4 Cara Untuk Memusnahkan Bintik Hitam Di Wajah

by Ummi on March 5, 2015

Kulit berbintik-bintik alias hyperpigmentasi merupakan pengembalian dari akibat selama bertahun-tahun menghabiskan waktu liburan di pantai dengan bermandikan matahari dan kurangnya pemakaian SPF. Semua yang diakibatkan oleh paparan sinar UV membuat produksi sel pigmen berwarna gelap menjadi tidak terkendali, sehingga menyebabkan kamu memiliki kulit wajah yang berbintik-bintik coklat.

cara ampuh menghilangkan bintik hitam di wajah

Ikuti beberapa tips berikut ini untuk menyembunyikan dan menyembuhkan bintik hitam secara simultan:

  1. Tutupi bintik-bintik hitam dengan concealer yang tepat

Warna peach bisa membantu menyamarkan warna coklat. Tutupi bintik-bintik coklat individual dengan concealer bernuansa peach sebelum menerapkan foundation. Gunakan kuas make up yang datar dan tipis untuk mengoleskannya, lalu tepuk-tepuk dengan jari untuk meratakannya. Setelah itu, lapisi dengan foundation.

  1. Atasi bintik-bintik hitam dengan krim pemutih

Hydroquinone merupakan satu-satunya bahan yang disetujui oleh FDA sebagai bahan pemutih pigmentasi. Untungnya, kamu bisa menemukan hingga 2 % kandungan hydroquinone di semua produk kosmetik pemutih yang dijual bebas di pasaran. Usapkan krim tersebut setiap hari, karena biasanya produk tersebut membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 8 bulan untuk memudarkan bintik-bintik gelap. Terkadang bisa sampai satu tahun. Pastikan kamu hanya mengoleskannya pada area yang berbintik gelap saja, dan jangan teruskan pemakaian saat bintik hitam sudah benar-benar mulai memudar. Ingin mempercepat prosesnya? Kamu bisa menanyakan ke ahli kecantikan kulit untuk mendapatkan eksfoliator OTC dengan kandungan asam glikolik atau bahan kimia pengelupas yang ringan agar hasilnya lebih cepat. Hanya ingat, janganlah pelit dalam menggunakan tabir surya berspektrum luas. Pancaran sinar UV pada produksi Melatonin, bisa menggagalkan manfaat dari hydroquinone tersebut.

  1. Jangan lupakan perawatan secara menyeluruh

Produksi melanin melibatkan beberapa tahap, dan semakin banyak cara yang kamu gunakan untuk mengahalanginya, maka semakin lebih baik. Jadi, pertimbangkan pula untuk menggunakan bahan pencerah yang bebas hydroquinone ke wajahmu untuk peningkatan tambahan. Pencerah ini juga bisa berhasil jika kamu mencoba menggunakan pendekatan lain yang bebas bahan kimia. Bahan-bahan pencerah alami yang bisa kamu diantaranya adalah : kedelai, vitamin C, teh hijau, asam salisilat, arbutin, dan asam glikolik.

  1. Pertimbangkan untuk menonjolkan prosuder yang mewah

Jika kamu bersedia untuk mengeluarkan biaya ebih, perawatan dengan sinar laser atau Intense Pulsed Light (IPL) bisa memberikan hasil yang lebih cepat daripada pengunaan krim. Perawatan ini membutuhkan biaya sekitar $800 dolar untuk sesi 5 menit, karena hanya butuh beberapa menit untuk memecahkan melanin di setiap lokasi. Mungkin hal ini dapat menyebabkan terbentuknya kudis atau kemerahan pada wajah, namun pasti bisa rontok dan hilang dalam beberapa hari.