5 Cara Sederhana Untuk Menghilangkan Pewarna / Cat Rambut

by Ummi on August 11, 2015

Saat ini, mewarnai rambut sendiri menjadi sebuah trend dikalangan remaja dan orang dewasa. Tidak hanya kita bisa mengekspreikan diri, namun pewarnaan rambut juga bisa mempercantik dan memberi perubahan drastis pada penampilan kita. Namun, melakukan pewarnaan atau pengecatan rambut tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Terkadang, warna rambut yang baru ternyata tidak cocok dengan warna kulit dan wajah kita, atau kamu kurang begitu suka dengan hasil warnanya.

Memang, menghilangkan pewarna rambut tak semudah saat kita menerapkannya. Tapi jangan khawatir! Kamu tidak selalu harus pergi ke salon mahal untuk menghilangkan pewarna rambut. Kamu bisa melakukan sendiri penghilangan warna rambut yang tidak kamu inginkan di rumah dengan menggunakan metode yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat. Yang kamu perlukan hanyalah untuk memastikan bahwa kamu tahu betul jenis rambutmu dan memilih metode yang akan memberikan kerusakan terkecil pada rambutmu. Kamu juga harus ingat untuk menggunakan kondisioner setelah melakukan perawatan ini agar menjaga rambutmu tetap halus dan lembut. Dengan mengikuti beberapa tips berikut ini, kamu bisa langsung menghilangkan pewarna rambutmu dengan mudah. Jadi, lain kali saat kamu ingin mengganti warna rambut yang baru, atau kamu tidak suka dengan warnanya, kamu tinggal mencoba menerapkan salah satu tips berikut ini :

cara mudah menghilangkan pewarna rambut

1. Bleach

Metode bleaching merupakan metode yang paling umum digunakan untuk menghilangkan cat rambut, namun sekaligus merupakan metode paling keras. Berhubung bleaching bisa merusak rambutmu, maka sebaiknya jadikan ini sebagai pilihan terakhir jika sebelumnya kamu tidak mendapatkan hasil memuaskan dari metode-metode yang lain. Serahkan pula proses bleaching kepada pakar rambut professional guna meminimalisir munculnya efek yang tidak diinginkan. Melakukan bleaching pada rambut yang sudah diperterang warnanya, bisa menyebabkan kerusakan rambut yang parah. Namun begitu, bleaching merupakan cara yang efektif saat kamu perlu menghilangkan pewarna rambut yang permanen.

2. Shampoo anti ketombe

Jika kamu belum tahu, ternyata shampoo anti ketombe adalah pilihan yang bagus saat kamu ingin menghilangkan cat rambut. Ia akan berhasil dengan baik pada pewarna rambut yang semi permanen, namun dengan catatan kamu harus mencuci rambutmu beberapa kali dengan shampoo ini sebelum kamu bisa melihat hasilnya. Penting juga untuk selalu menggunakan kondisioner rambut setelah kamu menggunakan metode ini karena shampoo anti ketombe bisa membuat rambutmu lumayan kering.

3. Perawatan Vitamin C

Metode ini juga cukup berhasil pada pewarna rambut yang semi permanen. Yang cukup kamu lakuakan adalah mencampur tablet vitamin C effervescent (tablet yang berbuih)  dengan shampoo. Yang kamu perlukan 1-2 tablet yang masing-masing sebesar 1.000 mg. Kamu juga bisa menggunakan 1 atau 2 gram serbuk vitamin C. Campur tablet vitamin C yang sudah digerus dengan shampoo dan terapkan pada rambut. Pastikan kamu juga mencakup setiap helai rambut. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas.

4. Mandi air garam

Yap! Kamu bisa menggunakan mandi air garam yang mengandung natrium bicarbonate dan garam Epsom untuk menghilangkan warna rambut yang tidak diingnkan. Caranya, rendam rambutmu kedalam bak mandi yang berisi larutan garam ini, lalu diamkan untuk waktu selama mungkin. Jika rambutmu mengandung banyak zat pewarna, maka kamu pasti bisa melihat pewarna rambut yang merembes keluar. Ini merupakan cara yang mudah dan terjangkau untuk menghilangkan pewarna rambut yang tidak kamu inginkan.

5. Penghilang warna (color remover)

Produk ini sudah banyak tersedia di toko-toko kosmetik atau salon terkemuka dan sangat baik untuk menghilangkan pewarna rambut yang permanen. Ada dua jenis color remover, yakni color reducer (pengurang warna), dan color stripper (pengelupas warna). Color reducer lebih baik dibanding dengan color stripper karena hanya sedikit merusak rambut. Disisi lain, color stripper bekerja seperti halnya bleach, jadi akan lebih baik jika tidak menggunakannya. Saat kamu menggunakan color reducer, patikan kalau warna rambut aslimu tidak ikut tercampur dan hanya pewarna rambutnya saja yang dihilangkan. Pastikan pula kamu mengikuti instruksi yang diberikan produsen dengan seksama.