14 Trik Jenius Agar Buah & Sayur Tidak Cepat Membusuk

by Ummi on October 22, 2015

Buah-buahan dan sayuran memang sangat penting bagi kesehatan secara menyeluruh. Buah dan sayur merupakan sumber vitamin seperti vitamin C, A, B, dan E serta mineral seperti potasium, serat, protein, dan magnesium, serta kaya  antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Namun sayangnya, buah dan sayur memiliki tingkat kesegaran yang sebentar dan bisa cepat busuk. Agar buah dan sayur tidak lekas membusuk, simak beberapa tips untuk mengawetkan buah & sayur berikut ini :

cara menyimpan sayur agar tidak cepat busuk

Letakkan kertas tissue pada laci kulkas

Melapisi rak kulkas dengan beberapa lembar kertas tissue bisa menyerap kondensasi yang dihasilkan sayuran saat mereka berubah menjadi dingin. Kelebihan kelembaban bisa membuat makanan segar menjadi lebih cepat layu, sehingga kertas tisu membuat mereka tetap segar lebih lama. Dan hal itu bisa membuat kulkasmu tetap bersih tanpa harus melakukan usaha ekstra, karena kamu tidak perlu lagi repot-repot menghabiskan akhir pekanmu untuk membersihkan mentimun yang membusuk di kulkas.

Jangan pisahkan pisang dari tangkainya (dipreteli) sebelum dimakan

Kamu mungkin bisa saja lebih praktis dengan mengemas pisangmu ke dalam porsi satu per satu hari. Namun, trik sebenarnya untuk menghentikan mereka dari berubah menjadi coklat (istilah jawanya : ndalu) adalah dengan tetap mengutuhkannya bersama-sama dalam tandan selama mungkin. Bungkus tandan pisang dengan plastik wrap saat kamu membelinya pertama kali, dan hanya patahkan salah satunya saja saat kamu hendak memakannya. Hal ini akan memberikanmu tambahan tiga hingga lima hari kenikmatan pisang yang matang sempurna.

Letakkan sebuah apel ke dalam wadah untuk menyimpan kentang

Untuk mencegah kentang agar tidak muncul tunasnya, adalah dengan meletakkan sebuah apel dalam wadah untuk menyimpan kentang. Hal ini dikarenakan apel memproduksi gas ethylene, yang akan membuat kentang tetap segar dan tidak mengkerut, dan siap diolah menjadi apa saja selama lebih dari beberapa minggu ke depan.

Jauhkan buah apel dari jenis buah dan sayuran lainnya

Gas ethylene, mungkin bagus untuk mengawetkan kentang, namun itu buruk bagi hampir semua hal yang lain. Jaga apel menjauh dari mangkuk buah-buahan atau kantong plastik berisi buah-buahan di kulkas dan kamu akan menemukan bahwa buah dan sayur lain yang kamu beli akan lebih awet jadinya.

Cuci buah berries dalam larutan cuka

Kenyataannya, selain buah berries tergolong buah yang cukup mahal harganya, sayangnya termasuk juga buah yang paling cepat membusuk dan berjamur, maka kamu harus menyiasatinya agar bisa tetap tahan lama. Kamu bisa memperpanjang masa hidupnya dengan cara merendamnya dalam mangkuk berisi campuran 1 cup cuka putih dan 3 cup air sebelum kamu menaruhnya didalam kulkas. Cara ini akan membunuh spora jamur dan bakteri yang bisa membuat mereka cepat busuk. Hanya saja, pastikan pula kamu mengeringkannya dengan baik sebelum kamu simpan di kulkas.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2