≡ Menu
werno-werno.com

5 Penyebab dan 10 Gejala Kekurangan Asam Folat

Setelah kamu tahu fungsi dan sumber dari Asam Folat, maka kamu juga perlu mewaspadai penyebab dan gejala dari kekurangan Asam Folat. Sebenarnya, kekurangan Asam Folat bisa didiagnosa dengan mudah melalui tes darah yang sederhana. Tes kadar Asam Folat ini biasanya direkomendasikan bagi wanita hamil selama pemeriksaan kandungan.

gejala kekurangan asam folat

Beberapa komplikasi parah bisa terjadi akibat kekurangan Asam Folat, yang berperan penting untuk produksi normal dari sel darah merah. Kekurangan Asam Folat yang parah bisa menyebabkan animea megaloblastik. Hal itu juga bisa menyebabkan penurunan jumlah sel darah putih, dan trombosit. Janin juga mungkin bisa menderita cacat serius di bagian otak dan sum-sum tulang belakang akibat kurangnya asupan asam folat. Untuk itu, kenali penyebab dan gejala kekurangan Asam Folat pada ulasan berikut ini:

Penyebab Kekurangan Asam Folat

1. Diet tidak sehat
Penyebab utama kekurangan asam folaat adalah diet yang tidak seimbang, yang menyertakan jumlah sayuran dan buah-buahan segar yang sedikit. Selain itu, proses memasak yang terlalu lama juga bisa menghancurkan kandungan asam folat.
2. Penyakit
Penyakit seperti penyakit Crohn dan Celiac juga bisa mempengaruhi penyerapan Asam Folat dalam saluran pencernaan sehingga bisa menyebabkan kekurangan Asam Folat.
3. Efek samping pengobatan tertentu
Beberapa jenis obat seperti sulfasalazine, phenytoin, trimethropim-sulfa methoxazole telah terbukti bisa menyebabkan kekurangan Asam Folat.
4. Konsumsi alkohol berlebihan
Alkohol juga terbukti bisa mengganggu penyerapan Asam Folat. Alkohol bisa meningkatkan sekresi (pengeluaran) Asam Folat melalui urin.
5. Pil KB
Beberapa penelitian mengungkap bahwa pil KB juga bisa mengganggu penyerapan Asam Folat dari makanan.

Gejala Kekurangan Asam Folat

Kekurangan Asam Folat umumnya bisa ditemukan dalam sejumlah individu, dan terkadang menyebabkan gejala yang tidak terlalu kentara. Beberapa gejala umum dari Asam Folat adalah :
Kelelahan dan kecapekan, sariawan, luka di dinding lambung, lidah bengkak, rambut beruban, pertumbuhan yang kurang optimal dan kehilangan selera makan. Selain itu juga bisa berupa kulit yang pucat, diare dan konstipasi, lidah yang sakit serta berwarna merah dan iritasi.

Untuk mencegah dan mengatasi terjadinya kekurangan Asam Folat, maka diperlukan adanya pemakaian suplemen dan asupan sumber Asam Folat yang cukup. Batasi pula jumlah konsumsi alkohol dan rajin mengkonsumsi makanna yang tinggi Asam Folat.

0 comments… add one

Leave a Comment