10 Makanan Penghilang Stress

by Ummi on April 7, 2015

Disaat kita sedang mengalami stress, seringkali kita melampiaskannya dengan memakan berbagai macam makanan, terutama makanan yang manis dan asin. Alih-alih stress akan mereda, berat badan kita justru melonjak karena terlalu banyak makan. Agar stress yang kamu hadapi bisa teratasi tanpa khawatir berat badanmu naik, makanlah 10 makanan penghilang stress berikut ini:

makanan penghilang stress

  1. Coklat

Jika seolah-olah kamu perlu alas an untuk bisa makan coklat, maka memakan hanya seporsi kecil dari coklat setipa hari telah dikaitkan dengan pengurangan gejala depresi dan menurunkan indeks massa tubuh. Kakao yang terkandung dalam coklat juga bisa meningkatkan level dari Serotonin, senyawa kimia dalam otak yang membantumu menghilangkan stress dan membuatmu merasa lebih bahagia.

  1. Pisang dengan selai almond

Vitamin B yang terkandung dalam pisang seperti Asam Folat dan vitamin B6, adalah kunci untuk produksi Serotonin, yang bisa membantu meningkatkan suasana hatimu dan mengurangi rasa cemas. Untuk peningkatan pengusir stress yang ekstra, oleskan selai almond, kacang tanah, atau kacang mede di atas pisang. Karena, kacang-kacangan kaya magnesium dan seng, yang bisa mempermudah bagi tubuhmu untuk menyingkirkan tekanan fisik ataupun emosional.

  1. Alpukat di atas roti gandum

Kombinasi alpukat dan gandum menyediakan tendangan ganda dari vitamin B yang menenangkan. Alpukat juga sarat dengan potassium, mineral yang berfungsi menurunkan tekanan darah, yang juga bermanfaat untuk mengurangi efek fisik dari stress.

  1. Edamame dengan perasaan lemon segar

Pilihan cerdas saat hasrat ngemilmu di siang hari dating melanda, adalah dengan memakan edamame (kedelai Jepang) dengan perasan lemon segar, yang dipenuhi dengan gabungan serat dan protein. Selain itu, berkat kandungan magnesium dalam kacang kedelai dan vitamin C pada lemon, juga membantu meningkatkan dan mengatur suasana hati. Coba taburi diatasnya dengan bubuk cabe dan sejumput garam untuk membuat snack yang lezat.

  1. Ubi jalar kuning goreng

Tidak hanya lezat, namun ubi jalar juga dipenuhi dengan vitamin B6 dan potassium pelawan stress. Perciki ubi dengan minyak zaitun (untuk menghindari ekstra kalori) dan panggang hingga berwarna kecoklatan. Lalu tambahkan bubuk kunyit atau jahe untuk penambah anti inflamasi.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2