≡ Menu
werno-werno.com

10 Manfaat Tak Terduga Dari Kantung Teh Celup Bekas

Apakah kamu termasuk salah satu pecinta teh? Saat ini, sudah banyak tersedia teh dalam kemasan siap seduh yang biasa disebut dengan teh celup. Kehadiran teh celup, membuat kita semakin mudah dan praktis dalam menikmati citarasa teh yang enak dan mendapatkan manfaat teh yang hebat. Entah itu teh hijau, teh hitam, teh chamomile, teh peppermint, atau teh herbal yang lain, kamu bisa meminumnya beberapa cangkir sehari untuk mendapatkan banyak khasiat dari teh tersebut.

manfaat kantung teh bekas

Namun biasanya, setelah kita menyeduh teh, kita akan langsung membuang kantung bekas tehnya. Padahal, kamu bisa mendapatkan tambahan manfaat dari kantung teh bekas kecil ini. Teh herbal memiliki khasiat antioksidan, anti-inflamasi, astringent, dan antibiotik. Jadi, daripada kamu membuangnya, kamu bisa menggunakan kantung teh celup bekas ini untuk perawatan kecantikan bahkan untuk berkebun. Tidak percaya? Simak 10 kegunaan tak terduga dari kantung teh celup bekas berikut ini :

1. Mengobati jerawat yang ringan

Kantung teh celup bekas bisa membantu melindungi dan mempercantik kulitmu dalam beberapa cara. Faktanya, kantung teh celup bekas adalah salah satu ramuan terbaik untuk mengatasi jerawat ringan.  Kandungan katekin dalam teh hijau memiliki khasiat antibakteri yang bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi di tahun 2009 yang terbit di Journal of Drugs in Dermatology menduga bahwa losion teh hijau bisa menjadi ramuan efektif dan aman untuk mengatasi jerawat ringan. Dalam studi lain yang terbit di Journal of Investigative Dermatology di tahun 2012, menyimpulkan bahwa kandungan EGCG (epigallocatechin-3-gallate) dalam teh hijau membantu mengatur target molekul intraseluler dan menghambat pertumbuhan bakteri p. acnes yang menyebabkan jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat kantung teh celup bekas dalam mengobati jerawat yang ringan, maka lakukan langkah berikut ini :

  • Seduhlah secangkir teh hijau celup, dan sisihkan kantung teh celup bekasnya dan biarkan selama 30 menit.
  • Letakkan kantung teh celup bekasnya langsung ke bagian kulit yang terdampak selama 5-10 menit.
  • Setelah itu, bilas kulitmu dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin dua kali sehari hingga kamu memiliki kulit yang bebas jerawat.

2. Melawan tanda-tanda penuaan

Teh hijau juga memiliki khasiat anti-aging dan antioksidan yang membantu meningkatkan tampilan dan elastisitas kulit. Teh hijau bahkan mampu menunda munculnya tanda-tanda penuaan kulit, seperti kulit kendur, bintik-bintik akibat sengatan matahari, noda hitam, garis halus, dan kerutan. Sebuah studi tahun 2003 yang dilakukan oleh Medical College of Georgia mencatat bahwa teh hijau juga bisa membantu proses peremajaan kulit. Ia bahkan juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan memar. Caranya :

  • Keluarkan isi dari 2 kantung teh hijau celup bekas kedalam mangkuk.
  • Campur dengan 1-2 sdt madu murni dan perasan lemon.
  • Terapkan ramuan ini ke bagian wajah dan leher.
  • Biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Gunakan masker wajah ini sebanyak satu atau dua kali seminggu.

Catatan : Masker ini mungkin tidak akan cocok untuk kulit sensitif

3. Menghilangkan bau nafas tak sedap

Kamu bisa menikmati bau nafas yang segar dan beraroma mint dengan menggunakan obat kumur ringan dan menenangkan yang terbuat dari kantung teh hijau dan peppermint bekas. Khasiat antiseptik dan anti bakteri dalam teh ini bisa membantu melawan bakteri jahat di mulut yang menjadi penyebab bau nafas tak sedap.

Disamping itu, studi tahun 2014 yang terbit di Journal of Oral and Maxillofacial Surgery menandai bahwa obat kumur dari teh hijau bisa menjadi pilihan ynag efektif dan tepat untuk mengendalikan rasa sakit yang yang terkait dengan perikoronitis akut.

  • Celupkan 2 atau 3 kantung teh celup bekas kedalam air panas selama 10-15 menit untuk menyeduh teh yang tidak terlalu kuat.
  • Biarkan teh ini menjadi dingin.
  • Campurkan dengan beberapa tetes tea tree oil.
  • Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur dua kali sehari untuk melawan bau mulut.

4. Membuat rambutmu bersinar

Kantung teh celup bekas dari teh hitam bisa menambah kilau pada rambut yang kering dan kusam. Kandungan antioksidan dalam teh bisa membantu mendorong pertumbuhan rambut begitu juga mencegah masalah rambut yang umum seperti ketombe dan kulit kepala kering.

  • Seduh kembali 2 atau 3 kantung teh celup hitam bekas kedalam dua gelas air panas dan biarkan hingga dingin.
  • Setelah memakai shampoo, gunakan teh yang tak teralalu kuat ini sebagai bilasan terakhir untuk keramas.
  • Pijat kulit kepalamu selama 5 menit, lalu bilas kembali rambutmu dengan air biasa.
  • Biarkan rambutmu kering alami untuk menikmati rambut yang halus dan berkilau.
  • Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

5. Meredakan mata yang bengkak dan iritasi

Setiap jenis teh celup bisa digunakan untuk membantu meredakan mata yang bengkak dan teriritasi. Teh memiliki khasiat anti-iritasi dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi bengkak di area sekitar mata dan meredakan mata yang lelah dan iritasi. Selain itu, teh juga bisa membantu mengembalikan kembali kilau dan sinar alami dari matamu.

  • Taruh dua kantung teh celup bekas kedalam kulkas selama 30 menit.
  • Berbaringlah, dan letakkan kantung teh celup yang sudah didinginkkan tadi di kelopak mata yang tertutup.
  • Biarkan saja disana selama 10-15 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment