≡ Menu
werno-werno.com

12 Bahan Alami Untuk Obati Jerawat

Jika membahas masalah kulit yang satu ini, pasti tidak akan ada habisnya. Jerawat memang menjadi salah satu momok yang menyebalkan, terutama bagi kaum remaja. Siapa sih yang ingin wajah mulusnya dipenuhi dengan bintik-bintik jerawat? Kita mungkin pernah berdoa agar jerawat segera pergi saat kita masih di zaman sekolah dulu. Namun kebenarannya adalah, banyak orang dewasa yang juga masih tetap harus menghadapi masalah jerawat dari waktu ke waktu. Ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan jerawat. Begitu juga ada banyak obat yang tersedia di pasaran untuk mengobati jerawat.

obat jerawat alami

Namun sayangnya, terkadang jerawat justru muncul saat kita tidak memiliki persedian obat salep anti jerawat. Kamu tak perlu khawatir ! Ada banyak alternatif obat yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selain kamu bisa menggunakan bahan dapur untuk mengobati jerawat, berikut ini akan kami ulas beberapa bahan ramuan alami lainnya untuk mengatasi jerawat yang dihimpun dari keterangan para pakar kulit (dermatologis) berpengalaman yang bisa membantumu mengatasi masalah jerawat dengan mudah dan cepat :

Aspirin

Bahan aktif yang terdapat dalam aspirin salah satunya adalah asam salisilat, bahan kunci yang juga terdapat pada banyak produk salep jerawat. Kamu bisa menggerus satu pil aspirin dan mencampurnya dengan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini langsung ke atas jerawat menggunakan cotton bud dan biarkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Tea tree oil

Tea tree oil merupakan sebuah antiseptik dan anti inflamasi yang ringan. Taruh beberapa tetes minyak tea tree ke atas kapas lembut,  lalu oleskan secara perlahan diatas jerawatmu. Biarkan selama beberapa jam atau biarkan selama semalaman.

Es batu

Seperti halnya es batu mampu mengendalikan pembengkakan atau mengatasi pergelangan kaki yang terkilir, es batu juga bisa mengurangi peradangan di jerawat. Bungkus es batu kedalam kain bersih dan tahan diatas jerawat yang kamu derita selama beberapa menit. Ramuan ini akan menyempitkan pembuluh darah dan meredakan kemerahan dan bengkak jerawat.

Cuka sari apel

Gunakan cuka sari apel yang bermanfaat bagi kecantikan sebagai ramuan toner alami buatan sendiri dengan cara melarutkan satu bagian cuka sari apel dengan tiga atau empat bagian air (gunakan empat bagian jika kulitmu sensitif). Lalu, oleskan larutan ini ke seluruh wajahmu menggunakan bola kapas. Larutan ini akan mampu membunuh bakteri yang berada di permukaan kulit dan memberikan perawatan chemical peel yang ringan. Selain itu, cuka sari apel juga mengandung asam sitrat yang merupakan jenis alpha hydroxy acid yang banyak ditambahkan pada produk obat anti jerawat di pasaran.

Bawang putih

Kamu tidak akan pernah keliru jika menggunakan bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, yang akan membantu  saat dioleskan dipermukaan. Disamping itu, ada banyak penyakit yang bisa diobati dengan bawang putih. Bawang yang disertakan dalam menu makanan sangatlah menyehatkan, karena mengandung sifat anti kanker dan anti pengentalan darah. Bawang putih yang dihaluskan juga mengandung allicin, yang merupakan senyawa antibakteri. Untuk itu, haluskan beberapa siung bawang putih dan campur dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan ramuan ini lagsung ke atas jerawat, lalu basuh dengan air setelah 5 menit.

Putih telur

Putih telur merupakan rahasia kecantikan yang sudah digunakan sejak dulu kala. Kandungan protein dan vitamin yang terdapat dalam putih telur bisa membantu mengencangkan kulit dan menarik keluar minyak yang ada dalam kulit, sehingga dapat membantu membuka pori-pori dan mengurangi peradangan jerawat. Kamu tinggal balurkan putih telur diatas area wajah yang berjerawat dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

1 comment… add one

Leave a Comment