≡ Menu
werno-werno.com

7 Alasan Kenapa Kamu Susah Tidur

Apakah kamu termasuk orang yang susah tidur di malam hari? Jika iya, segera temukan alasan dibalik masalah tersebut agar kamu bisa segera mengatasi gangguan tidurmu. Seperti yang sudah kita ketahui, para pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidur dengan nyenyak selama 6-8 jam setiap harinya guna mendapatkan istirahat yang cukup dan bermanfaat bagi keseluruhan kesehatan tubuh. Ada banyak sekali alasan mengapa seseorang susah tidur di malam hari, diantaranya adalah sebagai berikut:

penyebab orang susah tidur

  • Terlalu banyak kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi akan memblok dorongan untuk tidur dari senyawa kimia otak yang bernama adenosin. Hal itu juga dapat mengurangi jumlah hormone melatonin  yang bisa membuatmu tertidur. Tidak hanya akan menyebabkan kamu bermasalah dalam memulai tidur, kafein juga akan membuatmu tidur dengan gelisah dan tidak nyenyak. Dalam sebuah studi di Israel, para responden yang diberi kopi berkafein, memiliki sekitar separuh dari jumlah Melatonin dalam system mereka disbanding dengan yang ada pada orang-orang yang diberi kopi tanpa kafein. Mereka juga mengambil waktu dua kali lebih lama untuk bisa terlelap dengan waktu rata-rata 79 menit lebih sedikit.

Solusinya : Minumlah kopi lebih dini, namun jangan terlalu sering. Batasi konsumsi kafein hanya 250 gram setiap hari, jumlah di mana kebanyakan dari kita masih bisa menanggungnya tanpa menyebabkan masalah tidur. Perlu 6-8 jam bagi tubuh untuk membersihkan cukup kafein agar tidak mengganggu tidurmu. Segera letakkan cangkir kopimu sejak sekitar jam 2 siang.

  • Terlalu banyak cahaya

Saat kamu bermain beberapa babak dari suatu game di smartphone, atau menghabiskan waktu 2 jam di depan layar computer, mungkin dapat membantumu melepaskan lelah seusai kerja. Namun, tubuhmu akan merespon terhadap cahaya biru bergelombang pendek yang dipancarkan oleh cahaya latar dari perangkat ini. Hormone tidur mulai bekerja pada sekitar jam 9 atau 10 malam. Namun jika tempat tidurmu tidak kunjung gelap, tubuhmu akan lepas tangan dari produksi melatonin, sehingga membuatmu semakin susah tidur.

Solusinya : Ucapkan ‘da-da’ untuk mainan gadgetmu. Mungkin akan terasa berat untuk mengorbankan postingan dan update terbaru daru aktifitas Facebookmu atau harus mematikan siaran TV yang menarik. Namun cobalah untuk menarik dirimu dari berbagai aktivitas sejam sebelum tidur dan redupkan cahaya di kamarmu.

  • Kondisi biologis tubuh

Meski kita telah dilatih untuk percaya bahwa kita butuh untuk tidur nyenyak (tidak terganggu) selama 7-8 jam, namun penelitian yang dilakukan oleh sejarawan A. Roger Ekirch menemukan bahwa di masa lalu, orang-orang di beberapa kultur budaya Negara secara tradisional memiliki 2 periode tidur yang bebeda di setiap malamnya, yang dipisahkan oleh satu jam atau lebih kondisi terjaga (terbangun). Dengan kata lain sangat normal jika kita tidur dalam giliran waktu yang terpisah. Namun di zaman sekarang ini, kita justru berbalik (harus tidur sepanjang malam tanpa jeda), karena khawatir kita idak akan bisa untuk tidur kembali sebab hal itu sangat sulit dilakukan.

Solusinya : Atasi dengan tenang saat kamu terbangun di tengah malam, dan jangan paksakan untuk berbaring kembali. Katakana pada dirimu bahwa kamu butuh untuk tidur lagi. Alihkan pikiranmu. Segera lakukan teknik relaksasi seperti bernafas dalam-dalam. Atau, kamu bisa jadikan kondisi terbangun di tengah malam sebagai suatu hadiah dari waktu. Lakukan sesuatu, lalu kembali tidur saat kamu sudah mulai mengantuk

*Lanjutannya, klik Page 2 yang ada di bawah

4 comments… add one

Leave a Comment