≡ Menu
werno-werno.com

6 Kegunaan Jenius dari Garam

Garam tidak hanya menjadi salah satu bumbu utama yang pasti ada dalam setiap jenis masakan. Namun ternyata, garam juga memiliki banyak kegunaan dan manfaat untuk kecantikan. Garam bisa digunakan untuk mengatasi warna kuku yang kuning dan bau nafas tak sedap. Selain itu, masih banyak lagi kegunaan dari garam, seperti pada ulasan berikut ini:

kegunaan dan manfaat garam

  1. Menciptakan tekstur rambut yang berombak

Jika kamu ingin mencoba gaya rambut baru yang sedikit berombak dan bergelombang, kamu bisa menggunakan garam untuk menyiasatinya. Caranya, campur 1 sdt garam dengan 400ml air soda atau air biasa ke dalam botol semprot. Setelah garamnya larut, semprotkan cairan tadi pada rambut yang masih basah. Lihat bagaimana rambutmu yang sudah kering nanti menjadi bertekstur bergelombang yang sempurna dan keren.

  1. Mengelupas kulit mati pada wajah, tubuh, dan kaki

Kapanpun kamu membutuhkan scrub dalam waktu singkat, buatlah trik dengan menggunakan garam. Saat di kamar mandi, cukup gosokkan butiran garam laut ke bagian tubuh yang kamu inginkan, untuk menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan sirkulasi. Bahkan trik ini juga manjur saat digunakan pada kulit kepala, untuk menghilangkan ketombe.

  1. Merawat jerawat

Sebagai bahan pengelupas sel kulit yang alami (eksfoliator), garam juga bisa membersihkan pori-pori dan mengurangi kulit berminyak. Hanya saja, pastikan kamu menghindari area di sekitar mata atau luka jerawat. Jika garam tawar terlalu keras untuk kulitmu, maka kamu bisa mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

  1. Memutihkan gigi

Tambahkan 1 bagian garam ke dalam 2 bagian baking soda, lalu gosokkan scrub tersebut ke gigi-gigimu dengan menggunakan sikat gigi yang bersih. Tambahkan air jika perlu. Pasta ini berguna untuk menghilangkan plak dan mencerahkan gigi.

  1. Menyegarkan nafas

Bau nafas tak sedap bisa disebabkan oleh beberapa alasan, dan untungnya garam bisa membantu mengatasinya. Tambahkan 1/8 sdt garam dan ¼ sdt baking soda ke dalam segelas air untuk digunakan kumur-kumur yang akan membantu melawan bau mulut tak sedap. Cara ini bisa membasmi kuman dan membunuh bakteri yang mungkin berperan besar pada bau tak sedap apapun.

  1. Mencerahkan kuku

Jika kamu sering lupa menggunakan cat lapisan dasar (base coat) saat mengoleskan kutek, kamu mungkin akan mengalami kuku yang menguning. Untuk mengatasinya, campuran dari 1 sdt garam, baking soda, dan jus lemon yang dicampur bersama, bisa menyingkirkan noda apapun. Bahkan hal ini juga akan membuat kutikulamu lebih lembut..

2 comments… add one

Leave a Comment