5 Penyebab Kulit Kering

by Ummi on August 18, 2015

Jika kulitmu terasa kaku, gatal, dan meradang, atau bahkan hingga mengelupas dan pecah-pecah, itu mungkin karena kulit kering adalah penyebabanya. Kulit kering adalah masalah kulit yang umumnya seringkali berdampak pada bagian lengan, pinggul, perut bagian samping, dan panggul. Namun, mengapa hal ini bisa saja terjadi? Berikut adalah beberapa penyebab mengapa kulitmu bisa menjadi kering dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit keringmu;

penyebab kulit kering

Terlalu sering mandi atau mencuci wajah dan tangan

Terlalu sering membersihkan diri selalu menjadi problem tersendiri, terutama pada bagian tangan. Orang yang terlalu sering mencuci tangannya, akan mengalami kulit kering atau bahkan dermatitis tangan, karena disebabkan faktor air dan sabun. Maka itu, disarankan untuk mengurangi jumlah paparanmu terhadap sabun dengan menggunakan sarung tangan saat kamu bekerja dengan hal-hal yang basah, seperti saat kamu memasak dan mencuci piring. Saat kamu membersihkan tanganmu, hindari menggunakan sabun yang berbahan keras (seperti sabun yang berlabelkan ‘antiseptic’ atau ‘antibakterial’. Pastikan untuk menggunakan mouisturizer setelah selesai mencuci tangan. Mandi air panas atau mandi di shower juga bisa membuat kulitmu kering. Jadi, kurangilah suhu airnya, atau kurangi waktumu berada dibawah guyuran air. Atau kamu bisa mencoba menggunakan minyak khusus mandi atau body oil dan produk kulit kaya pelembab yang lain yang akan melembabkan kulit kering.

Udara cuaca dingin yang kering

Saat musim peralihan dari kemarau ke penghujan atau sebaliknya, biasanya cuaca akan menjadi sangat dingin. Pada masa-masa tersebut, kondisinya bisa menjadi brutal bagi kulitmu. Diluar ruangan, angin yang kencang bisa membuat kulit kering. Kunci untuk memerangi cuaca buruk seperti itu adalah, dengan tetap menjaga kelembaban kulit dan memakai baju tertutup sebisa mungkin. Sebaiknya, ganti body losionmu dengan pelembab yang lebih berat dengan kandungan shea butter atau bahan oklusif yang lain.

Penuaan

Kulit yang mulai menua perlu ekstra pertolongan saat berkaitan dengan masalah menghindari kekeringan. Cobalah menggunakan pelembab anti-aging, yang biasanya lebih kaya nutrisi dan menawarkan manfaat tambahan bagi kulit. Serum anti aging, yang memiliki tekstur cair, bisa meremajakan kembali kulit yang menua dengan cara membantu memperbaiki DNA yang rusak, menghilangkan radikal bebas, serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin (keduanya adalah serat yang membuat kulitmu tetap kuat dan lentur). Sebaiknya, mulailah menggunakan serum tersebut saat memasuki usia 40-an.

Obat-obatan

Meski sangat berkhasiat untuk melawan jerawat, namun sebagian obat anti-acne  juga bisa menyebabkan kulit mengering.  Untuk itu, sertailah dengan penggunaan pelembab, guna mengimbangi pemakaian obat jerawat  untuk menjaga kulitmu tetap terhidrasi.

Kondisi kulit yang lain

Jiks kulit keringmu tetap tidak kunjung hilang,  dan kamu menduga bahwa kamu menderita penyakit gangguan kulit seperti eksim atau psoriasis, maka segera periksakan kondisimu tersebut ke dokter spesialis kulit. Ada banyak jenis terapi kulit yang bisa dicoba untuk membantu mengatasinya termasuk obat steroid oles,  dan obat-obatan oral.