5 Penyakit Musim Hujan

by Siti Eka Kurniyati on November 30, 2015

Musim hujan sudah mulai datang. Air genangan dan jalanan becek mulai menjadi pemandangan umum di jalanan. Musim hujan memang membawa berkah sendiri, terutama bagi para petani. Tapi, kadang musim hujan juga bisa mimicu timbulnya beberapa bibit penyakit.

cara mencegah penyakit musim hujanAir hujan yang menggenang bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypty, juga hawa dingin yang membuat tubuh rentan terhadap suatu penyakit. Sebenarnya apa saja penyakit musim hujan yang patut kita waspadai? Simak ulasannya berikut ini.

Demam Berdarah Dengue (DBD)

Pasien DBD di musim penghujan dipastikan meningkat setiap tahunnya. Penyebab penyakit ini adalah virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegipty. Penyakit ini akan menyerang system pembekuan darah dengan ditandai turunnya jumlah kadar trombosit dalam darah. Tapi kenapa deman berdarah dengue merebak di musim penghujan saja? Itu karena nyamuk yang menjadi lantaran penyebaran virus penyakit ini bisa berkembang biak secara leluasa di genangan air hujan yang bening. Pemerintah sejak dulu sudah mensosialisasikan pencegahan penyakit DBD dengan melakukan 3M yaitu menguras, mengubur dan menutup. Menguras penampung air bersih kamu minimal seminggu sekali, mengubur barang-barang bekas yang sudah tak layak pakai yang kemungkinan bisa menampung air hujan, menutup penampung air bersih milikmu agar nyamuk tidak bisa bertelur di dalamnya.

Diare

Banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dan buruknya saluran air bisa menyebabkan penyakit yang satu ini merebak dengan cepat. Sebab, air kotor yang menggenang saat banjir akan menempel pada tubuh atau perabot yang ada dirumah, ini akan mempermudah kuman dan bakteri menyebar. Untuk mencegahnya, jangan gunakan air banjir untuk mencuci perabotan dapur dan cucilah tangan dengan sabun saat ingin makan. Jangan jajan sembarangan di pinggir jalan juga jika kamu tidak tau jaminan kebersihan makanan tersebut. (baca : cara mengobati diare)

Tifus

Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri bernama salmonella yang banyak terdapat pada air kotor. Sama seperti pencegahan pada diare, kamu harus menjaga kebersihan lingkunganmu, dan pastikan kehigienisan makanan yang akan kamu konsumsi.

Flu

Flu merupakan penyakit ringan yang tidak bisa dianggap sepele karena bisa memicu penyakit yang lainnya. Gejala penyakit ini adalah demam tetapi penderita akan merasakan dingin pada tubuhnya, batuk yang kadang disertai pilek dan turunnya nafsu makan. Kamu bisa menghindari penyakit ini dengan menjaga kebersihan dan tidak sembarangan jajan. Serta jangan terlalu menyentuh hidung atau mulut dengan tangan, gunakanlah sapu tangan atau tissue untuk mengelap mulut atau hidungmu saat kotor. (baca : cara mengobati flu)

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

ISPA bukan hanya bisa menyerang karena udara kotor saja, tapi juga udara lembab saat musim hujan. Cara mencegahnya adalah menjaga kesehatan dan banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C istirahat yang cukup.

Itu dia 5 penyakit musim penghujan yang perlu kamu waspadai dan cegah sejak dini. Yang terpenting adalah kamu tetap menjaga kesehatan tubuhmu dengan rutin berolahraga dan menjaga kebersihan lingkungan supaya terhindar 5 penyakit yang datang saat musim hujan di atas.