4 Cara Efektif Mencegah Flu

by Ummi on January 10, 2015

‘Mencegah lebih baik daripada mengobati’, tentu kamu sering mendengar pepatah ini bukan? Di musim penghujan dan cuaca ekstrem seperti sekarang ini, yang namanya penyakit Flu tentu sudah biasa menjadi ‘langganan’. Bahkan orang yang tidak terkena gejala Flu, bisa tertular Flu dari orang lain. Agar kamu bisa mencegah dan menghindar dari serangan Flu, maka ikutilah 4 cara mudah untuk menghindari Flu berikut ini;

4 Cara Efektif Mencegah Flu

  1. Persiapkan tubuhmu

Kamu bisa menggunakan vaksin Flu. Namun, vaksin ini tidak bisa menjamin kalau kamu tidak akan terkena Flu. Penggunaan vaksin hanya akan mengurangi 60 % peluang terkena Flu. Selain vaksin, cobalah juga untuk rajin berolahraga selama minimal 30 menit setiap harinya. Karena, dengan melakukan aktivitas fisik bisa membantu menguatkan system kekebalan tubuh (imunitas). Sebuah studi menemukan bahwa orang yang aktif bergerak setiap harinya, lebih sedikit yang terserang demam dan Flu dibandingkan dengan orang yang tidak pernah olahraga. Lebih baik makanlah dalam porsi kecil tetapi sering daripada makan tiga kali dalam porsi banyak, karena jika tubuhmu mencerna makanan yang berat, maka tubuh akan kurang mampu mendukung system immune.

  1. Tetaplah jaga kebersihan rumah sebisa mungkin

Jagalah kebersihan dan higienitas ruangan di rumah dengan menggunakan desinfektan. Sediakan selalu kotak tisu di setiap kamar, dan dorong anggota keluarga lain untuk rajin mencuci tangan sebagai cara terbaik untuk mencegah penyebaran penyakit. Studi terbaru menemukan bahwa hanya 5 % responden yang mencuci tangannya dalam waktu yang cukup lama agar benar-benar mampu membunuh kuman. Idealnya, dibutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk mencuci tangan dengan sabun dan air agar aman dari kuman penyakit. Jangan lupa untuk segera membuang tisu yang sudah dipakai, karena virus bisa tetap hidup pada tisu ataupun area sekitarnya untuk waktu hingga 2 hari.

  1. Hati-hati dengan kuman yang menyusup

Menghirup udara yang terpapar virus peyakit, merupakan cara umum seseorang bisa terserang Flu, sedangkan menyentuh sesuatu yang mengandung banyak kuman dengan tanganmu seperti pegangan pintu mobil dan smartphone, lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut juga bisa menjadi penyebab Flu yang lain. Untuk itu, perhatikan benda-benda yang sering kamu pegang, tapi mudah terlupakan. Selalu bersihkan dan usap gagang pintu mobil serta setir mobil setiap seminggu sekali dengan desinfektan. Lakukan hal yang sama pada gagang pintu rumah. Kuman Flu bisa beterbangan hingga 6 kaki di udara dan hidup selama 2-8 jam pada permukaan yang keras. Jadi, singkirkan benda yang baru saja disentuh atau digunakan anggota keluarga yang sedang sakit karena hal tersebut sama buruknya dengan duduk disampingnya. Penuhi stok kotak obat dan tas mungilmu dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol dan gunakan di sepanjang hari.

  1. Rajin minum teh

Kondisi stress mungkin saja bisa menurunkan daya tahan tubuhmu, sehingga membuatmu semakin rentan sakit. Buat waktu santai meski hanya sebentar untuk menurunkan stress dengan membuat secangkir teh setiap hari. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga bisa membantu melawan stress. Baca juga; Gejala, penyebab dan cara alami obati flu.