10 Vitamin Penting Bagi Wanita

by Ummi on April 7, 2016

Wanita zaman sekarang ini, sangat sadar akan kesehatan dan lebih memilih untuk mengikuti rencana diet yang sehat. Salah satu yang termasuk rencana diet sehat adalah dengan menyertakan kombinasi yang tepat dari vitamin. Wanita dari segala usia, berat badan dan tingkat aktivitas perlu mengkonsumsi berbagai macam vitamin untuk memiliki kesehatan yang optimal dan mencegah berbagai jenis masalah kesehatan.
vitamin untuk wanitaVitamin adalah senyawa organik yang membantu bagian tubuh yang berbeda agar bisa berfungsi dengan baik. Setiap vitamin yang berbeda akan melakukan fungsi tertentu. Kekurangan vitamin yang dibutuhkan dapat berkontribusi untuk beberapa masalah kesehatan yang serius. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mendapatkan vitamin dari makanan yang kamu makan atau, jika perlu, dari suplemen vitamin.

Berikut ini adalah 10 vitamin terbaik untuk wanita ;

  1. Vitamin A

Vitamin A mengandung sifat antioksidan. Perempuan dari segala usia membutuhkan vitamin A karena membantu dalam membangun dan memperkuat tulang, gigi, jaringan lunak, kulit dan selaput lendir. Vitamin A juga mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan penglihatan, memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang kaya akan vitamin A adalah wortel, melon, labu, aprikot, tomat, semangka, jambu biji, brokoli, kale, pepaya, buah persik, paprika merah, bayam, telur, hati, susu dan sereal yang diperkaya.

  1. Vitamin B2

Dikenal sebagai riboflavin, vitamin B2 sangat penting untuk kesehatan yang baik, pertumbuhan yang normal dan metabolisme. Ini membantu meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sekaligus mengurangi kesemutan dan mati rasa, kecemasan, stres dan kelelahan.

Kekurangan vitamin B2 dapat mempengaruhi metabolisme dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan fungsi saraf yang dapat menyebabkan mata dan lidah pucat, sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, rambut kering, keriput dan kulit gatal-gatal. Beberapa makanan yang kaya vitamin B2 adalah daging jeroan, keju, susu, yogurt, sayuran berdaun hijau, ragi, telur, sereal, biji-bijian, kedelai, almond, kacang-kacangan dan jamur.

     3. Vitamin B6

Vitamin B6, yang juga dikenal sebagai pyridoxine, adalah vitamin penting yang diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. vitamin khusus ini juga membantu tubuh memproduksi hormon dan bahan kimia otak, yang pada gilirannya membantu mengurangi depresi, penyakit jantung dan kehilangan memori. Vitamin B6 juga dapat membantu mengatur tingkat gula darahmu.

Wanita hamil bisa makan makanan dengan vitamin B6 untuk menyingkirkan morning sickness (mual-mual di pagi hari). Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Beberapa makanan terbaik untuk dosis yang sehat dari vitamin B6 adalah sereal yang diperkaya, alpukat, pisang, daging, kacang-kacangan, ikan, oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering.

  1. Vitamin B7

Vitamin B7, juga dikenal sebagai biotin, diperlukan untuk pertumbuhan sel dan sintesis asam lemak. Vitamin ini membuat kelenjar keringat, rambut dan kulit yang sehat. Bahkan, mendorong pertumbuhan rambut dan membantu mengobati kuku yang rapuh. Juga, vitamin B7 diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan sumsum tulang dan membantu menjaga kadar kolesterol normal. Meskipun kekurangan vitamin B7 sangat jarang terjadi tetapi maka dapat menyebabkan rambut rapuh, ruam, fungsi jantung yang abnormal, lesu, anemia, dan depresi ringan.

Beberapa pilihan makanan terbaik untuk mendapatkan vitamin B7 adalah ikan, ubi jalar, kacang almond, wortel, pisang, melon, buah-buahan berwarna kuning, sayuran berdaun hijau, kacang, beras merah, paprika, kuning telur, kedelai, oatmeal, susu, keju, yogurt dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin B9

Vitamin B9, juga dikenal sebagai asam folat, sangat penting bagi setiap wanita karena membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, Alzheimer, depresi, kanker dan kehilangan memori.

Vitamin B9 juga meningkatkan kesehatan otak dan fungsi sel dan meningkatkan kesuburan dan perkembangan janin selama kehamilan. Kekurangan asam folat alias vitamin B9 pada wanita hamil dapat menyebabkan cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Makanan kaya vitamin B9 termasuk sayuran berdaun hijau gelap, jus jeruk, asparagus, melon, stroberi, biji-bijian yang diperkaya, polong-polongan, kacang-kacangan, ragi bergizi dan telur.

 

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2