15 Manfaat Penting Buah Rambutan

by Ummi on September 16, 2015

Siapa yang tak suka dengan buah mirip leci namun memiliki rambut seperti duri landak di kulitnya dan berasa manis ini? Rambutan yang memiliki nama ilmiah ‘Nephelium Lappaceumis’ ini adalah salah satu buah tereksotis di dunia. Buah asli Indonesia ini, jarang sekali ditemukan di luar negeri, dan tidak banyak penduduk dunia yang tahu. Meski begitu, kita patut berbangga, karena buah lokal Indonesia yang disebut ‘super fruit’ ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ingin tahu apa saja manfaat buah rambutan? Simak ulasannya berikut ini:

manfaat buah rambutan

Sumber zat besi

Rambutan sangat tinggi kandungan zat besinya. Tidak hanya bermanfaat, zat besi juga sangat penting bagi fungsi tubuh manusia. Zat besi yang terdapat pada hemoglobin digunakan tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan yang berbeda. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti animea, yang bisa mengakibatkan kelelahan dan pening yang parah.

Mengurangi lemak

Rambutan juga sangat efektif untuk mengurangi kandungan lemak didalam tubuh manusia. Hal ini dikarenakan karena buah rambutan memiliki kandungan serat yang tinggi (sekitar 2 gram serat tiap 100 gram buah), dan di samping itu juga rendah kalori serta tinggi kandungan airnya. Semua hal tersebut bisa mengurangi rasa lapar secara signifikan. Biji rambutan juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Untuk mengolahnya, tumbuk biji buah rambutan hingga halus dan campur dengan bahan makanan lain. Alternatif lain, kamu bisa memakan langsung biji buah rambutan.

Mengobati disentri

Kulit buah rambutan bisa digunakan untuk mengobati disentri. Kulitnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit kronis lain seperti demam kronis.

Membantu meningkatkan energi

Buah rambutan juga kaya karbohidrat dan protein sehingga bisa membantu memberikan peningkatan energi instan saat dikonsumsi. Kandungan airnya yang tinggi juga bisa membantu menghilangkan dahaga dan mengembalikan energi yang hilang. Jadi, rambutan sangat cocok bagi atlet lari dan atlet cabang olahraga lain berkat khasiat yang dimilikinya.

Regenerasi sel darah merah dan putih

Dari sekian banyak nutrisi yang dikandungnya, rambutan juga mengandung tembaga yang vital bagi produksi sel darah merah dan putih dalam tubuh kita. Rambutan juga mengandung mangan yang sangat esensial bagi tubuh kita untuk produksi enzyme dan pengaktifannya. Enzyme diperlukan untuk melaksanakan banyak fungsi dalam tubuh kita dan sering juga membawa biokimia penting dalam tubuh kita.

Bagus bagi kulit

Rambutan membantu dalam menghidrasi kulit dan membuatnya menjadi lembut dan kenyal seperti yang selalu kamu dambakan. Hal ini berkat kandungan airnya yang tinggi yang terdapat pada buah rambutan. Air akan membantu menghidrasi kulit, membantu kulit tetap halus dan lembut.

Memperkuat tulang

Manfaat lain dari buah ini adalah membantu dalam menguatkan tulang kita. Ini disebabkan adanya fakta bahwa rambutan kaya kalsium, fosfor, dan zat besi yang bisa membuat tulang kuat. Tulang yang lebih sehat bisa menyebabkan prtumbuhan yang stabil dan mengurangi peluang dari tulang rapuh dan penyakit tulang yang lain.

Membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit

Rambutan juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Secara teknis, jika kamu makan 10 hingga 12 buah rambutan, kamu akan mendapatkan sekitar 75-90 mg asam askorbik, dimana itu dua kali lipat dari jumlah yang disarankan dalam konsumsi harian. Manfaat utama dari vitamin C adalah menyediakan peningkatan imunitas dari berbagai infeksi (dengan membantu memperkuat mekanisme pertahanan tubuh).

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan, yang bisa mencegah kerusakan sel, dan membantu mencegah penyakit. Vitamin C dalam rambutan juga membantu penyerapan mineral, zat besi, dan tembaga. Selain itu, juga melendungi tubuh dari serangan radikal bebas.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2