6 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Mata

by Ummi on January 23, 2015

Apakah kamu terbiasa nonton TV hingga larut malam, atau tidak bisa menjauhkan pandanganmu dari gadget kesayangan? Hati-hati! Jika kebiasaan tersebut terus dijalankan tanpa kenal waktu dan tidak terkendali, maka akn berdampak buruk bagi mata. Selain itu, masih ada banyak kebisaan buruk yang bisa merusak mata, diantaranya sebagai berikut:

hal yang dapat merusak matamu

  1. Terus melihat smartphone

Tegang saat membaca tulisan kecil yang tertera pada smartphone, bisa jadi alasan matamu terluka dari hari ke hari, terutama jika kamu kamu melakukan hal ini terus menerus tanpa jeda. Ini juga bisa mengakibatkan pandangan menjadi kabur, mata kering, pusing, bahkan mual-mual. Letakkan handphone-mu paling tidak setiap 20 menit sekali untuk mengistirahatkan matamu. Atau, lebih baik buat ukuran font tulisan pada handphone menjadi lebih besar, sehingga matamu tidak bekerja keras terus-terusan untuk membaca postingan Facebook atau media sosial lain yang super kecil.

  1. Menonton TV di malam hari

Faktanya, menonton layar jenis apapun sebelum tidur di malam hari, termasuk smartphone, TV, computer, laptop, dan E-reader, sangatlah buruk bagimu. Tingkat cahaya bisa berubah dengan cepat, sehingga mata harus bekerja keras untuk memproses perubahan tersebut, yang bisa mengakibatkan mata menjadi tegang, nyeri, sakit kepala, mata kering, dan kemerahan. Bahkan hal yang terburuk bisa membuat jadwal tidurmu menjadi berantakan.

Di sisi sebaliknya, membaca dalam pencahayaan yang redup, juga tidak disarankan. Meski tidak banyak bukti laporan yang mengatakan hal itu bisa berakibat buruk untuk penglihatanmu, namun hal itu akan membuat matamu menjadi tegang, sehingga menjadi cepat lelah dan memerah, atau menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Jadi, nyalakan lampu yang ada di meja samping ranjang jika kamu mencoba untuk menyelesaikan beberapa bab sebelum tidur.

  1. Tidur menggunakan lensa kontak

Pasti sudah maklum, kalau waktu sudah larut malam, dan kamu sangat lelah. Tapi, tidak ada alasan untuk tidak melepas lensa kontakmu saat tidur. Bukan hanya hal tersebut bisa meningkatkan resiko terkena infeksi, tapi juga bisa mengakibatkan kerusakan yang permanen. Berdasarkan data dari Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika, hampir satu juta orang Amerika mendatangi dokter mata setiap tahunnya dengan keluhan infeksi yang berhubungan dengan pemakaian lensa kontak. Perhatian : saat kamu melepas lensa kontak, pastikan tanganmu benar-benar bersih dan kamu menggunakan cairan solusi ekstra kontak.

  1. Terlalu sering menggosok / mengucek mata

Meski itu sangat menggoda, namun jangan sampai dilakukan. Menggosok mata terlalu kasar bisa memutuskan pembuluh darah yang ada di bawah kelopak mata. Jadi, untuk meredakan mata yang iritasi, cobalah dengan compress dingin sebagai gantinya.

  1. Berlebihan dalam memakai tetes mata

Meskipun tetes mata bisa mengurangi mata kering untuk sementara, namun menggunakannya terlalu sering benar-benar bisa mengiritasi mata dari waktu ke waktu. Yang perlu diperhatikan, tetes mata yang dijual bebas tidak benar-benar sepenuhnya mampu meningkatkan kesehatan mata, mereka hanya membuat matamu tidak terlalu merah. Jadi, disarankan untuk menggunakan untuk pemakaian jangka pendek saja. Jika kamu menggunakan tetes mata yang diresepkan dokter, pastikan kamu telah mengikuti petunjuk doktermu, dan segera hentikan pemakaian jika menyebabkan iritasi, rasa pedih di mata, atau efek negative lain.

  1. Tidak memakai kacamata pelindung

Hampir 45% cidera mata, terjadi di rumah. Dan resiko paling umum yang menjadi penyebabnya adalah terpapar cairan kimia yang terdapat dalam produk pembersih rumah, cipratan lemak dan minyak panas selama memasak, proyek perbaikan rumah yang melibatkan kuku, memptong rumput, dan menggunakan alat styling panas yang terlalu dekat dengan mata. Untuk itu, pastikan kamu memakai kacamata pelindung saat melakukan aktivitas yang kemungkinan akan menciderai mata, meskipun kelihatannya akan tampak lucu..