10 Jenis Kosmetik Yang Wajib Dimiliki Seorang Wanita

by Ummi on August 13, 2015

Di zaman modern dan globalisasi seperti sekarang ini, semua orang dituntut untuk bisa tampil sesempurna mungkin, khususnya bagi para wanita. Tuntutan pekerjaan dan lingkungan sekitar, mengharuskan mereka untuk bisa selalu tampil cantik saat bekerja atau berada diantara banyak orang. Sehingga, keberadaan makeup, sangatlah penting bagi kaum hawa, dan itulah mengapa, aksesoris terpenting bagi wanita, terutama wanita karir adalah tas kosmetiknya. Sebuah senjata andalan yang berisi setiap peralatan makeup yang mereka perlukan agar dapat selalu tampil cantik dan segar sepanjang siang dan malam.

make up kit standar

Pertayaannya adalah, dari sekian banyak jenis kosmetik yang ada, jenis kosmetik utama apakah yang paling penting untuk selalu siap sedia di tas kosmetikmu? Berikut akan kami ulas 10 peralatan kosmetik dasar yang tak bisa ditinggalkan dan alasan mengapa mereka begitu sangat penting untuk menunjang penampilanmu :

1. Pelembab

Jika kamu menerapkan makeup diatas permukaan kulit yang kering dan gersang, itu bagaikan mengecat diatas permukaan kanvas padang pasir yang retak-retak. Maka, untuk menjaga kulitmu tetap terhidrasi, dan menyediakan palet yang halus, untuk menciptakan sihir makeup-mu, kamu perlu selalu menyediakan pelembab wajah yang tepat untuk digunakan setiap hari. Pelembab dan losion wajah dirancang untuk mengunci kandungan air didalam kulitmu sehingga tidak akan menguap. Maka, jangan gunakan pelembab yang terlalu berat atau berminyak agar tidak menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Cari produk yang bebas minyak (oil free) atau ‘non comedogenic’ pada labelnya sehingga tidak akan menyumbat pori-porimu. Beberapa produk bahkan ada yang menyertakan tabir surya dengan SPF 15 atau 30, yang akan memberikan perlindungan ekstra melawan kerusakan akibat sengatan matahari. Setelah mencuci wajahmu di pagi hari, oleskan lapisan tipis dari pelembab saat wajahmu masih dalam kondisi basah. Biarkan losionnya kering sepenuhnya sebelum kamu menerapkan makeup. Gunakan lagi pelembab sebelum tidur, sehingga kamu bisa bangun dengan wajah yang tampak berseri-seri.

2. Concealer

Kecuali kamu dikaruniai wajah unik yang tanpa cela, wajahmu pasti memiliki noda dan ketidaksempurnaan seperti noda gelap, bekas luka, atau lingkaran hitam dibawah mata. Concealer bisa membuat noda ini menjadi tersamarkan, jika tidak bisa menghilang sepenuhnya. Concealer tersedia dalam bentuk cair (liquid) yang bagus untuk kulit kering, krim, dan batangan. Concealer liquid adalah bentuk yang paling ringan sementara yang batangan adalah yang bentuknya paling solid dan kabur.

Concealer juga hadir dalam berbagai pilihan warna, dan pastikan kamu memilih warna concealer yang tepat sesuai warna kulit. Panduan umumnya adalah, pilihlah concealer yang warnanya satu setengah tingkat lebih terang daripada warna kulit aslimu. Concealer yang lebih terang bisa meminimalkan area yang lebih gelap seperti lingkaran hitam disekitar mata, sedangkan warna yang lebih gelap akan membantu menyembunyikan bengkak di wajah. Ada juga color correcting concealer  dengan pilihan warna hijau, kuning, dan biru. Warna hijau akan menetralkan warna merah, sehingga baik untuk menyembunyikan jerawat atau bekas luka yang memerah. Kuning akan menyembunyikan memar dengan baik. Setelah menerapkan concealer, gunakan spon untuk membaurkannya. Lapisi atasnya dengan bedak transparan guna mempersiapkan wajah untuk penggunaan makeup inti.

3. Bedak transparan (translucent powder)

Makeup seharusnya terlihat bagus tanpa kesan bahwa itu ‘buatan’. Idealnya, makeup yang bagus akan terlihat alami dan tidak ‘ngoyo’. Bedak wajah transparan bisa memberikan efek ‘tanpa usaha’ tersebut. Saat diterapkan dengan benar, bedak transparan tidak akan kasat mata, namun bisa menciptakan tampilan pembauran yang sempurna dan mulus. Bedak transparan memiliki bahan atau substansi  yang halus, tipis, dan tidak  berwarna. Ini akan diaplikasikan ke seluruh wajah dalam lapisan yang tipis, dan memiliki manfaat yang sedikit berbeda :

  • Bedak ini berfungsi untuk menghaluskan perbatasan antara setiap elemen makeup (foundation, mata, dan pipi).
  • Mengendalikan minyak dan kilap di wajahmu.
  • Memantapkan foundation dan concealer sehingga bisa bertahan lebih lama dan tidak coreng moreng.
  • Bisa mengurangi warna yang terlalu ngejreng (misalnya warna perona pipi yang terlalu menor).

Kamu bisa menerapkan bedak ini pada kelopak mata, dan disekitar bibir, hidung, dahi, dan dagu untuk mengurangi kilap di wajah. Translucent powder tersedia dalam berbagai warna yang sesuai dengan warna kulitmu, dan dalam dua bentuk yang berbeda : loose powder (bedak tabur) dan pressed powder (bedak padat). Mungkin akan lebih efisien jika kamu memilih yang bentuk padat, karena tidak akan tumpah saat di bawa di tas makeup. Dan biasanya sudah dikemas bersamaan dengan aplikator sehingga kamu tidak perlu lagi membawa kuas yang terpisah.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2 3