≡ Menu
werno-werno.com

6 Cara Menghentikan Kecanduan Makanan Manis

Siapa yang tak suka dengan makanan manis seperti cake, donat, coklat, permen, brownies, kukis, atau makanan manis yang lain. Ada banyak alasan mengapa kamu harus menghindari yang namanya gula. Mulai dari lonjakan berat badan, tingginya kadar glukosa dalam darah (resiko diabetes), kolesterol, merusak kulit, menyebabkan munculnya kerutan, dan masih banyak yang lainnya.

stop makanan manis

Justru inilah yang sangat sulit dihindari. Gula sangatlah membuat orang kecanduan dan kebanyakan dari kita sudah terjebak dalam hal ini semenjak kita masih kecil. Membuat keputusan untuk berhenti terlalu banyak makan gula adalah suatu langkah awal yang sangat panjang dan berat. Untuk membantumu menghentikan kecanduanmu akan gula, berikut akan kami ulas mengenai 6 Cara menghentikan kecanduan terhadap gula :

1. Lakukan saat ini juga

Jangan rencanakn untuk melakukannya besok, lusa, atau nanti. Cukup mulai saja sekarang juga. Karena, nanti pasti akan muncul alasan penundaan yang lain. Memang kita sudah tahu, banyak orang yang ingin berhenti, namun mereka masih menundanya dengan berbagai alasan, seperti “Nanti akan ada acara makan-makan, dan tentunya ada banyak makanan manis,” atau “Aku akan menunggu setelah hari Valentine usai” dan masih banyak alasan yang lain.

Berhenti sekarang juga! Karena faktanya, pasti akan selalu ada lagi alasan yang lain. Kamu hanya perlu melakukannya dan lakukan sekarang juga untuk menghentikan kecanduanmu akan gula dan makanan manis. Pergi ke rak dapur, ambil sereal pelangi atau cake kesukaanmu, dan buang ke tempat sampah karena kamu tidak memerlukannya lagi. Karena jika tidak, seterusnya kamu tidak akan membuangnya bukan?

2. Baca pada label makanan (pada setiap hal)

Selalu lakukan untuk membaca label makanan, tak peduli seberapa amannya makanan yang kamu beli itu menurut perkiraanmu. Kamu pikir ingin membeli saus tomat merek baru yang barus saja dikatakan temanmu? baca dulu label makanannya. Atau ada resep menu makanan baru yang memuat bahan baku yang belum pernah kamu dengar sebelumnya? Baca dulu labelnya. Atau ada merek makanan baru yang tidak biasa kamu beli sedangan melakukan promosi dan kamu mendapatkan kupon diskonnya? Eits tunggu dulu! Baca dulu labelnya.

Mungkin ini sedikit aneh dan tidak masuk akal, karena kamu akan selalu mengulangi membaca setiap label makanan kemasan. Namun, memainkan permainan ‘Detektif Label’ ini akan memberi banyak manfaat untukmu. Setelah kamu jago melakukannya (bisa membacanya dari bawah ke atas, samping kiri ke kanan, dan bahkan dengan menutup mata dalam hitungan beberapa detik), kamu akan terbiasa mengetahui bahwa banyak dari makanan tersebut ternyata mengandung gula tersembunyi yang bebahaya.

3. Luangkan waktu untuk mencari makanan pengganti

Tulis daftar bealanjaanmu yang biasanya, namun beri jarak agar kamu bisa memberi catatan diantara garisnya. Pada saat kamu punya banyak waktu luang, dan saat kamu berbelanja, praktekkan trik nomer 2, yakni mainkan ‘Detektif Label’ dengan daftar belanjaanmu.

Saat kamu menemukan sesuatu yang rutin kamu beli ternyata menyembunyikan banyak kandungan gula, maka silang makanan tersebut. Telusuri rak-rak makanan di sekitarnya dan temukan makanan pengganti yang lulus inspeksi (kandungan gulanya sedikit) lalu tulis dibawah item yang kamu silang. Setelah kamu selesai, gantung daftar tersebut dan gunakan sebagai referensi untuk acara belanjamu berikutnya.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

0 comments… add one

Leave a Comment