5 hal yang harus diketahui sebelum memotong rambut

by Ummi on January 15, 2015

Memiliki potongan rambut yang keren bisa memberikan perubahan besar dalam kehidupanmu. Tidak hanya dapat memusnahkan seluruh hari-hari rambut burukmu, namun potongan rambut barumu bisa melesatkan rasa percaya dirimu, membuatmu merasa bisa memiliki dunia selama beberapa minggu ke depan. Di sisi lain, memiliki potongan rambut yang salah membuatmu merasa ingin menangis selama beberapa hari semenjak hari dimana kamu pergi ke salon. Agar kamu tidak merasa kecewa di kemudian hari, perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum kamu benar-benar melakukan potong rambut:

5 tips yang harus diketahui sebelum memotong rambut

  1. ketahui bentuk wajahmu

Sebelum memotong rambut sesuai bentuk wajah, tentunya kamu harus tahu bentuk wajahmu. Maka kamu akan bisa memahami potongan rambut model apa yang akan terlihat paling pas untukmu. Kenali bentuk wajahmu dengan mengecek rahang. Jika tulang rahangmu lebih melebar kea rah samping, maka kamu punya bentuk wajah kotak. Jika rahangmu membulat mulai dari dagu hingga ke telinga, kamu punya wajah bulat. Jika dagumu agak meruncing dan rahangmu sedikit naik ke sudut tersebut, maka wajahmu berbentuk lonjong (oval). Dan jika dagumu adalah bagian teruncing dari wajahmu, dan rahangmu membelok kea rah tersebut, maka kamu punya bentuk wajah hati. Setelah itu, gambar bentuk wajahmu di atas kertas kosong. Tujuan utamamu adalah agar wajahmu terlihat lebih oval, bentuk wajah yang paling bagus. Jadi, setelah kamu menggambar bentuk lingkaran, hati, atau kotak, maka gambar pula gaya rambut yang kamu inginkan ke dalam gambar bentuk wajah tersebut. Dan lihatlah apakah itu akan membuat wajahmu tampak lebih lonjong di bagian tengah atau tidak. Jika iya, maka potongan tersebut cocok untuk wajahmu. Jika wajahmu memang asli oval, maka selamat! Kamu bisa gunakan model rambut apa saja yang kamu inginkan.

  1. ketahui tekstur ranbutmu

jika rambutmu bertekstur kasar dan keriting, kamu tidak bisa menggunakan model rambut yang biasa digunakan untuk orang berambut lurus. Sebaliknya, jika rambutmu tipis dan halus, maka jangan harap kamu bisa mendapatkan potongan rambut bervolume dan bertekstur seperti yang dimiliki Beyonce. Maka dari itu, pilih model rambut seseorang yang tekstur rambutnya hamper sama dengan rambutmu. Lalu, tunjukkan ke piñata rambut langgananmu.

  1. berharaplah yang realistis

saat kamu terinspirasi dengan sebuah potongan rambut yang dimiliki seorang selebritis, maka ketahuilah bahwa tatanan rambut yang dimiliki selebriti pujaanmu sebenarnya penuh dengan sambungan (ekstensi) dan dia memiliki piñata rambut professional yang selalu siap bekerja berjam-jam demi menata rambutnya, dan tidak akan ada seorangpun yang mau mengikutimu ke mana saja kamu pergi dengan membawa sebuah kipas angin. Jadi, realistislah saat kamu akan memasuki salon. Bicaralah pada piñata rambutmu, tentang potongan rambut yang mungkin bisa diterapkan untukmu daripada harus menggunakan ekstensi. Dan potonglah rambutmu dengan model yang sekira bisa kamu rawat sendiri, dan memperoleh sebuah model rambut yang akan tertiup angin dengan sempurna saat kamu berjalan di luar.

  1. pertimbangkan gaya hidupmu

jika kamu tahu kamu tidak akan punya banyak waktu untuk merawat rambutmu, maka pertimbangkanlah hal tersebut dan carilah gaya rambut yang akan masih terlihat bagus meski kamu hanya melakukan keramas lalu pergi. Jika kamu termasuk orang yang memasukkan penataan rambut ke dalam jadwal rutinmu, maka kamu bisa mencari model rambut yang lebih memerlukan perawatan ekstra.

  1. pastikan kamu benar-benar siap untuk potong rambut

tentu jika itu hanya menipiskan rambut, maka tidak akan ada masalah besar. Namun, saat kamu memangkas rambutmu hingga sepanjang 12 inchi, maka tidak akan ada perekat yang bisa mengembalikannya ke tempat semula. Jadi, jika kamu punya rambut super panjang hingga di bawah patudara, tapi kamu mempertimbangkan untuk memotongnya dalam model bob atau bahkan pixie, maka piker-pikir lagi selama sebulan sebelum kamu membuat keputusan spontan. Jika hal itu seperti masalah yang akan hanya kamu pikirkan saat menjelang atau bangun tidur, maka kamu sudah siap..