5 Tips Yang Harus Diingat Saat Membeli Gadget Via Online

by Ummi on August 16, 2015

Saat ini, perkembangan teknologi telekomunikasi semakin berkembang pesat. Dengan maraknya beragam jenis dan merek gadget yang bermunculan di pasaran, membuat kita semakin bingung dalam menentukan pilihan. Kalau dulu, jika kita hendak membeli handphone, laptop baru harus pergi ke counter dan gerai handphone, sekarang zaman sudah berubah. Dengan semakin maraknya toko online yang tersedia, kita bisa melakukan pembelian gadget terbaru cukup lewat internet, tanpa harus beranjak dari tempat duduk, dan tinggal menunggu barang pesanan dikirim ke rumnah.

tips membeli gadget online

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli gadget terbaru dengan fitur terkini, kamu simak dulu 5 tips membeli gadget lewat online berikut ini agar nanti tidak kecewa dan salah pilih ;

1. Periksa dulu ulasan produk dan komentar konsumen dari situs gadget

Biasanya iklan produk gadget di toko online bisa sangat menggoda para penggemar gadget untuk segera membelinya. Namun, tak peduli semenarik apapun penawarannya, jangan terburu-buru dulu untuk membelinya. Selalu periksa dan teliti dulu mengenai ulasan produk dan komentar dari para penggunanya di website. Dengan informasi lengkap yang diberikan situs khusus gadget mengenai ulasan produk dan komentar dari para konsumen, kamu bisa dengan cepat menemukan apakah performa dan kinerja asli dari gadget tersebut sama seperti yang diiklankan.

2. Simak ulasan spesifikasi gadget

Dengan teknologi yang terus mengalami perubahan dan peningkatan, saat ini tak ada hal yang lebih penting daripada melihat ulasan spesifikasi gadget yang kamu inginkan sebelum membelinya. Periksa tentang desain, prosesor, RAM, kamera, dan aplikasi unggulan dari gadget tersebut. Cari gadget yang memiliki fitur dan spesifikasi yang terkini dan terbaru. Tunggu beberapa waktu untuk memastikan bahwa produk gadget tersebut memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki, agar kamu tidak menyesal nantinya.

3. Bandingkan harga gadget tersebut dengan harga di toko online yang lain

Selalu bandingkan harga yang ditawarkan sebuah toko online dengan yang lainnya. Namun, jangan perhatikan pada harganya saja, namun juga pada ongkos pengiriman, syarat pengembalian barang, dan garansi yang ditawarkan. Siapa tahu kamu menemukan meski ada toko online yang menawarkan harga murah, namun ongkos kirimnya mahal, syarat pengembalian barangnya terlalu ketat, dan garansinya terbatas.

4. Hati-hati terhadap penipuan

Saat ini, banyak penipu online yang memanfaatkan para pecinta gadget dengan memberikan iming-iming harga murah, karena harga gadget relatif mahal. Mereka biasanya menawarkan harga super miring dibanding harga aslinya. Biasanya, yang menjadi sasaran adalah para pembeli awam yang belum begitu menguasai masalah teknologi. Untuk memastikan bahwa kamu tidak menjadi korban penipuan online, ikuti beberapa tips berikut ini :

  •  Belanjalah gadget hanya pada toko online yang sudah terbukti reputasinya dan sudah banyak memiliki ulasan dari para konsumen, menyediakan customer service, dan memiliki syarat & kebijakan toko yang jelas, serta info kontak yang bisa dihubungi.
  •  Hati-hatilah terhadap situs yang tidak mencantumkan info kontak yang jelas atau hanya memiliki satu jalur kontak untuk kontak konsumen (seperti alamat email atau  P.O. Box saja), atau situs yang tidak memiliki jenis riwayat online apapun.
  • Biasanya, para penipu menggunakan salinan bukti pengiriman yang dibentuk hampir sama seperti milik situs terkenal yang sah untuk menjebak para pembelinya. Atau sering menarik pengunjung ke situsnya melalui iklan pop-up. Jika kamu tertarik dengan iklan pop-up untuk gadget, jangan klik langsung link-nya, lebih baik gunakan kata kunci untuk mencari info gadget yang kamu maksud dan lihat hasil yang ditampilkan oleh browsermu.

5.  Pilihlah agen jasa pengiriman yang kompeten dan berasuransi

Meski kebanyakan pengiriman lewat online bisa sampai di tujuan dengan aman, namun saat kamu membeli gadget via online, yang notabene merupakan barang yang terbuat dari komponen yang rawan dan rumit, atau harganya mahal, maka yang terbaik adalah mencari agen jasa pengiriman yang diasuransikan. Dan sekali lagi, kamu harus teliti dalam membaca kebijakan pengiriman barang. Karena, beberapa toko online yang menjual gadget mahal, biasanya tidak mau mengganti barang yang rusak selama pengiriman, dan pembeli tidak memilih jasa pengiriman yang diasuransikan.