6 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

by Ummi on January 31, 2015

Siapa yang tak suka dengan segarnya jus lemon yang diminum saat siang hari yang terik? Buah yang memiliki rasa segar dan sedikit asam ini, ternyata tidak hanya enak dan menyegarkan untuk dijadikan minuman saja, namun juga memiliki ragam manfaat untuk kecantikan alami. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut adalah ulasannya:

manfaat lemon untuk kecantikan

  1. Membersihkan kulit

Karena lemon memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi, lemon dikenal memiliki sifat membersihkan dan menawarkan bonus  tambahan selama proses eksfoliasi. Jus lemon bisa membantu dengan segala hal mulai dari membersihkan, menghidrasi, hingga menghilangkan komedo serta noda hitam. Agar kamu bisa menggunakan lemon sebagai bahan eksfoliasi yang super cepat, maka cukup potong 1 buah lemon menjadi dua bagian dan gosokkan ke seluruh bagian wajah selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

  1. Meratakan warna kulit wajah

Tidak ada hal yang bisa merusak kesehatan kulit dengan lebih cepat daripada luka bekas jerawat dan noda hitam di wajah. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kandungan asam pada jus buah citrus bisa membantu mengurangi tampilan bekas luka di kulit. Tidak cuma jus lemon membantu menghapus bekas noda, namun kandungan minyak dalam lemon juga membantu vitamin-vitamin penting bisa menembus kulit dengan lebih mudah, membantu kulit lekas sembuh. Peras jus lemon ke atas bola kapas atau bantalan, dan gosokkan ke seluruh wajah sebelum membilasnya dengan air dingin.

  1. Mencerahkan kuku

Gabungkan 3 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sdm jus lemon untuk membuat ramuan yang akan mengkondisikan dan membuat kuku terlihat lebih cerah. Kandungan asam dari lemon akan membantu membersihkan sisa-sisa yang ada pada kuku, menjadikannya lebih putih, sementara minyak zaitun berfungsi untuk menghidrasi kuku.

  1. Mengilaukan rambut

Menurut seorang pakar rambut ternama, Robert J. Dorin, menggabungkan jus lemon dan sinar matahari,  bisa memberi efek menkajubkan. Asam dari jus lemon bisa membuat rambutmu terlihat lebih bercahaya. Ingin membuktikan dan mencobanya? Campur jus lemon segar dengan air hangat ke dalam botol semprot, lalu semprotkan cairan tadi ke seluruh rambut. Lalu, duduklah di bawah sinar matahari langsung hingga sampai satu jam untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Melembutkan siku yang kering

Bukan hanya lemon bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi yang lembut untuk wajah, lemon juga bisa digunakan untuk melembutkan siku yang kering dan kasar. Caranya, tambahkan air perasan lemon ke baking soda hingga menjadi pasta yang sedikit berminyak. Gosokkan ke sikumu untuk menyingkirkan sel kulit yang kering dan mati. Bilas dengan air dan lebih banyak lagi perasan lemon. Lalu, perlembut dengan losion atau minyak zaitun.

  1. Mengendalikan ketombe

Campuran dari air, jahe, perasan lemon, dan minyak zaitun bisa membantu memperlambat pergantian sel dan mengurangi jumlah pelepasan kulit dari kulit kepala. Tuangkan ramuan ini ke seluruh rambut, dan biarkan hingga mongering sebelum kamu menggunakan shampoo seperti biasa..