≡ Menu
werno-werno.com

6 manfaat tak terduga dari baking soda

Baking soda tidak hanya digunakan untuk memasak dan membersihkan saja, namun juga mengandung beberapa manfaat bagi kesehatan. Diantaranya, baking soda mampu meredakan rasa mulas saat ditambahkan ke dalam air dan meringankan sakit akibat terkena gigitan serangga saat dioleskan pada kulit yang terkena gigitan. Maka tak heran, jika baking soda juga memiliki banyak kegunaan untuk kecantikan.

Manfaat dan khasiat baking soda untuk kecantikan dan kesehatan

Agar menghemat biaya dan menggunakan bahan alami sebagai perawatan, cobalah perawatan dengan baking soda untuk melembutkan kulit, mengilaukan rambut, dan masih banyak manfaat lain yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah:

  1. scrub untuk menghaluskan kulit

pamerkan kaki dan tangan yang bebas dari flek hitam karena sel kulit mati telah disingkirkan. Buatlah bahan untuk meneglupas kulit mati (eksfoliasi) yang ringan dengan mencampur tiga bagian baking soda ke dalam 1 bagian air. Usapkan ke seluruh siku dan lutut yang menghitam dan kasar agar terasa lebih halus.

  1. shampoo kering (dry shampoo)

untuk membuat blow rambutmu bisa bertahan lebih lama, cobalah resep ini untuk membuat shampoo kering. Caranya, campur ¼ cangkir tepung garut (bisa kamu dapatkan di toko-toko kue), 1 sendok makan baking soda, dan 1 tetes minyak esensial lavender. Lalu, celupkan sikat besar yang lebar ke dalam campuran tadi, dan ketuk-ketukkan kelebihannya. Oleskan ramuan ke akar rambut. Tepung garut akan mengangkat minyak di akar rambut, sementara baking soda akan menyerap minyak dan bau sehingga membuat rambutmu terasa lebih harum dan bersih tanpa perlu mandi keramas.

  1. melembutkan kaki

perbaiki kembali kaki yang terkurung terus dalam sepatu sepanjang musim dingin/ hujan dengan menggunakna scrub pencerah kaki dan kuku. Caranya, larutkan 3 sendok makan baking soda ke dalam baskom yang berisi air hangat dan tambahkan dengan beberapa irisan lemon. Rendam kakimu ke dalamnya, yang berguna untuk membersihkan dan menyegarkan kakimu. Sebaiknya rendam kakimu selama 10-15 menit. Lalu buat pasta dari campuran 3 bagian baking soda dan 1 bagian air untuk mengelupas kulit mati pada kakimu. Usapkan secara lembut ke seluruh kaki untuk mencerahkan kakimu.

  1. membersihkan kulit kepala

jika kamu ingin membersihkan rambutmu dari sisa-sisa produk rambut, maka gunakan baking soda. Penggunaan hairspray, krim penata rambut, kondisioner, atau pelindung panas dapat meninggalkan sisa-sisa produk yang menumpuk dan menempel di rambut. Untuk membersihkannya hingga ke akar, maka campurkan satu sendok teh baking soda ke shampoo yang biasa kamu gunakan dan juga ke kulit kepala untuk menghilangkan penumpukan sisa-sisa produk rambut.

  1. mencerahkan senyum

produk perawatan pemutihan gigi biasanya sangat mahal, dan sering ditemukan kandungan Hydogen Peroxide pada produk tersebut, yang membuat gigi menjadi sensitif. Untuk itu, cobalah resep alternatif alami berikut ini. Cukup basahi bulu sikat gigimu, lalu taburkan baking soda diatasnya. Gosok gigimu, lalu bilas untuk menghilangkan noda di permukaan gigi.

  1. mengobati sengatan matahari

pernahkah kamu lupa menggunakan tabir surya saat berada di luar ruang pada kondisi matahari yang terik dan kulitmu terasa terbakar? Jika iya, maka kamu bisa mengobati luka akibat sengatan matahari dengan cara yang mudah. Campurkan 4 sendok makan baking soda ke dalam satu liter air, basahi kain lap bersih dengan campuran bahan tadi. Usapkan kompresan tersebut pada kulit yang terkena sengatan matahari untuk mendinginkan rasa panasnya. Kamu juga bisa menggunakan ramuan ini untuk menyembuhkan luka bakar yang lainnya..

4 comments… add one

Leave a Comment