5 Bahan Pencahar Alami Untuk Obati Sembelit

by Ummi on September 6, 2015

Laksatif atau pencahar adalah bahan yang bisa membantu untuk melunakkan tinja dan melancarkan buang air besar. Mereka biasanya direkomendasikan untuk mencegah dan mengatasi konstipasi alias sembelit secara alami. Biasanya, laksatif alami merupakan produk makanan yang mengandung jumlah air dan serat yang cukup banyak. Berikut adalah 5 bahan laksatif alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati konstipasi :

ramuan pencahar alami

Aloe vera (lidah buaya)

Jel (lendir) aloe vera memiliki khasiat laksatif yang luar biasa. Faktanya, lateks kering dari lapisan dalam daun lidah buaya merupakan salah satu bahan utama dalam obat pencahar oral. Khasiat pencahar ini membantu pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Disamping itu, jel aloe vera juga mengandung lebih dari 75 nutrisi termasuk mineral, vitamin, asam amino, fitonutrien, enzyme, dan tentunya air untuk mengobati konstipasi.

  • Tambahkan 2 sdm jel aloe vera ke dalam segelas air putih atau jus buah-buahan dan campur dalam blender.
  • Minum saat perut masih kosong di pagi hari.

Pepaya

Buah pepaya begitu juga jus pepaya, memiliki khasiat laksatif yang hebat. Buah bermanfaat ini juga mengandung enzyme yang disebut ‘papain’ yang membantu mencerna protein di usus besar.

Faktanya, bermanfaat sekali untuk mengkonsumsi buah pepaya setelah memakan makanan tinggi protein untuk membantu proses pencernaan. Ditambah lagi, pepaya juga memiliki kandungan air dan lemak tak larut yang tinggi, serta kaya nutrisi seperti vitamin A, C dan E.

  • Makanlah ½ buah pepaya matang setiap hari dipagi hari untuk melancarkan pencernaan.
  • Kamu juga bisa meminum jus pepaya secara teratur.

Apel

Apel kaya akan serat pencernaan yang akan membantu melunakkan tinja. Apel juga mengandung Pektin, yang bisa merangsang buang air besar dan menambah ukuran besar tinjamu. Dan untuk merawat konstipasi, pastikan kamu hanya memakan apel organik.

  • Makan 1-2 apel setiap hari untuk menjaga sistem pencernaanmu tetap berjalan lancar. Pastikan kamu memakannya beserta kulitnya.
  • Kamu juga bisa meminum ekstrak jus apel setiap hari.

Pir

Buah pir juga termasuk sumber sorbitol alami yang baik, yakni bahan laksatif alami yang sudah terkenal yang bekerja dengan cara menarik air ke usus. Buah ini juga merupakan sumber serat yang kaya yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur buang air besar.

  • Makanlah 1-2 buah pir organik setiap hari.
  • Kamu juga bisa meminum segelas jus buah pir yang kamu buat sendiri di rumah.

Psyllium

Sekam Psyllium, yang diperoleh dari biji tanaman ovata plantago, adalah salah satu pencahar alami yang sangat baik. Bahkan, psyllium menjadi salah satu bahan utama dalam banyak obat pencahar yang dijual bebas dipasaran. Psyllium mengandung serat yang tidak larut yang membantu tinja untuk menyerap air dalam usus sehingga membuat pergerakan ususmu lebih lancar. Plus, bahan ini juga baik untuk kesehatan pencernaanmu secara keseluruhan dan bahkan bisa mencegah perut kembung.

  • Campur ½ sdt sekam Psyllium dalam segelas air hangat atau susu. Secara bertahap, tingkatkan dosisnya hingga 1 / 2 sdt per gelasnya.
  • Minum ramuan ini sebelum tidur.
  • Ulangi setiap hari untuk melancarkan buang air besar.

Selain dari bahan diatas, masih ada banyak bahan pencahar alami lain yang bisa kamu gunakan, seperti prune (buah plum kering), kismis kering, flax seed, dan buah fig.