≡ Menu
werno-werno.com

6 Makanan Terbaik Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Memang, tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan cepat dengan meminum obat-obatan penurun tekanan darah, namun cara ini belum tentu aman. Bagi sebagian orang, meminum obat penurun tekanan darah bisa beresiko dengan penyakit jantung, karena terlalu kuat dosisnya. Terutama bagi penderita yang usianya diatas 65 tahun, akan sangat berseiko sekali jika menggunakan obat penurun tekanan darah.

makanan penurun tekanan darah tinggi

Salah satu cara teraman dan paling efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi bagi semua kalangan usia selain dengan melakukan cara alami menurunkan hipertensi seperti olahraga, diet, dan membatasi asupan garam adalah, dengan memakan makanan yang bekerja secara alami untuk melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak harus bekerja dengan terlalu keras. Untuk itu, makanlah salah satu dari 6 makanan penurun darah tinggi berikut ini untuk membantu menurunkan tekanan darahmu dengan cara yang mudah dan lezat:

1. Blueberry

Hanya dengan memakan satu sajian blueberry setiap mingggu secara rutin, bisa membantumu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. Blueberry, begitu juga dengan buah berry lain seperti raspberry dan strawberry, memiliki senyawa alami yang disebut dengan ‘Anthocyanins’ yang bisa melindungi dari serangan hipertensi, menurut studi terbaru di Inggris dan Amerika yang melibatkan sekitar 157.000 peserta pria dan wanita yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition.

2. Sereal

Memakan semangkuk sereal sebagai sarapan, terutama yang berupa biji-bijian utuh dan kaya serat seperti oatmeal atau parutan gandum, bisa mengurangi peluangmu terserang tekanan darah tinggi, menurut hasil penemuan terbaru dari para peneliti di Harvard University. Ditambah lagi, semakin banyak sajian sereal yang kamu makan dalam seminggu, akan semakin banyak pula manfaat yang kamu dapat. Tambahkan pula blueberry sebagai taburan diatas sarapan serealmu untuk mendapatkan manfaat ganda dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Kentang

Siapa yang tidak suka dengan menu kentang panggang atau kentang rebus? Tapi tahukah kamu, jika kentang panggang juga memiliki kandungan potasium dan magnesium yang tinggi, yang merupakan dua mineral penting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa, jika kamu mau meningkatkan asupan potasiummu, bisa mengurangi tekanan darah tinggi hingga lebih dari 10 % pada kasus orang dewasa. Selain kentang, sumber potasium dan magnesium lain yang bisa kamu konsumsi adalah bayam, pisang, ikan halibut, kacang kedelai, yogurt tawar, dan kacang merah.

4. Buah Bit

Dengan meminum satu gelas jus buah bit, bisa mengurangi tekanan darah hanya dalam beberapa jam kemudian, menurut studi yang dilakukan oleh Queen Mary University di London, yang terbit di jurnal ‘Hypertension’. Kandungan Nitrat pada jus buah bit memiliki efek yang sama seperti halnya dengan meminum tablet nitrat. Makanan lain selain buah bit yang kaya nitrat seperti bayam, kubis, selada, brokoli, dan wortel.

5. Susu skim

Mengkonsumsi produk olahan susu rendah lemak bisa mengurangi resiko wanita terserang hipertensi. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari studi di tahun 2008 yang telah melibatkan hampir 30.000 wanita dengan usia rata-rata 54 tahun. Wanita yang menkonsumsi paling banyak produk olahan susu (seperti yogurt, keju cottage rendah lemak, susu skim atau rendah lemak) memiliki prosentase 11% lebih rendah untuk terserang tekanan darah tinggi.

6. Coklat pekat

Memakan sekitar satu batang coklat pekat seberat 1 ounce setiap hari, bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi, terutama pada seseorang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi sebelumnya, menurut para peneliti Harvard yang telah menganalisa 24 studi tentang coklat. Coklat pekat, kaya akan flavonoid, senyawa alami yang bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Usahakan untuk memakan coklat pekat yang memiliki kandungan kakao mencapai 50-70 % untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

0 comments… add one

Leave a Comment