≡ Menu
werno-werno.com

10 Makanan Kaya Serat

>Kamu tentu tahu, serat sangatlah penting bagi keseluruhan kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan pencernaan agar lancar dan baik, bahkan membantu menurunkan berat badan. Para ahli nutrisi menyarankan,  asupan harian serat yang ideal setidaknya mencapai 25-40 gram. Namun, apakah kamu sudah mencukupi anjuran tersebut? Faktanya, kebanyakan orang hanya memperoleh setengah dari jumlah yang seharusnya. Untuk itu, kamu perlu menambah asupan serat harianmu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya fiber berikut ini:

daftar makanan kaya serat

  1. Buah Pir

Tidak ada yang lebih mudah daripada mencomot satu buah yang utuh. Dan buah pir yang juga kaya akan antioksidan, mengandung serat lebih banyak dibanding buah yang lain, yakni sebanyak 5 gram. Untuk asupan serat tambahan, kamu bisa memadukannya dengan selai almond.

  1. Brokoli

Saat orangtuamu menyuruhmu memakan brokoli, maka kamu harus mendengarkannya. Mengapa? Ini karena dalam setiap satu mangkuk brokoli rebus, terkandung 5,1 gram serat. Disamping itu, brokoli juga kaya akan vitamin C dan K. Namun ingat, jangan terlalu lama dalam memasak brokoli agar kandungan gizinya tidak menguap.

  1. Apel

Dalam penelitian terbaru disebutkan, bahwa dengan memakan satu buah apel setiap hari, bisa membuat dokter tetap menjauh. Untuk mendapatkan asupan serat yang maksimal, makanlah satu apel berukuran sedang beserta kulitnya, karena kandungan serat terbesar ada pada kulit. Satu apel yang di makan beserta kulitnya, mengandung 4,4 gram serat.

  1. Kedelai

Kedelai sangat bagus untuk jantungmu, dan juga ususmu. Makanan bergizi ini penuh dengan fiber. Contohnya saja, kedelai hitam memiliki kandungan serat 15 gram serat dalam tiap satu mangkuk. Sedangkan kedelai putih mengandung 18,6 gram serat.

  1. Jagung

Sayuran berwarna kuning ini setiap tongkolnya atau setara dengan separuh mangkuk jagung pipil, mengandung sebanyak 2 gram serat.

  1. Kacang merah

Selain kaya serat, kacang merah ternyata juga mengandung banyak protein dan zat besi.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan sumber makanan yang kaya serat. Setiap dua sendok makan sajian alpukat, memiliki kandungan 2 gram serat. Sementara dalam satu buah alpukat utuh, terdapat sekitar 10 gram serat. Alpukat juga sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang merupakan jenis lemak yang ‘baik’, yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Beras merah

Jika selama ini kamu merupakan pengkonsumsi setia dari beras putih, tekstur kenyal dan rasa yang berlemak dari beras merah bisa juga kamu coba. Dan hal itu cukup sepadan, karena setiap satu mangkuk beras merah, mengandung 3,5 gram serat. Para peneliti Harvard baru-baru ini juga menemukan bahwa meskipun dengan memakan 5 sajian atau lebih dari beras putih per minggu, bisa meningkatkan resiko penyakit Diabetes tipe 2 sebanyak 17 %, namun dengan menambahkan beberapa sajian beras merah setiap minggunya, bisa mengurangi resikonya hingga 11%.

  1. Edamame

Sayuran yang biasa disebut dengan kedelai Jepang ini, mengandung hingga 11 gram protein dan 9 gram serat dalam setiap setengah mangkuk.

  1. Lentil

Biji-bijian berukuran kecil ini sangat kaya serat, dimana setiap satu mangkuknya, mengandung 15,6 gram serat. Telah di tanam sejak zaman Neolitikum, lentil juga sumber yang bagus dari protein, vitamin B, zat besi dan mineral yang lain..

0 comments… add one

Leave a Comment