6 Ramuan Alami Atasi Bibir Kering & Pecah-Pecah

by Ummi on April 6, 2014

Bibir merupakan anggota tubuh yang sangat utama bagi penampilan seseorang. Tampilan bibir yang sehat, lembab, dan terawat sangatlah penting. Namun, seringkali kita menderita berbagai masalah pada bibir, mulai dari bibir kering, pecah-pecah, iritasi, dan terkelupas. Untuk mengatasinya, kamu tidak perlu repot-repot melakukan perawatan mahal di klinik. Berikut ini adalah 10 cara mudah dan murah untuk mengatasi berbagai masalah pada bibir;

1. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan GULA

Mengelupas lapisan kulit mati pada bibir pecah-pecah akan membantu mengembalikan kembali kelembutan alami bibir dengan cepat. Caranya sangat mudah: campur 2 sendok the gula dan satu sendok the madu. Oleskan pasta ini ke bibir, lalu tunggu selama beberapa menit. Kemudian, gunakan jarimu untuk memijat secara perlahan area seputar bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Basuh dengan air hangat.

Baca: Cara melembabkan bibir dengan metode eksfoliasi

2. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan MADU

Madu merupakan pelembab alami yang ampuh dan juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dan anti bakteri dalam merawat bibir pecah-pecah. Caranya sangat mudah, tinggal oleskan madu ke bibir beberapa kali sehari. Kamu juga bisa mencampur madu dan gliserin, lalu oleskan ke bibir sebelum tidur untuk mendapatkan bibir yang lebih lembut pada keesokan harinya.

3. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan BUNGA MAWAR

Bunga mawar yang kamu tanam di kebun juga bisa menolongmu di saat menderita bibir kering dan pecah-pecah. Selain memberikan warna-warna yang indah, ramuan mawar ini juga akan membantu bibir tetap lembab. Caranya: cuci segenggam bunga mawar dengan air bersih. Rendam kelopak bunga tadi ke dalam susu selama beberapa jam. Lumatkan bunga mawar hingga menjadi pasta yang padat. Oleskan pasta tersebut ke bibir yang kering sebanyak 2-3 kali sehari dan sebelum tidur.

4. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan MINYAK KELAPA

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang bisa membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca panas atau dingin. Oleskan minyak kelapa murni ke bibir beberapa kali sehari untuk menjaga kelembabannya. Selain minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak mustard.

5. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan MINYAK CASTOR (CASTOR OIL)

Minyak kastorĀ  adalah cara lain yang baik untuk perawatan bibir kering dan pecah-pecah. Caranya, oleskan minyak kastor ke bibir beberapa kali sehari. Kamu juga bisa mencampurkan 1 sendok teh castor oil dengan 1 sendok the gliserin dan beberapa tetes jus lemon. Setelah tercampur rata, oleskan ke bibir sebelum tidur. Di pagi harinya, basuh dengan bola kapas yang telah dibasahi air hangat. Ulangi setiap hari sampai bibir kembali sembuh.

6. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan KRIM SUSU

Kandungan lemak tinggi yang terdapat pada susu membuatnya menjadi pelembab bibir alami yang hebat. Oleskan krim susu segar ke bibir dan biarkan selama 10 menit. Lalu basuh secara perlahan dengan bola kapas yang dibasahi air hangat. Lakukan ini setiap hari agar bibir sembuh dengan cepat.

Setelah bibir lembab dan sehat, kamu bisa coba cara untuk memerahkan bibir bagi kamu yang kebetulan memiliki bibir hitam..