6 Makanan Utama Untuk Rambut Dan Kuku Yang Sehat

by Ummi on February 12, 2015

Merawat rambut agar tampak lebat dan sehat, tidak hanya dilakukan dengan perawatan luar saja, namun juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Menunggu rambut dan kukumu terus tumbuh sangat membuat frustasi, karena rambut hanya tumbuh sekitar 1 ½ inchi per bulan, sedangkan kuku tumbuh sekitar 3 mm per bulan. Jika kamu tidak makan makanan yang bergizi tepat, maka hal itu akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Karena rambut mengandung Keratin, hanya ada sedikit makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan. Katahui 6 makanan yang bisa membuat rambut dan kukumu lebih sehat berikut ini:

6 makanan untuk rambut sehat

  1. Susu

Banyak studi menunjukkan bahwa beberapa defisiensi (kekurangan gizi) dalam seng / zinc, zat besi, biotin, dan protein bisa berkontribusi pada rambut rontok. Kekurangan zat besi juga menyebabkan kapalan dan kerapuhan pada kuku. Yang ideal adalah, menemukan makanan yang kaya akan kandungan semua gizi yang telah disebutkan tadi. Dan susu, adalah salah satunya. Susu merupakan sumber yang baik dari protein, kalsium, vitamin D, dan biotin yang akan membantu rambut menjadi lembut dan mudah diatur.

  1. Telur

Rambut mengandung sekitar 97 % protein. Maka dari itu, kamu butuh untuk mengisi kembali jumlah tersebut dengan gizi yang terdapat pada telur untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan sel.

  1. Salmon

Asam lemak Omega-3 bisa membantu menguatkan rambut dan membuat kulit kepalamu tidak terlalu bersisik. Salmon juga bisa menjaga jari-jari kuku dari kerapuhan dan mudah patah.

  1. Sayuran hijau

Bayam, kale, sawi, brokoli, dan sayuran berwarna hijau tua yang lainnya sangat bagus untuk rambutmu, karena banyak mengandung vitamin C dan A. Kedua vitamin tersebut sangat penting dalam proses produksi kolagen yang membentuk dan menguatkan pembuluh darah. Vitamin C penting ntuk penyerapan zat besi (yang bisa didapatkan dari telur), sedangkan vitamin A membantu pertumbuhan. Selain itu, vitamin C juga membantu menyehatkan kulit kepala, dimana dengan lapisan dasar (kulit kepala) yang sehat, bisa didapat rambut yang kuat.

  1. Jeruk dan sayuran berwarna oranye

Vitamin A yang terdapat pada sayuran oranye seperti wortel, labu kuning, dan ubi jalar bisa membuat kukumu lebih bersinar dan tidak kering. Mereka juga penuh dengan antioksidan Beta karoten yang membantu tubuh mengubah vitamin A untuk kulit yang lebih sehat.

  1. Air

Tidak hanya makanan, tetap tercukupinya cairan tubuh juga sama pentingnya bagi kesehatan rambut dan kulit. Memperbanyak air bisa menjagamu tetap terhidrasi yang menjadi kunci penting untuk keseluruhan fungsi dari tubuh..