6 Penyebab Utama Munculnya Rambut Beruban Di Usia Muda

by Ummi on August 10, 2015

Kita semua tahu, bahwa kita memiliki sebuah pigmen yang disebut dengan Melanin, yang berpengaruh kepada warna rambut kita. Seiring bertambahnya usia, pengurangan produksi Melanin dalam folikel rambut, menyebabkan rambut kita berubah menjadi putih (beruban) secara alami. Itulah mengapa rambut beruban biasanya dikaitkan dengan usia yang sudah tua. Meskipun begitu, saat ini sudah sering kita jumpai orang-orang yang usianya masih muda bahkan remaja, namun sudah banyak memiliki uban. Oleh karenanya, tumbuhnya rambut uban sebelum waktunya (prematur) bisa menjadi pertanda adanya suatu masalah. Hal ini tentu bukanlah proses yang alami dan akar dari maslah ini perlu untuk diketahui sebelum kita mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

penyebab rambut beruban dini

Berikut adalah beberapa penyebab memutihnya rambut sebelum waktunya :

  1. Tingkat stress yang tinggi

Kehidupan modern beserta segala kenyamanannya, terkadang juga membawa banyak stress dan tekanan, entah itu berkaitan dengan pekerjaan atau kehidupan pribadi. Hasil akhirnya tentu menyebabkan munculnya rambut uban sebelum waktunya.

  1. Faktor genetik

Usia dimana rambut putihmu mulai muncul, sebagian besar juga ditentukan oleh faktor genetik (keturunan). Jadi, jika orangtua atau kakek nenekmu sudah mempunyai rambut beruban sejak usia muda, maka kamu cenderung juga akan mengalami masalah yang sama.

  1. Pola makan yang tidak tepat

Pola makan yang tidak seimbang berperan besar dalam mempertahankan kesehatan tubuhmu, termasuk juga rambutmu. Kekurangan vitamin B12 adalah penyebab paling umum dari rambut beruban. Maka dari itu, untuk melawan masalah ini, disarankan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang kaya vitamin B12 seperti tuna, sarden, salmon, daging, telur, keju, dan susu.

  1. Kebiasaan yang tidak sehat

Rambut putih yang prematur juga biasanya adalah akibat dari kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, meminum alkohol, dan lain-lain. Faktanya, sederetan perokok cenderung memiliki lebih banyak rambut beruban daripada rekan-rekan mereka yang seusia.

  1. Asupan berlebihan dari makanan & minuman tertentu

Asupan berlebih dari teh, kopi, makanan pedas, dan makanan yang digoreng mengakibatkan peningkatan munculnya rambut beruban. Maka dari itu, untuk mengurangi munculnya rambut putih ini, disarankan untuk membatasi konsumsi dai makanan yang telah disebutkan tadi.

  1. Guncangan emosional

Terkadang, rambut putih muncul semasa seseorang sedang mengalami guncangan emosional atau keributan. Namun, hal ini merupakan fenomena sementara dan pertumbuhan uban akan berhenti secara otomatis setelah beberapa waktu.