10 Tips Dasar Membersihkan Wajah

by Ummi on September 12, 2015

Sejak dulu kala, ritual membersihkan kulit sudah menjadi bagian terpenting dari rutinitas seputar perawatan wajah. Membersihkan wajah membantu kita menyingkirkan sel kulit mati, kotoran dan minyak, make-up, dan mencegah pori-pori kulit menjadi tersumbat. Membersihkan wajah juga membantu melancarkan sirkulasi darah dan mempersiapkan kulit untuk menerima nutrisi dan lemak saat menerapkan pelembab dan riasan.

tips membersihkan wajah

Orang banyak yang berasumsi bahwa membersihkan wajah telah menjadi tugas paling dasar dan gampang yang mana setiap orang sudah pasti bisa melakukannya bahkan saat seseorang sudah sangat lelah dan capek sekalipun. Dan kesalahan umum yang dilakukan saat mencuci wajah seperrti terlalu kasar saat menggosok wajah, terlalu sering mencuci wajah, dan yang lain justru bisa merusak kulit. Kontras dengan kepercayaan banyak orang yang sudah populer, bahwa cukup dengan menggunakan sabun dan air sudah bisa membersihkan wajah dengan benar, kini telah banyak tersedia pilihan pembersih wajah dengan menggunakan banyak sekali pilihan bahan mulai dari yang berbahan susu, teh, bahkan serbuk mutiara. Ada pula pembersih wajah yang berbentuk scrub, losion, foam, hingga minyak.

Dari sekian banyak produk pembersih yang beredar dipasaran, tentu kamu pasti bingung dengan produk mana yang paling cocok dan sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu. Untuk itu, berikut akan kami ulas secara lengkap tips dalam membersihkan wajah dengan benar dan tepat :

  • Untuk setiap jenis kulit apapun, membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari itu sudah cukup. Terlalu sering membersihkan wajah malah bisa menghilangkan minyak alami kulit yang sangat penting untuk menjaga kelembaban wajah. Meski begitu, jangan malas pula untuk membersihkan wajahmu, terutama di malam hari, karena bisa menyebabkan gangguan kulit.
  • Belilah cleanser alias pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulitmu. Jangan gunakan sabun mandi biasa untuk membersihkan wajah, karena justru bisa membuat kulit wajah kasar dan kering serta dapat merusak wajah seiring waktu berlalu. Jika kamu menggunakan cleanser yang bahannya terlalu kaya, juga bisa menyumbat pori-pori kulitmu. Menggunakan cleanser yang terlalu kering, bisa mengiritasi kulit. Solusinya, pilih cleanser yang berbasis minyak dan tanaman herba untuk membersihkan kulit wajah yang kering. Sedangkan cleanser yang bebas minyak (oil free) serta mengandung ekstrak tanaman penyeimbang produksi minyak atau brelabelkan ‘noncomedogenic’ sangat bagus bagi kulit verminyak. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih cleanser yang berbahan lembut, bebas parfum, dan tidak mengiritasi kulit (hypoallergenic).
  • Sebaiknya gunakan air yang hangat-hangat kuku untuk membersihkan wajah. Air yang panas bisa membuat kulit kering dan merusak kulit. Air yang dingin tidak bisa menghilangkan dan menyingkirkan minyak dan kotoran.
  • Jika kamu menggunakan kain lap atau spons khusus wajah, pastikan bahannya lembut dan juga bersih. Bagaimanapun juga, kain lap dan spons sejatinya tidak untuk membersihkan wajah, dan menggunakan ujung-ujung jarimu bisa melakukan tugas dengan lebih baik.
  • Sebelum membersihkan wajah, cuci dulu kedua tanganmu dengan benar. Juga, kenakan ikat kepala atau bando untuk menjaga rambut yang panjang agar tidak mengenai wajah.
  • Kamu sebaiknya memulai proses membersihkan wajah dengan menyiratkan air ke wajah dan leher terlebih dulu.
  • Letakkan cleanser ke ujung jari atau ke spon dan gunakan sapuan melingkar yang dimulai dari bawah lalu ke atas saat membersihkan wajah dan leher. Hindari untuk menggosok wajahmu terlalu kasar dan sering. Sapuan yang lembut bisa meningkatkan sirkulasi dan menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Menggosok terlalu berlebihan bisa meregangkan dan mengiritasi kulit, terutama di area kulit sekitar mata.
  • Gunakan pula air hangat-hangat kuku untuk membilas wajah, dan jangan lupa pula untuk membilas bagian tepi rambut dan leher. Setiap residu (sisa) dari pembersih yang tertinggal bisa menarik kotoran dan menyumbat pori-pori.
  • Lap sisa kelebihan air diwajah dengan menggunakan handuk bersih secara perlahan. Jangan pernah menyeret handuk pada kulit.
  • Setelah membersihkan wajah, gunakan toner berbahan dasar air dan segera lanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu yang bisa membantu mengunci kelembaban dan menyediakan nutrisi bagi kulit.