5 Tanda Kamu Mengalami Kekacauan Hormon

by Ummi on October 15, 2015

Sebagai wanita, hormon kita akan mendifinisikan siapa kita sebenarnya. Irama dari hormon kita bisa mendikte suasana hati kita, energi, kecantikan, dan kesehatan kita secara umum. Kamu bisa merasakan lelah, marah, sedih, dan gembira hanya tergantung dari kadar hormonmu. Namun sayangnya, peran hormon dalam kesehatan wanita sering kali dipandang sebelah mata, sehingga kamu sebagai wanita tetap merasa bingung dengan apa yang terjadi dalam tubuh kita. Dengarkan tentang apa yang bisa dikatakan oleh kondisi tubuhmu dan anggaplah bahwa itu bisa saja menjadi pertanda bahwa tubuhmu sedang mengalami kekacauan hormon:

tanda hormon tidak seimbang

1. Kelelahan

Dengan kondisi dimana semua orang sibuk dan terburu-buru dengan semua yang ada disekitarnya, perasaan “lelah” sepertinya bisa menjadi cara yang diterima dalam kehidupan. Meski begitu, merasa lelah, bisa menjadi pertanda adanya perubahan dalam kadar hormonmu. Banyak wanita yang menggambarkan rasa lelahnya dalam cara yang berbeda-beda. “Aku tidak bisa bangun dari tempat tidur di pagi hari”, dan “Aku tiba-tiba terjatuh sore tadi”, merupakan keluhan umum yang dilaporkan oleh mereka.

Kesimpulannya : jika kamu menyadari adanya perubahan dalam tingkat energimu dan kamu tiba-tiba merasa lelah, maka jangan sepelekan hal tersebut. Segera periksakan kadar hormonmu. Hormon tyroid, insulin, estrogen, progesteron, dan adrenalmu semuanya bisa terlibat dalam menyebabkan kelelahan.

2. Insomnia (tidak bisa tidur)

Bagi beberapa orang, kelelahan juga bisa dikaitkan dengan perubahan dari siklus tidur. Hormon bertugas mengatur pola tidur seseorang, dan banyak wanita berperang melawan gangguan tidur yang datang seiring perubahan level hormon. Kadar progesteron yang rendah, telah diketahui menjadi pemicu insomnia di waktu jam 3 dini hari rendah bisa bertanggung jawab atas sering bolak baliknya ke kamar kecil dan berkeringat di malam hari yang bisa mengganggu tidur malam yang nyenyak. Tidak kunjung juga memejamkan mata adalah pertanda bahwa ini waktunya untuk mengevaluasi kembali hormonmu.

3. Mudah marah & tersinggung

Jika orang yang kamu kasihi menyadari adanya perubahan dalam suasana hatimu, itu mungkin lebih dari sekedar hari yang buruk di tempat kerja atau kemacetan lalu lintas yang parah yang telah membuatmu merasa lekas marah. Sebaliknya, itu bisa saja menjadi akibat dari perubahan pergeseran hormon, bahkan itu bisa mengubah wanita yang paling pemarah sekalipun menjadi monster yang berteriak-teriak. Banyak wanita yang merasakan adanya perubahan dalam suasan hati mereka yang secara langsung berkolerasi dengan titik tertentu dalam siklus menstruasi mereka. Menangis dan mudah tersinggung selama masa Premenstrual belum tentu adalah kecemasan atau depresi, tetapi akibat ketidakseimbangan hormon yang tidak diobati.

4. Rambut rontok

Rambutmu bisa menuturkan tentang kisah hormonmu. Perubahan dalam kepadatan dan tekstur rambut, yang dibarengi dengan rambut rontok, merupakan indikator dari gangguan hormon. Penipisan di mahkota kepala bisa menjadi pertanda gangguan hormon tyroid, sementara penipisan rambut di bagian pelipis sering terjadi akibat rendahnya kadar progesteron dan estrogen. Jika kamu menyadari setiap helai rambutmu mulai menipis, kamu mungkin memiliki terlalu banyak hormon androgen, atau hormon DHT dalam sistemmu.

5. Kenaikan berat badan

Sementara semua wanita sedang berkonsentrasi mengenai masalah berat badannnya, perubahan berat badan secara mendadak adalah kunci lain dari pertanda adanya kekacauan hormon. Kenaikan berat badan di bagian perut atau lengan bisa menjadi pertanda dari resistensi insulin. Payudarayang semakin bertambah besar sering dikaitkan dengan kadar estrogen, dan kenaikan berat badan di bagian paha dan pinggul bisa saja terkait dengan hormon tyroidmu.

Mempelajari untuk menghubungkan hormon dengan kondisi kesehatanmu bisa membantumu tetap bersemangat, energetik, dan sehat. Jika kamu menderita salah satu dari beberapa gejala ini, maka segera konsultasikan ke dokter dan periksakan kadar hormonmu.