≡ Menu
werno-werno.com

10 Makanan Terbaik Untuk Kulit Yang Sehat

Polusi, debu, dan paparan sinar matahari membuat kulit menjadi kering dan kotor. Bukan itu saja, hal-hal tadi juga juga bisa menyebabkan masalah lain pada kulit seperti jerawat, keriput, dan membuat kulit tampak menua. Menjaga kulit agar selalu sehat dan cantik tidak hanya bisa dilakukan dari luar saja seperti melakukan facial, menggunakan masker, atau scrubbing. Namun, perawatan juga bisa dilakukan dari dalam, dengan mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan bermanfaat bagi kulitmu. Berikut ini adalah 10 makanan terbaik yang bisa kamu makan demi kulit yang cerah, bercahaya, dan sehat:

makanan untuk kulit yang sehat

  1. Tomat yang dimasak

Tomat dipenuhi dengan antioksidan kuat bernama Lycopen yang menyediakan warna merah pada tomat, sangat baik bagi kulit yang sehat dan bercahaya. Lycopene juga berkontribusi dalam mengeliminasi radikal bebas penyebab penuaan yang ditimbulkan oleh sinar ultra violet. Dengan memasak tomat, membuat lycopene lebih terkonsentrasi. Jadi, memakan saus tomat, pasta tomat, dan kecap akan lebih baik daripada hanya makan tomat segar, jika kamu mengharapkan untuk melindungi kulitmu dari sinar UV yang berbahaya.

  1. Almond

Almond mengandung banyak vitamin E, yang sangat berguna dalam melindungi kulitmu dari kerusakan matahari. Vitamin E juga merupakan antioksidan, sehingga juga bekerja untuk menjauhkan bahaya radikal bebas  dari arterimu.

  1. Mangga, pepaya dan apricot

Ketiga buah ini adalah makanan terbaik untuk kulit yang bersih dan bercahaya. Mereka dipenuhi dengan pigmen yang bernama Carotenoids. Karena karotenoids disimpan pada lapisan lemak yang tepat berada di bawah kulitmu, maka mereka menolong dalam meningkatkan warna kulitmu dan memberikan kilau kemerahan.

  1. Teh hijau

Teh hijau adalah gudangnya antioksidan dan mengandung Katekin yang telah terbukti memiliki sifat anti inflamasi dan anti-aging. Studi telah menunjukkan bahwa dengan  mengkonsumsi 2 hingga 4 cangkir teh hijau dalam sehari, tidak hanya bisa membantu mengurangi peluang terkena kanker kulit, namun juga berguna dalam memperbaiki kembali kerusakan kulit yang disebabkan matahari.

  1. Flaxseeds

Flaxseed penuh dengan asam lemak Omega-3 yang mampu melawan kerutan. Mereka membantu menghilangkan bintik-bintuk hitam di wajah dan menyamarkan garis halus. Dan oleh karena itu, maka makanan ini harus disertakan dalam daftar makanan terbaik untuk kulit sehatmu.

  1. Bayam

Sayur hijau ini merupakan makanan yang berguna untuk membersihkan kulit. Bayam mengandung banyak asam Folat, yang membantu mengurangi peluang terkena kanker kulit. Ini berkat sifat dari asam folat yang berkontribusi dalam merawat dan memperbaiki DNA.

  1. Ubi kuning

Makanan yang juga disebut dengan sweet potatoe ini mengandung banyak vitamin C yang akan mengusir jauh kerutan. Selain itu, ubi kuning juga mampu menstimulasi produksi dari kolagen.

  1. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang berfungsi untuk membantu dalam mengontrol produksi sel-sel di lapisan terluar kulitmu. Hal ini akan menghasilkan jumlah sel-sel kulit mati yang jauh berkurang, yang jika menumpuk, dapat bercampur dengan sebum sehingga menyumbat pori-porimu. Vitamin A yang melimpah pada wortel juga mengurangi pertumbuhan dari sel kanker kulit.

  1. Walnuts

Walnut juga banyak mengandung asam lemak Omega 3. Mereka sangat ampuh untuk menangani jerawat yang membengkak, kemerahan, dan meradang, dan bahkan mengatasi kerutan. Selain itu, kandungan Alpha-linolenik dalam walnut juga bisa merawat kekeringan kulit yang menyebabkan kerutan dan membuat kulitmu menua.

  1. Yogurt

Yogurt adalah probiotik alami, sehingga membantu mencukupi kembali bakteri baik dalam tubuhmu yang menjaga ragi tetap terkendali. Yogurt sangat baik untuk kulitmu, karena menjaga kulit dari munculnya jerawat dan eksim.

0 comments… add one

Leave a Comment