5 Tips Memilih Pelembab Wajah Yang Tepat

by Ummi on August 12, 2015

Para pakar kesehatan kulit selalu merekomendasikan untuk menggunakan pelembab wajah setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Membersihkan atau mencuci wajah dengan perlahan, bisa menghilangkan sel kulit mati, kotoran dan bakteri, namun juga bisa mengelupas kelembaban alami kulit. Disinilah peran pelembab wajah sangat penting. Air dalam kulit, berfungsi untuk menjaga kulitmu tetap halus dan kenyal. Dan saat dimana kulit kering kehilangan daya elastisitasnya, membuatnya menjadi cenderung mengalami kerutan. Pelembab wajah, yang biasanya menggunakan bahan berbasis lemak, akan mengunci  air tadi dan bekerja dengan dua cara, baik dengan menghalangi air untuk melarikan diri dari lapisan terluar kulit atau menarik air dari lapisan terdalam dermis, naik ke lapisan atas kulit.

cara meilih pelembab wajah yang tepat

Menguasai bagaimana cara kerja pelembab wajah, merupakan separuh hal mudah yang perlu kamu ketahui. Contohnya saja, akan lebih baik menerapkan pelembab ke atas kulit yang masih dalam kondisi basah, dan sebaiknya tidak hanya digunakan pada seluruh bagian wajah saja, namun juga hingga ke leher. Namun, memilih produk pelembab wajah yang tepat bisa menjadikan frustasi seperti halnya saat kamu menemukan jerawat yang muncul sebelum acara penting. Saat ini saja, ada puluhan bahkan ratusan produk pelembab wajah yang beredar dipasaran. Produk manakah yang akan cocok untukmu??? Dan berhubung pelembab akan tetap bertahan di kulit untuk waktu yang cukup lama , memilih pelembab yang salah bisa menyebabkan pori-pori tersumbat, dan bahkan memicu iritasi kulit. Maka dari itu, untuk menghindari munculnya jerawat yang tak diinginkan dan pembelian produk perawatan kulit yang berlebihan dan sia-sia, ikuti 5 tips memilih pelembab wajah harian yang tepat berikut ini :

Ketahui jenis kulitmu

Sebelum kamu memulai mencari pelembab wajah yang tepat, kamu perlu tahu terlebih dulu mengenai jenis kulitmu. Misalnya saja, selama seharian, apakah wajahmu cenderung tetap kering, atau mulai mengkilap dan berminyak? Apa kamu memiliki garis halus atau warna kulitmu tidak merata? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantumu menentukan jenis atau tipe kulitmu.

Kulit telah dikelompokkan kedalam 16 jenis kulit yang berbeda, berdasarkan empat kategori yang mendasar, yakni :

  • Kering atau berminyak
  • Warna merata atau tidak merata
  • Keriput atau kencang
  • Sensitif atau tahan banting (resisten)

Mengetahui kulitmu masuk kedalam jenis kulit yang mana,  akan membuatmu lebih mudah untuk memilih perawatan wajah yang tepat sesuai jenis kulit. Seringkali, perusahaan perawatan kulit akan memberi label losion wajah sesuai dengan masing-masing jenis kulit.

Bagi kamu yang berkulit normal, sebaiknya pilih produk pelembab yang tidak berminyak, berbahan dasar air, dengan bahan yang berasal dari silikon. Jika kulitmu kering, produk yang berbahan dasar minyak yang lebih berat, dengan kandungan mineral oil dan gliserin akan lebih sesuai untukmu.

Jangan terkecoh dengan harga

Dalam industri perawatan kulit, kamu tidak selalu mendapatkan hal yang setara dengan harga yang harus kamu bayar. Tonik wajah seharga ratusan ribu yang menjanjikan kulit yang bercahaya, bebas kerutan dan noda, mungkin bisa saja hanya menimbulkan munculnya jerawat. Jadi, lebih baik perhatikan pada daftar bahannya, bukan pada label harganya. Jika kamu memiliki kulit sensitif, carilah produk yang bebas pewangi dan bebas minyak. Bagi yang memiliki wajah berminyak, perhatikan pada produk pelembab yang memiliki formula ‘non comedogenic’ atau ‘nonacnegenic’. Dengan meneliti dan memperhatikan bahan-bahan yang tepat untuk kulit wajahmu, kamu bahkan bisa menemukan produk pelembab dengan harga terjangkau yang menawarkan kombinasi bahan yang tepat.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2