6 Cara Terbaik Untuk Memaksimalkan Gizi Makananmu

by Ummi on February 4, 2015

Mendapatkan lebih banyak gizi ke dalam dietmu bukan berarti harus mengandalkan pada suplemen dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan mahal yang bergizi. Bagaimana caramu makan dan caramu memasak, juga bisa membuat perbedaan. Untuk itu, simak 6 cara untuk memaksimalkan gizi dalam dietmu berikut ini:

cara memaksimalkan penyerapan gizi

  1. Mendapatkan lebih banyak zat besi

Zat besi bisa membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, yang akan membantumu terlindungi dari rasa lelah dan letih. Zat besi akan diserap lebih baik oleh tubuh jika bersamaan dengan vitamin C. Cara lezat untuk mendapatkan keduanya adalah : Sajikan spaghetti dengan saus daging. Daging menyediakan zat besi, sedangkan tomat dalam saus menyuplai vitamin C.

  1. Mendapatkan lebih banyak vitamin yang mudah larut dalam air

Proses memasak bisa menghilangkan kadar vitamin yang mudah larut dalam air dalam suatu makanan, karena vitamin tersebut sangat sensitif terhadap panas dan air. Untuk itu, disarankan merebus sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi, dan brokoli dalam waktu yang relatif cepat serta dengan paparan air yang minimal. Plus, jangan menambahkan minyak apapun saat proses merebus karena akan menambah ekstra kalori.

  1. Mendapatkan lebih banyak vitamin yang larut dalam lemak

Suatu saat kamu makan salad, maka jangan melewatkan pada saus dressingnya. Mengatakan tidak pada saus dressing, berarti kamu akan  melewatkan lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membuka keuntungan dari vitamin yang mudah larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K dalam sayuran hijau. Tapi tentu saja, tambahkan dressing dalam jumlah yang wajar.

  1. Mendapatkan lebih banyak vitamin C

Vitamin yang sangat bermanfaat ini benar-benar sensitif terhadap air dan paparan udara. Untuk mencegah hilangnya kandungan gizi, maka disarankan agar menjaga makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, buah berries, dan paprika merah agar tetap dalam kondisi utuh, tidak dikupas, dan tidak di cuci sampai kamu benar-benar siap untuk memakannya. Membeli strawberry beku juga merupakan salah satu strategi yang cerdas. Vitamin C yang diawetkan dalam buah beku ( karena dibekukan pada saat panen), tidak akan kehilangan nutrisinya selama proses pengangkutan dan penyimpanan.

  1. Mendapatkan lebih banyak Likopen

Beberapa penelitian menduga bahwa antioksidan ini (Likopen), terutama yang melimpah dalam produk tomat kalengan seperti saus dan pasta, mungkin dapat mengurangi insiden penyakit kanker dan penyakit kardiovaskular. Lalu, bagaimana caramu memastikan kamu mendapatkan likopen terbaik? Pasangkan mereka dengan sedikit lemak sehat untuk meningkatkan penyerapan optimal. Contohnya, cobalah membuat pasta atau spaghetti dengan atasan saus tomat yang mengandung sedikit minyak zaitun. Jika minyak zaitun tidak tercantum dalam bahan baku saus yang kamu punya, maka cukup percikkan sedikit minyak zaitun di atas pasta bikinanmu.

  1. Mendapatkan lebih banyak kalsium

Kalsium sangat krusial untuk mempertahankan tulang dan gigimu tetap berada dalam kondisi puncak. Mineral ini memerankan peran penting dalam menjaga kerangka tubuhmu di antara fungsi-fungsinya yang lain. Namun, kalsium tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa bantuan dari vitamin D, yang akan membantu tubuhmu menyerap kalsium. Vitamin D bisa ditemukan pada yogurt dan susu yang diperkaya, beserta dengan salmon dan telur. Namun, sangat sulit untuk memenuhi kebutuhanmu hanya mengandalkan dari makanan saja. Kebanyakan ahli merekomendasikan 1000-2000 IUs setiap harinya. Untuk mencapai jumlah tersebut,  kamu butuh bantuan dari suplemen..