengejutkan. Ingin tahu 10 fakta unik tentang kopi? Simak ulasannya berikut ini:

fakta kopi

  1. Kopi luwak adalah kopi termahal di dunia

Kita patut berbangga, karena kopi luwak asliIndonesiamerupakan kopi termahal di dunia. Kopi yang berasal dari hewan khas Sumatera ini, dihargai dengan $600 US untuk setiap satu pon. Luwak tidak bisa mencerna biji kopi hingga halus. Dan selama proses pencernaan biji kopi, mereka memfermentasikan biji kopi di dalam perut. Sehingga saat kopi dikeluarkan melalui kotoran, kopi tersebut menjadi lebih lembut dan lebih kecoklatan.

  1. Hanya ada dua jenis kopi : Arabica dan Robusta

70% kopi yang ditanam di seluruh dunia adalah jenis Arabica. Meski tidak begitu populer, kopi Robusta sebenarnya rasanya lebih menggiit dan memiliki jumlah cafein dua kali lipat lebih banyak.

  1. Braziladalah Negara penghasil kopi terbesar di dunia

Brazilmemproduksi 40% dari total jumlah produksi kopi dunia. Sedangkan menyusul di posisi ke dua dan tiga adalahColombiadanVietnam.

  1. Kopi merupakan komoditi perdagangan terbesar ke dua di Bumi setelah minyak

Menurut Global Exchange, kurang lebih ada 25 juta petani di lebih dari 50 negara bergelut dalam produksi kopi.

  1. Rekor cangkir kopi terbesar di dunia di buat pada Juli 2014 di Korea Selatan

Cangkir kopi raksasa tersebut, membutuhkan lebih dari 3.700 galon air.

  1. Hanya dengan mencium aroma kopi sudah bisa membuatmu terbangun

Sekelompok peneliti melaporkan bahwa cukup dengan menghirup aroma dari kopi, sudah bisa menggugah aktifitas dari beberapa gen dalam otak, sehingga mengurangi efek dari rasa kantuk. Dan saat kamu minum secangkir kopi, kafein akan mencapai ke darah dengan cepat, sekitar 10 menit.

  1. Saat ditambah susu, akan melemahkan efek dari kafein

Tubuh kita akan lebih lambat menyerap kafein dari kopi saat ditambahkan kandungan lemak susu, yang bisa nmengurangi rangsangannya.

  1. Kopi akan tetap hangat saat ditambahi krim

Kopi dengan tambahan krim akan dingin 20% lebih lambat dibandingkan dengan kopi hitam biasa.

  1. Kopi Decaf  (dikurangi kafeinnya) tidak berarti bebas kafein sama sekali

secangkir kopi decaf seduh seberat 185 gram, sebenarnya memiliki kandungan kafein 2-12 mg. Sebagai bandingannya, secangkir kopi biasa kandungan kafeinnya sebesar 95-200mg.

  1. Penduduk Amerika Serikat mengkonsumsi 400 juta cangkir kopi setiap hari

Ini berarti setara dengan 146 miliar cangkir kopi setiap tahunnya, menjadikan Amerika Seikat menjadi Negara pengguna kopi terbesar di dunia..