4 Produk Kecantikan Yang Tak Boleh Dilewatkan Setelah Usia 40 Tahun

by Ummi on October 20, 2015

Setiap manusia akan mengalami proses penuaan, dan begitu juga dengan kulit kita. Seiring bertambahnya usia, kulit tidak akan sama seperti saat kita masih muda dulu. Jika waktu muda, kulit terasa lembut dan kenyal, maka akan lain ceritanya saat kita sudah berusia diatas 40 tahun. Itulah sebabnya, kita perlu melakukan perawatan wajah sesuai dengan golongan usia.produk kecantikan untuk wanita usia 40 tahun

 

Merawat kulit dengan lebih baik setelah kamu berusia 40 tahun, memang tidak bisa dinegosiasikan lagi. Seiring usia, produksi kolagen dan elastin dalam kulit, akan semakin berkurang, dan proses pergantian dan peremajaan kulit akan semakin melambat. Itu semua berarti bahwa kulitmu akan semakin rentan terhadapa kerusakan, dan garis halus, kerutan, serta noda akibat sengatan matahari bisa muncul dengan mudah.

Jadi, jika kamu tidak mengambil tindakan perawatan yang tepat, tampilan kulitmu akan menjadi bertambah buruk. Maka dari itu, berikut akan kami ulas tentang 4 produk esensial kulit yang sangat kamu perlukan jika usiamu sudah memasuki kepala empat :

 Tabir surya (sun screen)

 Mengapa ini sangat penting ?

Paparan sinar matahari adalah penyebab nomer satu dari penuaan dini. Sinar UV akan mempercepat pembentukan garis halus, kerutan, dan noda wajah, dan yang lebih buruknya lagi adalah, kerusakan akibat sinar matahari juga bisa menghambat kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Jadi, penting bagi kita menggunakan SPF untuk melindungi kulit kita dari pengaruh penuaan yang ditimbulkan matahari dan juga kanker kulit.

Khusus untuk usia 40 keatas :

Hati-hatilah dalam memilih tabir surya untuk golongan usiamu. Seiring usia, kulit kita akan menjadi lebih sensitif. Untuk itu, carilah formulasi SPF 30 fisikal (bukan kimiawi) yang mengandung bahan aktif seperti zinc oksida dan titanium dioksida. Tabir surya jenis ini memiliki kandungan bahan kimia yang lebih sedikit, dan cenderung tidak begitu mengiritasi.

Cara penggunaan :

Gunakan tabir surya ini setelah kamu membersihkan wajah dan mengoleskan serum atau losion. Ini sebaiknya menjadi produk perawatan kulit terakhir yang kamu kenakan sebelum menerapkan makeup.

Retinol

Mengapa ini sangat penting ?

Banyak pakar kulit setuju, bahwa tidak ada lagi pembalik usia di sekitar yang lebih kuat daripada Retinol. Inilah yang terjadi saat kamu tidak menggunakan retinol :

Produksi kolagenmu akan melambat, dan pertumbuhan sel kulit baru akan berkurang, sehingga menghasilkan kulit yang lebih tipis, kendur, dan berkerut yang tidak bisa memancarkan cahaya seperti yang dilakukannya saat masih lembut dan kencang, sehingga juga terlihat lebih kusam. Retinol berfungsi untuk merangsang dan mengembalikan lagi produksi kolagen dan pergantian sel untuk tetap menjaga kulitmu kenyal dari tahun ke tahun, sehingga bisa mengendalikan munculnya tanda penuaan dini.

Khusus untuk usia 40 tahun keatas :

Jika kamu baru pertama kali mencoba Retinol, lebih baik belilah dulu produk yang mengandung retinol yang banyak dijual bebas di toko kosmetik setiap dua malam sekali. Produk tersebut akan lebih lembut dibandingkan dengan retinol kuat yang diresepkan oleh dokter kulit, namun sudah cukup ampuh untuk bisa membuat perbedaan dalam kulitmu.

Jika selama ini kamu sudah menggunakan retinol cukup lama, atau kamu merasakan taraf tanpa kemajuan dalam peningkatan kulitmu, maka kini saatnya kamu menemui dokter kulit untuk memberikan versi retinol yang diresepkan (yang lebih kuat). Semua tergantung kulitmu, karena bisa membutuhkan waktu antara mulai hanya beberapa bulan hingga beberapa tahun untuk bisa melihat hasilnya.

Cara penggunaan :

Di malam hari, setelah kamu mencuci wajahmu, oleskan dulu krim Retinol sebelum kamu mengoleskan night cream (krim malam).

Serum kaya antioksidan

Mengapa ini sangat penting ?

Radikal bebas, yang datang dari sinar UV dan polusi, bisa merusak DNA sel kulit, sehingga membuat kulit segera tampak lebih tua. Antioksidan akan membantu memblok kerusakan akibat datangnya kekacauan dalam selmu, sehingga kulitmu bisa tetap cerah dan muda.

Khusus untuk usia 40 tahun keatas :

Cerdaslah saat kamu menerapkannya. Serum kaya antioksidan akan melembutkan dengan paling baik pada saat pagi hari, karena kamu akan rentan terkena radikal bebas saat matahari sudah bersinar. Tedaldi, seorang pakar kulit di Amerika menyarankan untuk khususnya memilih serum dengan ekstrak teh hijau bagi wanita yang sudah berusia diatas 30 tahun.

Cara penggunaan :

Terapkan setiap pagi segera setelah kamu membersihkan wajahmu.

Pelembab

Mengapa ini sangat penting ?

Kelenjar minyak dalam kulitmu akan berkurang seiring bertambahnya usia, sehingga kulitmu akan mempertahankan lebih sedikit kelembaban, dan bukannya tampak lembut dan merekah, namun kulitmu justru cenderung kendur dan membentuk garis halus dan kerutan.

Khusus untuk usia 40 tahun keatas :

Pada usia 20an, kulitmu memiliki kelembaban yang lebih alami, sehingga kamu masih bisa untuk melewatkan pemakaian pelembab suatu waktu. Namun sekarang, kamu perlu memakai pelembab secara teratur dan sesuai jadwal, dan pastikan kamu memilih pelembab yang mengandung asam hyaluronik, gliserin, peptida, atau ceramide yang kesemuanya akan membantu kulitmu mempertahankan kelembaban dan sementara waktu membuat kulit sintal, sehingga kulit bisa terlihat muda secara instan.

Cara penggunaan :

Gunakan pelembab ini setiap siang dan malam, setelah menggunakan serum dan obat (karena teksturnya lebih tebal).