10 Penyebab Umum Kaki Bengkak

by Ummi on September 5, 2015

Kaki bengkak adalah kondisi kesehatan yang berkaitan dengan akumulasi berlebihan dari cairan yang ada di otot-otot kaki. Seseorang yang terkena masalah kaki bengkak mungkin juga menderita masalah peningkatan berat badan dengan cepat.

Dalam sebagian besar kasus, bengkak ini akan hilang dengan sendirinya setelah dalam beberapa hari. Meski begitu, kamu juga bisa mempercepat pengobatannya dengan menggunakan ramuan alami untuk mengobati kaki bengkak. Dan, jika masalah ini tak kunjung sembuh selama lebih dari seminggu, maka disarankan untuk mendatangi petugas medis untuk penanganan lebih lanjut. Dalam suatu waktu, kaki yang bengkak bisa disertai dengan nafas pendek atau kulit yang rusak. Jika kejadiannya seperti itu, maka sebaiknya jangan diabaikan dan segera dibawa ke dokter.

Kaki yang bengkak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan berikut akan kami ulas 10 penyebab paling umum dari kaki bengkak :

Berjalan atau duduk untuk waktu yang lama

Problem kaki bengkak ini sering terjadi pada seseorang yang telah berjalan atau berdiri dalam waktu yang lama. Duduk terus menerus dalam kendaraan juga bisa menyebabkan hal tersebut. Kondisi yang seperti itu sering dikaitkan dengan pembengkakan kaki yang ringan.

Kondisi cuaca

Bengkak ringan di kaki juga kerap terjadi selama bulan-bulan musim kemarau yang ekstrem.

Kondisi medis

Orang yang menderita gangguan kesehatan jantung, pembuluh darah, liver, atau ginjal juga sering diamati mengeluhkan tentang kaki yang bengkak.

Pola makan yang buruk

Orang yang menjalani diet yang tidak sehat biasanya terus menerus mengkonsumsi asupan karbohidrat dan garam yang berlebihan yang biasanya terdapat dalam makanan junk food dan makanan kalengan yang menjadi faktor penyebab kaki bengkak. Sehingga, mereka sering menghadapi masalah kaki bengkak.

Pil KB

Wanita yang meminum pil KB, biasanya juga mengeluhkan mengenai kaki yang bengkak.

Kehamilan

Wanita hamil normalnya juga mengalami kaki bengkak, terutama di bulan-bulan terakhir menjelang melahirkan. Peningkatan berat badan secara drastis pada wanita hamil, karena semakin berkembangnya janin yang ada dalam kandungan, memberikan tekanan pada kaki dan telapak kaki, sehingga konsekuensinya mengakibatkan  kaki bengkak.

Cidera otot

Orang yang menderita cidera di otot kaki alias terkilir, juga sering mengalami masalah bengkak di kaki. Kondisi yang seperti itu sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja dan harus segera dilaporkan ke dokter.

Reaksi alergi

Suatu waktu, seseorang bisa mengalami reaksi alergi yang bisa menyebabkan kakinya menjadi bengkak.

Trauma

Trauma juga menjadi salah satu penyebab signifikan dari kaki bengkak. Seseorang yang berada dalam kondisi traumatis seperti menjalani operasi di bagian kaki atau pergelangan kaki biasanya sering mengalami kaki bengkak.

Penyalahgunaan obat

Penyalahgunaan obat adalah kondisi yang parah dan biasanya juga menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang terkait dengannya, salah satunya adalah kaki bengkak.

Sebagian besar dari penyebab kaki bengkak diatas bisa dihindari dengan mudah, sehingga dapat mencegah masalah tersebut terjadi. Meskipun begitu, jika masalahnya tetap timbul, ada beberapa pilihan pengobatan yang akan memberikan bantuan yang berarti. Beberapa pengobatan diantaranya adalah, dengan mengurangi asupan garam, meninggalkan kebiasaan merokok dan minum alkohol, minum banyak air putih, olahraga secara teratur untuk meningktkan sirkulasi darah, memakai alas kaki yang pas ukurannya, meningkatkan aktivitas otot, serta menggunakan ramuan alami untuk mengatasi kaki bengkak seperti jahe dan ketumbar.

Dengan melakukan beberapa perawatan tersebut, bisa membantu mengurangi kaki bengkak tanpa harus menemui dokter. Namun, jika kaki bengkakmu tidak kunjung sembuh juga, maka disarankan untuk menemui tenaga medis untuk menghindari semakin memburuknya kondisi bengkak yang kamu alami.