5 Makanan Berlemak Yang Justru Membuatmu Kurus

by Ummi on August 5, 2015

Kamu bukanlah tampak seperti apa yang kamu makan. Karena, jika kamu seperti apa yang kamu makan, lalu orang yang makan banyak hot dog dan humburger akan tampak seperti dinding otot yang solid. Sedangkan orang yang suka makan spaghetti akan seperti lidi dan bebas lemak, dan orang yang banyak makan lemak pasti gendut seperti timbunan lemak? Tentu tidak bukan???

makanan yang mengandung lemak baik

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa memakan lemak tidak sepenuhnya bisa membuatmu gemuk. Seperti yang telah kita ketahui, ada beberapa jenis lemak. Yakni lemak jenuh, lemak tak jenuh (tunggal dan ganda), dan lemak trans. memakan makanan yang mengandung jenis lemak yang jahatlah (lemak trans dan lemak jenuh) yang akan membuatmu gemuk. Sedang memakan lemak yang baik (lemak tak jenuh) justru bisa melakukan hal yang sebaliknya, yakni bisa membuatmu sehat dengan menahan nafsu makan, memangkas beberapa kalori, meningkatkan metabolisme, dan membantumu membakar lemak.
Ingin tahu makanan berlemak apa sajakah yang lezat, namun justru bisa membantu menurunkan berat badan? Simak ulasannya berikut ini :

1. Daging sapi yang diberi makan rerumputan

Memang, harga daging sapi yang hanya diberi makan rumput agak lebih mahal. Namun, dagingnya yang memiliki rasio lemak baik yang lebih tinggi, membuatnya sepadan dengan harga yang harus dikeluarkan. Sebuah studi di Nutrtition Journal menemukan bahwa daging sapi yang diberi makan rumput mengandung kadar asam lemak Omega-3  yang lebih tinggi, yang terkenal mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Dan saat berkaitan dengan lingkar pinggangmu, daging ini secara alami lebih rendah lemak dan memiliki kalori yang lebih sedikit daripada daging sapi biasa. Pertimbangkan hal ini : steak daging sapi biasa seberat 7 ons, dan sudah dihilangkan gajihnya, mengandung 386 kalori dan 16 gram lemak. Namun, 7 ons steak aging sapi yang hanya diberi makan rumput, hanya mengandung 234 kalori dan 5 gram lemak. Bayangkan, kamu bisa menghemat lebih dari 150 kalori dan rasa steakmu akan bertambah enak.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan zat pelawan kanker, Polifenol, dan lemak tak jenuh tunggal penguat jantung. Dan jika kamu ingin terlihat kurus, minyak zaitun juga didukung beberapa fakta yang kuat untuk membantumu mencapai hal tersebut. Studi terbaru dari jurnal Obesity menemukan bahwa diet yang kaya minyak zaitun akan menghasilkan kadar adiponectin yang lebih tinggi dibanding dengan diet tinggi karbohidrat atau tinggi protein. Adiponectin adalah hormon yang bertanggungjawab untuk menghancurkan lemak dalam tubuh. Dan semakin banyak kamu memiliki hormon ini, maka cenderung semakin rendah pula tingkat Indeks Massa Tubuhmu. Rauplah manfaatnya dengan menjadikan minyak zaitun sebagai pilihan minyak untuk memasak atau sebagai dressing dan saus salad.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2