5 Cara Agar Tetap Fit Selama Ramadan

by Ummi on June 11, 2015

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, dan banyak orang antusias untuk menyambutnya. Namun, di saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, tentu dibutuhkan strategi khusus supaya kita tetap fit dan bugar selama menjalani puasa. Saat seseorang berpuasa, metabolisme mereka akan menurun, membuatnya berpotensi untuk lebih sulit dalam menurunkan berat badan.

tips agar tetap fit selama bulan puasa

Jadi, buang semua harapanmu untuk bisa menurunkan berat badan di bulan suci ini, karena justru tubuh kita akan semakin lemas dan loyo sehingga tidak bisa membakar lemak dan kalori secara optimal. Apakah kamu ingin menjadikan kondisimu di bulan Ramadhan ini tetap fit dan sehat? Maka ikutilah 5 tips untuk Ramadhan sehat berikut ini!

1. Berpedomanlah pada pilihan makanan yang sehat saat waktu berbuka
Apakah kamu seharian ini memimpikan untuk bisa makan ayam goreng crispy, burger keju lezat, atau es krim cokelat nikmat setelah matahari terbenam nanti? Lupakan semua itu! Meski kamu pikir kamu berhak mendapatkan sajian yang tinggi kalori dan makanan yang serba enak setelah hampir seharian berpuasa, namun hal itu justru akan lebih menyakiti tubuhmu daripada memperlakukannya dengan baik. Saat waktu berbuka tiba, kamu pasti merasa lapar, haus dan mungkin akan siap menyantap setiap makanan yang ada di depan mata. Namun dengan berpegang pada makanan yang sehat, adalah salah satu cara paling efektif untuk tetap fit di bulan ramadhan.

2. Kendalikan porsi makanmu
Bukankah puasa Ramadhan itu berkaitan dengan pengendalian diri? Betul? Memaksa dirimu untuk menerima ukuran porsi manakan yang lebih kecil pada piringmu akan menjadi sarana untuk mewujudkan sikap pengendalian diri dan cara makan yang lebih sehat. Hal ini juga akan membantumu menghindari kondisi perut yang kekenyangan setelah sholat maghrib sehingga menyebabkan dirimu tidak kuat untuk beranjak dari sofa untuk melaksanakan sholat isyak dan tarawih.

3. Berusaha tetap terhidrasi
Meski dalam kondisi puasa atau tidak, kamu harus tetap dianjurkan untuk meminum 8-10 gelas air per hari. Dan meski saat kamu berpuasa seharian, tubuhmu akan terus mengeluarkan banyak cairan. Jadi, pastikan untuk minum banyak air sebelum fajar dan setelah matahari terbenam agar tetap terhidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, kram otot dan bahkan pingsan. Jadi ingatlah untuk tetap berusaha mencukupi cairan tubuhmu selama Ramadhan. Hal ini juga akan membantumu untuk menekan hasratmu untuk mengkonsumsi junk food dan minuman bersoda.

4. Pertahankan rutinitas olahragamu
Atau, jika kamu tidak terbiasa olahraga, maka mulailah untuk berolahraga. Namun, jangan melakukan olahraga berat yang menguras energi saat berpuasa. Cobalah lakukan latihan kardio dan kekuatan selama waktu di luar puasa, misalnya saja setelah tarawih. Tapi ingat, untuk selalu terhidrasi selama waktu olahraga ini.

5. Jangan lewatkan sahur
Dengan makan sahur, akan membantu mengurangi rasa lelah, kurang bertenaga dan hasrat ngemil selama melakukan puasa. Kamu hanya perlu untuk makan sahur yang terdiri dari makanan bergizi seimbang, yang menyertakan makanan sumber gula, lemak, karbohidrat dan protein ke dalam sarapan pagi butamu.