6 Tips memperkuat ikatan pernikahan

by Ummi on January 11, 2015

Menjaga hubungan pernikahan agar tetap kokoh dan kuat bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi dalam mengarungi bahtera pernikahan. Untuk itu, simak beberapa kebiasaan berikut ini yang akan membantu mempertahankan keharmonisan keluarga dan menumbuhkan kembali benih-benih cinta diantara pasangan:

6 Tips memperkuat ikatan pernikahan agar menjadi keluarga yang bahagia

  1. Jangan memaksa merubah satu sama lain

Mungkin kamu berharap sang suami akan mau merapikan kaos kakinya, mau bergaul dengan teman-teman dekatmu, atau merubah kebiasaan buruknya. Namun, tahukah kamu? Ketidakmampuannya dalam menata rambut dan berpenampilan rapi, atau gaya cueknya mungkin berasal dari kepribadiannya yang santai dan bersahaja yang telah membuatmu jatuh cinta kepadanya. Satu hal yang sering kita lihat pada pasangan suami istri yang bahagia adalah, bahwa mereka tahu akan perbedaan yang dimiliki pasangannya, dan tidak berusaha mengubah kepribadiannya. Daripada kamu mencoba melawan dan tidak setuju dengan gaya kepribadian partnermu, lebih baik kamu focus pada kelebihan dan kekuatan yang dimiliki partnermu.

  1. Bingkai tuntutanmu sebagai kebaikan

Apakah kamu ingin suami mau membantumu beres-beres rumah lebih sering, atau ingin dia lebih perhatian dan meluangkan waktunya bersama anak-anak? Ketahuilah bahwa pasanganmu akan lebih mungkin mengubah perilakunya saat ia merasa akan mendapatkan nilai plus dari hubungan pernikahannya. Buat semua tuntutanmu layaknya seperti sesuatu yang baik bagi kalian berdua. Sampaikan semua tuntutanmu seolah semuanya adalah ‘Inilah resep yang akan membuat kita merasa bahagia’. Karena, semua orang pasti ingin membuat pasangannya bahagia. Saat kamu akan menyampaikan kebutuhanmu, sampaikan itu semua sebagai hal yang kamu inginkan, daripada hal yang tidak kamu inginkan. Misalnya, alih-alih kamu berkata, “Aku benci saat kamu mengharuskan semuanya harus terjadwal dengan rapi!”, lebih baik kamu katakana, “Aku akan lebih suka kita bisa memiliki hari dimana semuanya menjadi serba spontan”.

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2