10 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kaki Bengkak

by Ummi on September 5, 2015

Sebenarnya, kaki bengkak bukanlah merupakan suatu penyakit, namun lebih kepada gejala dari penyakit yang tersembunyi dibaliknya. Biasanya, masalah ini muncul saat cairan terakumulasi didalam jaringan, menyebabkannya menjadi membengkak yang dalam istilah medis disebut dengan ‘edema’. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti kelebihan berat badan, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, penuaan, kehamilan, sindrom pra menstruasi, kekurangan gizi, kurang olahraga, dan sirkulasi darah yang buruk. Sebuah cidera atau operasi yang melibatkan kaki, pergelangan kaki, atau telapak kaki juga bisa membuat kakimu bengkak.

ramuan alami untuk kaki bengkak

Orang yang memiliki penyakit Diabetes, masalah jantung, penyakit liver atau ginjal, dan wanita hamil lebih cenderung terkena masalah ini. Saat pembengkakan semakin meningkat, hal itu bisa menyebabkan ketidaknyamanan menyeluruh dan membuat orang menjadi susah untuk berjalan atau berdiri. Gejala lain juga bisa meliputi rasa nyeri, peradangan, dan kemerahan di kaki.

Untungnya, ada beberapa tips dan ramuan yang efektif untuk menyembuhkan kaki bengkak di rumah, sehingga kamu bisa segera pulih dan kembali menikmati hari-harimu. Meski begitu, jika bengkaknya sangat menyakitkan, atau sering sekali terjadi, maka segera konsultasikan ke dokter. Ini bisa saja menjadi gejala dari masalah liver, ginjal, atau jantung yang harus cepat dirawat tepat pada waktunya. Berikut adalah 10 ramuan alami untuk mengobati kaki bengkak :

Contrast hydrotherapy

Salah satu jenis terapi air ini, yang menyertakan baik air dingin dan air hangat, sangat efektif untuk mengurangi bengkak di kaki. Sementara air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah, air dingin akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

  •  Penuhi 2 baskom untuk merendam kaki, satu dengan air dingin, dan yang satunya lagi dengan air hangat.
  • Rendam kakimu di baskom air hangat selama sekitar 3-4 menit.
  • Segera setelah itu letakkan kakimu di baskom air dingin selama 1 menit.
  • Lanjutkan secara bergantian selama 15-20 menit.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai kamu merasa mendingan.

Pemijatan

Pijat kaki adalah salah satu perawatan terbaik untuk kaki bengkak. Hal itu bisa menciptakan tekanan pada area yang terdampak yang bisa membantu melemaskan otot yang kaku dan meningkatkan sirkulasi. Selain itu juga bisa mendorong pelepasan cairan untuk mengurangi bengkak.

  • Gosokkan minyak zaitun atau minyak khusus pijat hangat ke atas area yang terdampak.
  • Perlahan pijat area tersebut selama 5 menit dalam gerakan maju ke depan, bukannya ke belakang. Hindari menerapkan terlalu banyak tekanan.
  • Lakukan hal ini beberapa kali sehari.

Catatan : waktu yang paling efektif untuk memijat kakimu adalah selama atau setelah mandi. Jika bengkaknya terjadi selama kehamilan, lebih baik minta terapis yang spesialis memijat wanita hamil agar lebih aman.

Garam Epsom (inggris)

Garam Epsom bekerja dengan cepat untuk mengurangi bengkak dan juga bisa membantu meredakan nyeri dan rasa tidak nyaman. Magnesium sulfat yang terkandung dalam garam inggris bisa diserap dengan mudah melalui kulit dan membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi bengkak. Itu juga bisa merilekskan otot yang kaku dan lelah dan bahkan bisa menetralisir bau kaki tak sedap.

  • Campur ½ cangkir garam Epsom dalam baskom untuk merendam kaki yang diisi dengan air hangat.
  • Rendam kakimu yang bengkak, selama 10-15 menit.
  • Ulangi lagi hingga 3 kali seminggu.

Jahe

Jahe merupakan diuretic (peluruh kencing) alami yang bisa membantu merawat kaki yang bengkak. Jahe akan membantu melarutkan sodium, faktor yang berkontribusi besar dibalik membengkaknya kaki. Selain itu, sifat anti inflamasinya juga membantu mengurangi bengkak.

  • Pijat kakimu yang bengkak dengan minyak jahe selama beberapa kali sehari.
  • Kamu juga bisa meminum 2-3 cangkir wedang jahe atau mengunyah irisan jahe yang mentah.

Daun dandelion

Sifat diuretic pada dandelion membantu tubuh untuk memetabolisme cairan ekstra, membuatnya menjadi ramuan yang ampuh untuk kaki yang bengkak. Menurut sebuah studi tahun 2009 yang terbit di Journal of Alternative and Complementary Medicine, dandeliom memiliki efek diuretic yang bisa membantu menyembuhkan retensi air. Dandelion juga membantu mengatur kadar sodium dalam tubuh.

  • Campur 1 sdt daun dandelion segar atau kering, didalam satu gelas air panas. Tutupi, dan seduh selama 5 menit, lalu saring. Minum teh herbal ini 2-3 kali sehari.
  • Kamu juga bisa meminum suplemen dandelion namun hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2