6 Kebiasaan Baik Yang Membuatmu Awet Muda

by Ummi on April 10, 2015

Penuaan adalah proses alamiah yang pasti dialami oleh setiap orang. Namun, tanda-tanda penuaan bisa lebih cepat muncul karena berbagai hal, seperti paparan sinar matahari, pola makan yang tidak sehat, dan kurang olahraga. Agar bisa membantumu merasa dan tampil lebih muda, lakukanlah 6 kebiasaan berikut ini:

rahasia tampi awet muda

  1. Menurunkan berat badan

Salah satu studi menemukan bahwa semakin seseorang memiliki berat badan yang berlebih, maka semakin tualah usia biologis tubuh mereka, dengan problem obesitas yang bisa menambah penuaan biologis seseorang hampir setara 9 tahun. Sel-sel lemak diperkirakan mampu mempercepat proses penuaan, serta meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan seperti Diabetes tipe 2, penyakit jantung, arthritis (asam urat), dan beberapa jenis kanker tertentu.

  1. Jangan meng-arangi makananmu

Tanda penuaan akan terbentuk ketika makanan berubah menjadi coklat aat proses memanggang, menggoreng, dan membakar, akibat gula dan protein bereaksi bersama-sama dengan panas. Sebaiknya, masak makananmu dengan cara merebus, mengukus, atau memanggangnya di oven. Jika kamu benar-benar ingin membakarnya, gunakanlah jus lemon dalam campuran bumbu untuk membakar (marinade), agar bisa mengurangi pembentukan tanda penuaan, dan jangan memasaknya terlalu lama (over cook).

  1. Hindari lemak trans

Olahan lemak trans ditemukan dalam minyak yang terhidrogenasi dan bisa mengganggu fungsi sel serta menyebabkan peradangan, oksidasi, dan ketidakseimbangan hormone. Lemak trans juga sering dikaitkan dengan depresi, penyakit jantung, meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi yang baik (HDL), serta meningkatkan resiko penyakit degeneratif. Untuk itu, berhati-hatilah pada label bahan makanan yang mencantumkan minyak atau lemak yang terhidrogenasi (hydrogenated fat/ oil).

  1. Tingkatkan asupan Omega-3

Lemak yang biasa ditemukan pada lemak ikan seperti mackerel dan salmon ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan membrane sel, yang bertinda sebagai pembatas dengan membantu sel-sel tubuh mempertahankan kelembabannya, dan itu berartti kulit akan tampak lebih muda dan kenyal. Kekurangan Omega-3 mungkin saja menghasilkan kulit yang kering, bersisik, dan kusam. Jika kamu tidak suka ikan, maka cobalah kacang kenari (walnuts), biji labu kuning, dan sayuran berwarna hijau yang juga merupakan sumber Omega-3 yang baik.

  1. Makan lebih banyak kenari dan buah berries

Mereka kaya akan Polifenol, senyawa antioksidan yang membantu mencegah gula menghancurkan protein untuk membentuk tanda penuaan. Temukan Polifenol dalam buah-buahan seperti raspberry, cherry, strawberry, blackberry, jeruk, blueberry, plus kacang kenari dan cabai rawit.

  1. Ganti teh biasa dengan teh hijau

Teh hijau sudah terkenal karena beberapa manfaat kesehatannya. Ekstrak teh hijau telah terbukti mampu menghambat akumulasi yang berhubungan dengan penuaan. Dalam sebuah studi di China, orang yang minum 3 cangkir atau lebih teh hijau setiap hari, telah ditemukan memiliki penampilan biologis yang 5 tahun lebih muda dibandingkan dengan orang yang minum kurang dari satu cangkir setiap hari.