10 Penyebab utama kadar kolesterol tinggi

by Ummi on February 6, 2014

Kadar kolesterol sebaiknya tetap seimbang agar tubuh bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sebab jika kadar kolesterol meningkat, maka akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah sehingga membahayakan kardiovaskular (kerja jantung). Beberapa pemicu dari kadar kolesterol yang tinggi adalah sebagai berikut:

10 Penyebab utama kadar kolesterol tinggi

1. Diet tidak sehat

Dengan sering mengkonsumsi lemak jenuh secara berlebihan, faktor terkena kolesterol tinggi semakin besar. Makanan-makanan yang menaganduk lemak jenuh di antaranya adalah keju, daging dan mentega. Secara otomatis jika kamu membatasi asupan lemak jenuh maka kadar kolesterol akan normal.

2. Faktor genetic (keturunan)

Faktor keturunan juga ikut andil dalam memengaruhi kolesterol tinggi. bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi sebaiknya berhati-hati dan waspada dengan selalu memeriksakan diri ke dokter atau di rumah dengan menggunakan alat untuk mendeteksi kadar kolesterol. Secara, pewaris gen kadar kolesterol tinggi sangat besar kemungkinan terserang penyakit kardiovaskular & stroke.

3. Obesitas (kegemukan)

Untuk yang satu ini, bisa dikatakan sebagai sumber dari beberapa penyakit. Termasuk masalah kolesterol tinggi. Untuk itu, segera atasi obesitas dengan cara tepat dan aman agar terhindar dari penyakit ini.

4. Malas (kurang gerak)

Apakah kamu biasa bersantai dengan duduk di depan layar televise atau komputer? Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan tersebut. Latihlah tubuh untuk bergerak. Karena malas gerak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

5. Merokok

Secara umum, merokok tidak baik bagi kesehatan. Untuk masalah kolesterol, merokok bisa menyebabkan turunnya kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

6. Usia dan jenis kelamin

Kadar kolesterol ternyata dapat meningkat seiring bertambahnya umur seseorang sejak menginjak usia 20 tahun. Peningkatan tersebut akan berjalan sampai usia 60-65 tahun. Pria lebih beresiko terkena kolesterol tinggi disbanding wanita. Sementara itu, wanita cenderung mengalami penurunan kadar kolesterol sebelum memasuki masa menopause. Namun kolesterol mereka kembali meningkat drastis setelah menopause.

7. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu ternyata bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat tertentu.

8. Alcohol

Konsumsi alkohol secara rutin dan berlebihan akan merusak hati, otot jantung, dan akhirnya memicu peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol.

9. Stress

Bila seseorang sedang stress, ia akan lebih dekat dengan rokok, minuman beralkohol dan mengkonsumsi makan yang tidak sehat. Jelas hal ini dapat memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

10. Penyakit

Beberapa penyakit tertentu seperti diabetes, juga memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh..