10 Kegunaan Baru Dari Sabun Cuci Piring

by Ummi on May 6, 2015

Sabun cuci piring mungkin menjadi sebuah peralatan inti yang diletakkan di pinggir wastafel. Namun sebenarnya, daya pembersih yang ampuh dari cairan ini juga sangat membantu untuk seluruh bagian rumah. Berhubung cairannya ringan, sabun cuci piring sering dijadikan pilihan bagus daripada menggunakan bahan kimia yang keras. Disamping itu, bahan ini juga pasti selalu tersedia di bawah wastafel, sehingga sangat efisien. Suatu saat kamu ingin memberikan rumahmu sebuah pembersihan sekali jalan, pertimbangkanlah cara-cara baru berikut yang menggunakan cairan berbusa dari sabun cuci piring:

Kegunaan Lain Sabun Cuci Piring

  • Menghapus noda berminyak di baju

Apakah kamu terkena noda salad atau saos di kaosmu? Gosokkan saja sedikit sabun cuci piring ke atas bagian yan terkena noda, lalu bilas dengan air. Sabun ini cukup lembut untuk mengatasi noda pada sebagian besar jenis bahan kain, bahkan jenis wool dan sutera yang dicuci sekalipun, di mana jenis ini bisa rusak jika menggunakan deterjen laundry yang memiliki enzim pelawan noda.

  • Membersihkan lantai dapur dan kamar mandi

Untuk menyulap satu baskom air hangat menjadi pembersih lantai yang ampuh, cukup tambahkan dua sendok makan sabun cuci piring ke dalamnya. Gunakan cairan ini untuk membersihkan lantai jenis vinyl dan keramik, namun hindari lantai jenis kayu yang keras, karena airnya kan mengelupas papannya.

  • Membersihkan furniture teras Anda

Tambahkan sedikit sabun cuci piring ke dalam semangkuk air hangat, dan gunkan untuk mengelap meja dan kursi yang ada di luar rumah. Lalu, bilas hingga bersih dengan selang taman.

  • Mengkilaukan perhiasan

Sedikit sabun cuci piring yang dicampur dengan soda adalah cara cepat untuk membersihkan pernak pernik aksesorismu. Gelembungnya akan membantu sabun untuk masuk ke dalam sudut-sudut dan celah yang kecil. Campur soda dan sabun cuci piring ke dalam mangkuk, lalu rendam perhiasanmu selama lima menit, lalu kibas-kibaskan di antara busa-busanya. Gunakan sikat gigi lembut untuk menggosok noda apapun yang membandel.

  • Membersihkan sisir dan sikat rambut

Lawan sisa-sisa dari produk perawatan rambut dan minyak yang menempel pada sisir dengan solusi berbusa dari beberapa tetes sabun cuci piring yang dicampur dengan air hangat.

  • Membersihkan pakaian yang dicuci dengan tangan

Dalam kondisi darurat, kamu bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai ganti dari deterjen yang biasa kamu gunakan untuk mencuci dengan tangan.

  • Menjebak dan membunuh lalat

Tambahkan tiga tetes sabun cuci piring ke dalam satu mangkuk cuka yang akan menarik perhatian serangga kecil. Larutan ini akan memotong tekanan permukaan, sehingga lalat akan terjatuh dan tenggelam ke dalamnya.

  • Menghilangkan noda di karpet

Campur 1 sdm sabun cuci piring ke dalam 2 cangkir air hangat, dan hilangkan noda pada karpet dengan menggunakan kain putih yang dicelupkan ke dalam cairan ini. Ulangi terus hingga noda terserap ke dalam kain, dan menghilang sepenuhnya dari karpet. Lalu, serap dengan air dingin dan keringkan dengan kain bersih.

  • Membersihkan rak dapur

Seperti halnya peralatan memasak, rak dapur juga bisa menjadi berminyak saat kamu menyiapkan hidangan makan malam. Tambahkan sedikit sabun cuci piring ke dalam botol semprot yang berisi air hangat, untuk menyapu pergi semua kotoran. Lalu, bilas dengan kain basah yang sudah diperas, dan keringkan.

  • Mengusir noda minyak dari beton

Jika kamu mengawasi ada sebuah noda di lantai garasimu, tutupi noda tersebut denagn baking soda, lalu tuangkan sabun cuci piring di atasnya. Gosok dengan sikat plastik, dan biarkan semuanya menetap selama beberapa jam. Bilas dan ulangi hal ini hingga noda menghilang.