6 Jenis Produk Perawatan Wajah Yang Wajib Kamu Punya

by Ummi on September 20, 2015

Saat ini, ada banyak sekali produk perawatan kulit, terutama wajah yang memabanjiri toko obat dan kosmetik. Mulai dari pembersih, penyegar, pelembab, losion, hingga serum. Tentu hal ini akan membuatmu bingung dalam menentukan mana produk yang cocok, dan mudah untuk kamu terapkan dalam rutinitas harianmu. Maka dari itu, berikut akan kami ulas mengenai 6 produk perawatan kulit teratas yang wajib dimiliki oleh setiap wanita :

produk perawatan wajah yang wajib kamu miliki

1. Pembersih wajah

Jangan pernah kamu tidur tanpa membersihkan wajahmu terlebih dahulu. Tidur dengan riasan yang masih melekat di wajah bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan penuaan dini serta jerawat. Gunakan air hangat untuk membersihkan kotoran dan membuka pori-pori yang tersumbat, lalu terapkan pembersih ke kulit wajahmu. Secara perlahan, pijatlah kulit untuk menghilangkan sisa riasan dan bilas dengan menggunakan air dingin. Setelah itu pastikan pula untuk membersihkan riasan mata dengan makeup remover yang tepat.

Pilihlah pembersih wajah yang sesuai untuk jenis kulitmu. Pembersih yang betekstur milky dan creamy adalah pilihan terbaik untuk kulit kering, sementara pelembab berbentuk gel akan sangat bagus untuk kulit berminyak. Selain itu, tips untuk kamu yang memiliki wajah berminyak, gunakan pula toner bebas alkohol setelah selesai mencuci muka untuk menghilangkan kelebihan minyak.

2. Bahan eksfoliasi

Jika kamu menginginkan kulit dengan kilau yang sehat, maka produk scrub wajah atau bahan eksfoliasi (eksfoliator) adalah salah satu benda yang wajib kamu miliki. Keduanya akan membantu mempercepat produksi sel kulit baru dengan cara membersihkan dan mengelupas sel kulit mati yang lama. Ditambah lagi, juga akan membuka pori-pori yang tersumbat.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, hindari menggunakan scrub dengan serpihan biji-bijian. Cari eksfoliator yang terbuat dari enzyme buah-buahan alami. Mereka bisa mengelupas sel kulit mati tanpa adanya microbeads yang bisa mengiritasi kulit.

Lalu, seberapa sering kita sebaiknya melakukan eksfoliasi? Tergantung pada jenis kulitmu. Lakukan cukup satu atau dua kali seminggu jika kamu memiliki jenis kulit normal atau kulit kering. Jika kulitmu berminyak atau kombinasi, maka lakukan eksfoliasi sebanyak tiga hingga empat kali seminggu.

3. Pelembab wajah

Terapkan pelembab wajah di pagi hari seusai kamu mencuci muka. Untuk pelembab wajah yang tepat digunakan sehari-hari, pilih yang memiliki formula ringan yang juga mengandung tabir surya yang berspektrum luas dengan SPF minimal 15. Hal ini akan membantu kulit mempertahankan dan menyimpan kelembabannya dan melindungi dari paparan sinar UV A/ UV B matahari.

Untuk malam hari, gunakan pelembab yang memiliki formula lebih kaya dan kental. Sebaiknya pelembab malam (night cream) mengandung kolagen, elastin, dan lemak esensial untuk membantu menyegarkan wajahmu sementara kamu tidur. Oleskan krim malam seukuran uang receh dengan gerakan melingkar ke atas serta pijat secara ringan krimnya ke kulit.
Semprotkan pula toner wajah berbahan dasar air mawar dan segera susuli dengan menerapkan pelembab untuk hidrasi ekstra.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2